Wednesday, 11 May 2016

Link internal dan struktur navigasi dalam SEO

Sebagian dari kita tidak peduli bagaimana pentingnya link atau struktur navigasi di dalam SEO , dan kita hanya membangun dan membangun sebuah blog atau situs, yang penting terlihat bagus dan berwarna , padahal link di dalam situs itu sendiri mempunyai peran penting di dalam SEO.

Ada banyak aspek yang menentukan struktur link di dalam sebuah website. seperti Apakah halaman langsung mendapat link dari halaman utama? Apakah halaman berhubungan dengan  halaman lain yang relevan?. Ini penting untuk kenyamanan pengunjung dalam berselancar di dalam situs kita ataupun bagi mesin pencari agar dapat membantu dalam perayapan dan menentukan mana halaman yang penting dan  mana halaman yang berhubungan dengan topik tertentu.

1. Target Keyword
Keyword research adalah salah satu komponen penting dalam SEO. Kita harus mengetahui istilah pencarian yang digunakan oleh pencari ketika mencari sebuah produk yang sama dengan produk yang kita tawarkan dengan harapan mereka akhirnya berkunjung ke situs kita dan menghasilkan penjualan atau apapun itu yang kita harapkan.

Selain itu struktur halaman juga harus mencerminkan cara pengunjung berpikir tentang produk dan layanan yang Anda punyai.

2. Link lintas halaman yang berhubungan
link antar artikel dengan cakupan materi atau topik yang saling berhubungan mempunyai nilai  yang sangat powerful. Hal ini juga dapat membantu mesin pencari untuk lebih percaya dengan halaman web yang berhubungan dengan topik tertentu. Tetapi perlu diingat bahwa hal ini tentu susah dilakukan untuk sebuah website yang besar, tapi hal ini sangat mungkin dilakukan.

Dan yang terpenting adalah hal ini perlu Anda rencanakan pada situs Anda dalam menerapkan link lintas halaman dengan topik yang saling berhubungan.

3. Gunakan anchor text
Anchor text adalah secara umum telah menjadi peluang emas dalam penerapan internal link, dan hal ini telah dilakukan selama bertahun-tahun dengn menggunakan anchor text yang berhubungan dengan keyword tertentu dengan tepat.

Namun hal ini justru dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menyalahgunakan penggunaan anchor text (tapi mesin pencari minindak dengan tegas aksi ini). Gunakan anchor text yang intuitif sambil tetap berpikir secara lebih terbuka membuat internal anchor text secara kreatif. Juga penting di ingat bahwa selalu gunakan text yang deskriptif di dalam internal link, dan hindari penggunaan "klik disini" atau "lebih lanjut" dsb.

Buatlah anchor text yang spesifik, se-relevan dengan kontek yang dimungkinkan yang meliputi gabungan kata yang mencerminkan kata kunci di dalam link text tersebut.

4. Gunakan breadcrumb di dalam navigasi.
Breadcrumb membantu kita untuk menampilkan kepada user dimana posisi mereka di dalam website kita, hal ini dapat membantu baik user maupun mesin pencari. Dengan menggunakan keyword yang tepat di dalam breadcrumb dapat membantu meningkatkan kredibilitas halaman web kita di dalam mesin pencari.

breadcrumb navigasi dalam SEO

5. Minimalisasi dalam penggunaan kedalaman link
Mesin pencari dan audience/pengunjung melihat arsitektur situs yang kita bangun sebagai petunjuk bagaimana mereka dapat menjangkau apa yang mereka inginkan. Yang menjadi kunci ukuran dalam mengukur ini adalah berapa banyak klik yang harus di lakukan oleh pengunjung atau pun mesin pencari dalam merayapi halaman yang ingin dicapai.

Jika halaman tersebut hanya diperlukan satu kali klik dari halaman utama ini berarti halaman tersebut merupakan halaman yang penting. Sebaliknya jika untuk menuju sebuah halaman dibutuhkan 6 kali klik dari halaman utama, ini bisa dianggap oleh mesin pencari bahwa halaman ini kurang penting dan kabar buruknya mesin pencari tidak pernah menemukan halaman tersebut tergantung dari link authority yang dipunyai situs tersebut.

SEO standar menganjurkan untuk menjaga arsitektur situs se-ramping mungkin, se-flat mungkin, minimalkan klik dari halaman utama untuk halaman konten yang penting.

Ada beberapa situasi dimana kita mendapat tantangan untuk melakukan hal ini adalah pada situs yang sangat besar (ribuan halaman atau lebih), dalam situasi ini kita tidak mungkin untuk melakukan review halaman satu demi satu.

No comments:

Post a Comment