Monday, 18 April 2016

Personal Branding

Tidak ada seorang pun yang digaji berdasarkan waktu, tapi mereka digaji berdasarkan value serta kontribusitas nya kepada pasar industri dan dunia, sehingga semakin tinggi value Anda maka semakin besar pula pendapatan Anda.

Untuk mencapai hal ini kita harus bisa berdamai dengan masa lalu, jangan dilupakan tapi kunjungi saja masa lalu tersebut, walaupun itu sebuah kesalahan, it's oke something is learn, kadang kita harus belajar dari masa lalu.

Kalau Anda keliling Indonesia naik pesawat, dan perusahaan Anda mengatakan Anda boleh naik pesawat apa saja yang Anda suka, Anda pasti memilih pesawat dengan merek tertentu, karena seuah merek pesawat tersebut telah bertahun tahun membentuk brand sehingga harga yang ditawarkan bisa menjadi tinggi.

Mungkin ada yang gajinya 5 juta, 10 juta perbulan, sebetulnya 3 juta atau 20 juta itu sama dengan value yang Anda berikan, manfaaat dan produktifitas Anda sama dengan branding, Anda harus membangunnya, tapi maksudnya adalah bukan upaya menjual diri , tapi upaya untuk membangun diri sendiri untuk orang lain membayar Anda lebih mahal.

Saya tidak menyarankan Anda menjilat sana sini, menjual diri, Anda sibuk menceritakan kehebatan diri sendiri kepada semmua orang yang justru hal ini membuat orang lain tidak suka dengan Anda.

Seperti sebuah perumpamaan buah mangga yang berbuah manis sehingga menarik minat untuk dinikmati, bukan mengundang orang lain datang, tapi justru orang lain datang dan dengan sukarela, mengajak orang lain untuk menikmatinya, buah itu adalah value. Jika value Anda tinggi, pasti Anda juga akan mendapat imbalan lebih tinggi, ini hubungannya value dengan personal branding.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membentuk personal branding, salah satunya adalah otentik. asli atau jangan ikut-ikutan, personal brand, artinya Anda harus mengenal diri sendiri, harus jadi diri sendiri, diri terbaik kita, itu ada hubungannya dengan pengalaman  masa lalu yang mempengaruhi siapa diri anda saat ini.

Dan kalau Anda mau mengenal dengan diri Anda maka Anda harus berani mengunjungi masa lalu, siapakah aku? dengan mengenali diri, Anda menjawab pertanyaan ini, ini bukan sekedar pencitraan yang hilang satu dua tahun. ini adalah the real value, where i am from? dari mana saya datang? Anda sebenarnya tidak bisa menjawab berdasarkan suku berdasarkan ras yang justru akan membatasi Anda.

Anda itu sebenarnya bagian dari desain, Anda dilahirkan melalui tanah papua, pulai nias, tapi saya tidak boleh mengatakan saya datang dari pulau nias, saya datang dari suatu tempat yang besar.

What is my purpose? tujuan  hidup saya itu apa sih? kenapa lahir pada tanggal sekian bulan sekian, apa potensi saya? apa bakat bakat saya yang dapat saya kontribusikan untuk dunia? untuk team dimana saya ditempatkan. Kemana saya setelah kematian?.

Bapak dan Ibu, Anda harus yakin dulu bahwa nama Anda adalah sebuah merek. sekali Anda menerima itu pasti level confident Anda langsung naik. Kita berbicara mengenai satu hal yang lain seperti ability faktor. kita tidak bisa memaksa orang untuk membeli kita, tapi kita bisa melakukan hal tertentu supaya orang lain menyukai kita, kalau Anda mau dihargain Anda harus melakukan dulu apa yang bisa disukai orang lain.

Rejeki itu Tuhan yang kasih, tapi Tuhan tidak kasih tiba-tiba emas dari langit tapi pasti dilewatkan dengna orang-orang disekitar kita.

Kalau kita membuat semua orang suka sama kita berarti itu tidak otentik, kalau otentik itu khan unik, Anda harus berbeda, jadi Anda harus mengambil resiko, Anda bisa membuat setengah dari Indonesia nggak suka, setengahnya nggak suka nggak apa apa, tapi setengahnya saja.

Semua produk punya segmennya sendiri-sendiri, dan Anda hanya perlu segmen yang bagus untuk Anda, saya tahu ada orang yang tidak mengundang saya, tapi saya yakin sekali ada perusahaan-perusahaan yang hanya mengundang saya dan tidak mau mengundang yang lain.

Bbanyak orang bukan fokus pada kekuatan tapi pada kelemahannya, misalkan kalau bicara mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia, Bahasa Indonesia bisa mendapatkan nilai 99%, tapi justru yang diberikan les adalah pada sesuatu yang tidak disukai pada pelajaran Matematikan misalkan, padahal yang baik adalah kita mengembangkan pada sesuatu yang kita sukai dan memang sudah memiliki bakat padanya supaya dapat berkembang menjadi lebih baik lagi.

Keunikan Anda alasan satu-satunya kenapa Anda dilahirkan di bumi, nanti jabatan, ketenaran pasti akan mengikutinya, sukses utamanya bukan rumah mewah , mobil mewah, tapi yang utama adalah Anda melakukan yang terbaik 10 kali lebih baik dari manusia rata-rata yang kemudian mendapat gaji tinggi itu adalah buah dari kesetiaan Anda sebagai suatu sebab akibat.

Bahwa saya tidak pernah dibayar berdasarkan waktu, Anda bisa boleh kerja di perusahaan 50 tahun lamanya, tapi gaji Anda tidak lebih banyak dari anak muda yang baru kerja 2 tahun, Anda jangan protes. jangan cuma menuntut, tapi tingkatkan value, tidak ada seorang pun dibayar berdasarkan waktu, tapi berdasarkan value, bangunlah, sibuklah membangun value Anda. invest in your self, khususnya berhubungan dari leher ke atas.

Beli jam mahal, handphone yang baru itu penting juga, tapi bukan itu yang utama, invest in your self, bikin kartu nama, di belakang kartu nama ada 3 value, jujur , disiplin, tuntas dalam bekerja.

No comments:

Post a Comment