Tuesday, 10 May 2016

Iklan AdSense tidak muncul pada domain Banned

Ini ada sebuah kasus yang saya alami, sudah terjadi selama berbulan-bulan, awal saya mempunyai sebuah akun AdSense non-hosted, harusnya dengan AdSense non-hosted iklan bisa dipasang dimanapun website ataupun blog yang kita miliki.

Namun tidak demikian yang terjadi pada saya, karena blog saya yang ini sudah saya rampingnya hanya dengan topik tertentu sehingga saya harus meng-create blog lainnya dengan thema yang berbeda dengan alasan agar materi tidak campur aduk.

Nah setelah saya membuat blog itu kemudian tanpa berpikir panjang langsung mengganti url blognya yang saya rasa agar alamat nya menjadi ringkas jadi saya kasih domain, disini saya menggunakan domain yang saya dapatkan dari mendaftarkan dari awal, domain ini bagus, dan saya kira kenapa domain bagus seperti ini tidak ada yang menggunakannya.

Selama berbulan-bulan saya aktif meng-update konten tersebut, kemudian ada hal yang terlintas di pikiran saya, kenapa iklan tidak muncul? harusnya muncul karena ini akun AdSense non-hosted.

Saya coba akses blog saya tersebut menggunakan proxy, disini saya mencoba menggunakan kproxy.com, dari proxy tersebut saya dapat melihat dengan jelas bahwa iklan muncul, lalu kenapa ketika diakses tanpa proxy artinya langsung menuju alamat domain blog saya tersebut iklan AdSense menghilang dan tidak muncul?

Selama ada 3 bulan saya bingung dengan masalah tersebut, sampai tanya di forum mana-mana tidak menghasilkan jawaban, dan malah ada yang berpendapat bahwa itu karena blog kita belum direview oleh AdSense.

Nah, dari situ saya tidak sengaja kepikiran mengecek apakah domain tersebut sudah dibanned oleh AdSense ataukah belum, disini saya mencoba browsing situs untuk mengecek banned domain tersebut, ada beberapa situs yang menghasilkan hasil yang valid dan ada yang hanya asal-asalan. Dan beberapa diantaranya mengatakan domain yang saya gunakan tersebut adalah domain bekas banned.

Sehingga saya berinisiatif untuk mengganti domain tersebut dengan domain yang lain, kebetulan saya mempunyai stok domain lumayan, sehingga gampang untuk gonta-ganti domain.

Wawww.. apa yang terjadi? iklan langsung muncul, ini yang gue cari, kenapa tidak terpikirkan dari dulu, tau gini tidak buang-buang waktu.

Dan yang parah adalah traffic yang sudah saya bangun harus dimulai dari awal lagi, huuhh.. .gak masalah, dari domain yang banned tersebut jadinya saya redirect ke domain yang baru saya pasang di blog tadi, jadinya traffic tetap aman walaupun ranking turun tapi secara cepat akan kemabali seperti semula.

Kesimpulan, dalam membeli sebuah domain, usahakan check dulu apakah sudah pernah dibanned ataukah belum, apalagi domain yang bagus tapi tidak ada yang menggunakan itu patut dicurigai. oke. Semoga sukses.

2 comments:

  1. Assalamu'alaikum wr wb

    Mas Aan, blog saya (arraziibrahim.com) juga kena banned adsense. Padahal nggak ada yg melanggar TOS.

    BTW, setelah mas redirect ke blog baru dari blog yg dibanned adsense itu, blog baru itu aman2 aja ya mas?

    Saya tadinya kepikiran juga utk redirect ke blog baru, karena trafiknya lumayan. Tapi takut juga blog baru malah dibanned lagi ntar.

    Mohon petunjuknya mas.

    Thank you.

    Regard,
    Razi.

    ReplyDelete
  2. betul setelah saya redirect.... sampai saat ini masih aman... bahkan udah jarang update. menurut saya yang penting konten dan cara pasang iklan sesuai dengan peraturan saja.

    ReplyDelete