Sunday, 24 April 2016

SEO: Bagaimana orang mencari

Mesin pencari mempelajari bagaimana orang-orang menggunakan mesin pencari untuk memastikan bahwa hasil informasi yang didapatkan oleh pengguna sesuai dengan hasil yang diinginkan (lebih cepat, lebih update, dan lebih relevan). Oleh karena itu kita dapat belajar dari mesin pencari tentang bagaimana orang-orang melakukan pencarian sehingga mendorong kita untuk selalu memperbaiki kesesuaian situs web yang kita bangun.

Interaksi pengguna dengan mesin pencari dapat melalui beberapa langkah, seperti yang digambarkan oleh Microsoft dibawah ini.

Dalam urutan di atas kita dapat melihat bahwa pengguna melakukan 5 tahap pencarian dalam waktu lebih dari 55 menit sebelum akhirnya menemukan apa yang dicari. Kita juga dapat melihat dengan jelas bahwa pengguna dengan gigih melakukan pencarian fashion sampai akhirnya mendapatkan apa yang diinginkan dan melakukan transaksi.

Coba perhatikan tabel berikut yang menampilkan rata-rata delay antara klik pertama di sebuah situs sampai menghasilkan pembelian.


Delay between first click and purchases  Percentage of users
Same day 50%
2–7 days 9%
8–30 days  12%
31–90 days 26%
More than 90 days 3%

Pola kebiasaan user dari table di atas mengindikasikan bahwa user memikirkan apa langkah-langkah untuk mendapatkan yang diinginkan. Seringkali waktu pertama kali melakukan pencarian user menggunakan istilah/keyword yang umum dulu baru kemudian meningkat ke kata kunci yang lebih spesifik sehingga mendekati dengan apa yang dituju. Mereka juga menggunakan variasi kata kunci yang umum lainnya, memperbaikinya dan kemudian sampai akhirnya menemukan apa yang dia inginkan.

Ini hanyalah salah satu contoh dari beragam contoh lainnya yang tak terhingga.
 Berikut adalah contoh lain sesi pencarian yang di dokumentasikan oleh Microsoft



Dalam dokumen tersebut digambarkan bahwa user fokus pada masalah kesehatan, Mula-mula user memulai pencarian dengan 5 kata, yang kemudian mesin pencari memberikan sebuah hasil saran-saran ke beberapa situs. Pada pukul 3:01 user mencari "headache pregnant 3rd trisemester" yang mengarahkannya ke Yahoo! Answer. Dan setelah mengunjungi situs tersebut si user tiba-tiba menemukan lebih spesifik kata kunci terhadap pencariannya.

Kemudian user mulai fokus pada gestational diabetes karena melihat di Yahoo! Answer yang kemudian meyakinkan terhadap apa yang dialaminya. Kemudian akhirnya pencarian berakhir pada first sign of gestational diabetes, yang memberikan saran kesimpulan kemungkinan yang sedang dihadapi.

Sesi berhenti disini, karena dia mungkin merasa sudah cukup belajar dari apa yang didapatkan , dan berharap selanjutnya bertemu dengan dokter yang khusus menangani masalah ini sambil mempersiapkan beberapa buah pertanyaan berdasarkan pada apa yang sudah dia pelajari dari pencarian ini.

Contoh kita berikutnya dimulai dengan pencarian navigational dimana user ingin ke lokasi website travel orbitz.com, perhatikan gambar berikut :



Contoh-contoh dari sesi pencarian di atas mempresentasikan interaksi pencarian dari sebuah perangkat desktop.

Data terakhir dari pencarian melalui perangkat mobile, meunjukkan bahwa kelakukan dari pencari mobile, adalah lebih dekat dengan melakukan transaksi. Data bulan Mey 2011 dari penelitian eMarketer menampilkan bahwa 55% orang mengunjungi sebuah bisnis mereka menemukan hasil pencarian setelah mencari informasi melalui perangkat mobile nya. Mesin pencari melakukan banyak modeling untuk jenis yang berbeda ini untuk menyediakan hasil yang lebih baik untuk user.

Dari yang sudah dipaparkan diatas maka kesimpulan yang dapat diambil adalah praktisi SEO seperti kita dapat mengambil keuntungan dari memahami dasar-dasar kelakukan/kebiasaan user/pencari dalam melakukan pencarian.

No comments:

Post a Comment