Monday, 16 May 2016

Keyword Cannibalization

kanibalisasi keyword adalah menggunakan satu istilah atau gabungan kata kunci di dalam beberapa halaman di dalam situs. Ini sering dilakukan secara tidak sengaja, tetapi ini dapat menghasilkan beberapa atau ratusan halaman yang mempunyai keyword yang sama yang ditargetkan di dalam tag title maupun header.

Misalkan ada beberapa halaman dengan kata kunci :
Halaman 1 = jual beli radio
Halaman 2 = jual beli radio
Halaman 3 = jual beli radio
Halaman 4 = jual beli radio

Maka mesin pencari akan bingung dan seolah-olah dia berkata " yang mana dari salah satu halaman tersebut yang relevan dengan kata kunci 'jual beli radio' jadi bingung"

Sehingga Google tidak manafsirkan berarti seluruh halaman yang pada situs Anda tersebut relevan untuk kata kunci "jual beli radio" atau memberi ranking tinggi daripada kompetitor. Sebaliknya, hal ini memaksa Google untuk memilih antara banyak versi halaman tersebut dan memilih salah satu  yang dirasa paling cocok dengan query. Ketika hal ini terjadi , Anda akan kehilangan sejumlah fitur yang berhubungan dengan rank-boosting : internal anchor text, External link, Kualitas konten, dan conversion rate.

Jadi solusinya adalah :
Halaman 1 = jual beli radio
Halaman 2 = jual beli radio komunikasi
Halaman 3 = jual beli radio jinjing
Halaman 4 = jual beli radio bekas

yang kemudian selanjutnya dari halaman 2, halamn 3, halaman 4 tersebut mempunyai link ke Halaman 1 sehingga masing-masing halaman tersebut mempunyai satu istilah yaitu "jual beli radio" ,halaman tersebut fokus dan unik, bernilai variasi dan ada tiga halaman yang memberikan link ke satu halaman sehingga dapat memberikan pengertian kepada mesin pencari bahwa Halaman 1 lah yang mempunyai rank tinggi dan merupakan halaman resmi jual beli radio.

Sebaliknya jika hal tersebut terlanjur terjadi  maka gunakan 301s, untuk menghilangkan halaman yang menjadi pesaing halaman tersebut pada situs Anda. Tentukan mana halaman yang paling baik dan layak untuk dari masing-masing halaman ditujukan kepadanya. Ini tidak hanya memastikan bahwa pengunjung tiba pada halaman yang benar, tetapi juga berhubungan dengan mengarahkan mesin pencari untuk lebih relevan dan berpotensi memperoleh ranking tinggi untuk sebuah query tertentu.

No comments:

Post a Comment