Saturday, 21 May 2016

Keyword research menggunakan keyword planner dari Google AdWords

Google menyediakan sepasang tool yang memang secara khusus di desain dalam penggunaan keyword research. Tool tersebut sebenarnya ditujukan untuk pengguna berbayar, namun kita juga dapat menggunakannya secara gratis, dan dapat kita gunakan untuk memperoleh informasi tentang data pencarian organik.

AdWord keyword planner yang disediakan oleh Google menyediakan informasi tentang istilah yang berhubungan, perkiraan volume pencarian, trend pencarian, dan perkiraan biaya iklan untuk apapun kata kunci ataupun URL yang Anda masukkan.

Google AdWords Keyword Planner

Keyword Planner menyediakan beberapa cara untuk melakukan pencarian : berdasarkan pada kata/gabungan kata, berdasarkan pada website/ landing pages, dan berdasarkan kategori. Di dalam kotak "Your product or service" Anda dapat memasukkan kata kunci atau phrases dan kemudian Keyword Planner akan menghasilkan ide dengan kata kunci yang berhubungan (perhatikan bahwa Anda harus mengklik pada tab "Keyword ideas"; karena yang ditampilkan default adalah "Ad group ideas".

Outpun pencarian yang ditampilkan ke pada Anda :
Keyword (by relevance)
Menampilkan daftar kata kunci yang berhubungan, meliputi gabungan kata yang Anda masukkan.

Average monthly searches
 Menampilkan volume query pencarian untuk keyword berdasarkan lokasi, bahasa, dan Google properties yang Anda definisikan.

Monthly searches bar chart
Menampilkan volume pencarian untuk kata kunci yang dipecah berdasarkan bulan yaitu 12 bulan terakhir (Untuk menampilkan ini Anda perlu untuk menaruh mouse di atas graphic icon warna gray kecil)

Competition
 Menampilkan relatif persaingan dari kata kunci (dalam pencarian berbayar)


Ada juga sejumlah setting yang dapat Anda gunakan untuk menyesuaikan pencarian Anda ,  hal ini meliputi:
Include/Exclude
Menyediakan sebuah cara untuk mengkhususkan atau mengecualikan istilah tambahan, untuk pilihan include Keyword Planner akan menampilkan hanya saran yang meliputi istilah yang disebutkan. Sebaliknya, pilihan exclude memungkinkan Anda untuk menambahkan negatif keyword untuk apapun keyword yang tidak Anda harapkan pada pencarian Anda. Sebagai tambahan, fitur ini tidak perlu digunakan untuk keyword research untuk pencarian organic; Sebaliknya ini lebih berguna ketika Anda merencanakan penawaran akun AdWords.

Locations
Memungkinkan Anda untuk menge-set negara digunakan untuk "Avg monthly seraches" bagian dari hasil.

Language
Memungkinkan Anda untuk menge-set bahasa yang digunakan.

Search networks
Memungkinkan Anda untuk menspesifikasikan apakah perkiraan traffic yang Anda inginkan  dikembalikan hanya untuk pencarian Google atau apakah Anda juga berharap untuk memasukkan Google search partner. Google search partner meliputi website non-Google lainnya seperti AOL dan properti Google lainnya seperti Maps, Vide, dan situs Google lainnya.

Data range
 Menampilkan hasil pencarian selama 12 bulan terakhir secara default. Anda dapat juga mengkhususkan sebuah custom range dari bulan yang Anda akan akan lihat dan membandingkan volume untuk dua range waktu yang berbeda.

Catatan:
Anda harus login ke Akun Google AdWords Anda untuk menggunakan Keyword Planner, dan untungnya, Anda tidak harus membelanjakan uang pada AdWords untuk mengakses tool gratis ini.



No comments:

Post a Comment