Tuesday, 10 May 2016

Memilih platform / teknologi / CMS yang mendukung SEO

Menentukan sebuah platfom untuk SEO adalah sangat penting, karena tidak semua platform mendukung dengan apa yang kita harapkan, katakanlah kita menggunakan CMS. Ada beberapa CMS yang tidak mendukung penggunaan meta title dan meta description. Namun kadangkala ada juga yang menyalahgunakan penggunan meta ini dengan membuat ratusan halaman dengan meta title dan description yang berbeda namun dengan konten yang sama. Ini merupakan kesalahan yang fatal dalam SEO!.

Untuk itulah diperlukan pengetahuan dalam memilih CMS yang sesuai dengan harapan kita, karena ini akan berdampak pada hasil SEO. berikut adalah beberapa kriteria penting yang perlu diketahui dalam memilih sebuah platform untuk website kita :

1. Dynamic URL.
Pernahkah kita menjumpai sebuah link yang berisi misal http://pasartradisional.com/?q=anggota seperti ini adalah sebuah url yang berisi parameter untuk meminta informasi tertentu dari database. Sebenarnya penggunaan URL semacam ini tidak bermasalah untuk mesin pencari sekarang ini , namun sebaiknya kita menggunakan URL yang lebih user-friendly dan enak dibaca dan dihafalkan oleh pengunjung http://pasartradisional.com/anggota

2. session ID di dalam URL
ada beberapa CMS yang menggunakan session id untuk men-track pengunjung yang datang, sebenarnya ini memiliki tujuan yang bagus, tapi jika session id selalu berbeda pada setiap url untuk masing-masing pengunjung maka hal ini dapat membingungkan mesin pencari dan akan menganggap itu adalah konten yang berbeda-beda. oleh sebab itu pilihlah CMS yang tidak meletakkan session id untuk setiap halaman di dalam URL.

3. parameter di dalam URL yang tidak perlu
seperti di point 1 & 2 di atas peletakkan ekstra karakter di dalam URL dapat mengganggu mesin pencari maupun pengalaman pengunjung dalam mengunjungi website Anda.

4. Link atau konten yang berbasis Flash
mesin pencari tidak dapat melihat link ataupun konten yang di kemas dalam sebuah media flash. Oleh sebab itu, sebaiknya link atau pun konten di persembahkan dalam text HTML yang sederhana agar mesin pencari dapat merayapinya dengan baik mengingat keterbaasan mesin pencari dalam perayapan teknologi flash tersebut.

5. Konten di belakang form
Misalnya, seperti kita hanya dapat melihat konten setelah kita login, selain itu kita tidak dapat melihat konten tersebut. Ini dapat Anda lakukan hanya jika Anda ingin menyembunyikan konten tersebut dari akses yang tidak berhak.

Demikian, beberapa hal dasar yang perlu diketahui dalam pemilihan sebuah platform/cms yang mendukung untuk SEO, meskipun demikian perlu diperhatikan juga apakah CMS tersebut dapat dikembangkan secara fleksible, walaupun tidak semua fasilitas yang ada di CMS tersebut ada juga yang tidak perlu kita gunakan. Bnyak juga fasilitas tambahan lainnya dalam CMS yang mendukung untuk SEO.

Juga perlu diketahui bahwa tidak semua web developer mengerti baik tentang SEO. belajar SEO tidak selalu diperlukan seorang lulusan software engineering dan ini dapat dipelajari semua orang. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment