Sunday, 29 May 2016

Tips memilih nama domain

Ketika kita ingin membuat atau mendesain sebuah situs baru, satu hal penting adalah memilih nama domain, yang nantinya domain ini mungkin akan kita gunakan untuk blog baru, ataupun launching perusahaan, atau bahkan juga untuk website teman kita. Disini ada beberapa tips untuk memlih nama domain yang dapat berpengaruh  terhadap SEO :


1. Pikirkan 5 top keyword yang sesuai dengan domain kita

Ketika kita mencari sebuah nama domain, cukup membantu adalah dengan memlih 5 buah istilah atau lebih yang kita nilai terbaik untuk mendeskripsikan domain yang kita cari. Dan kita dapat mulai dengan merangkai atau memasangkan keyword tersebut dengan menambahkan awalan atau akhiran untuk membuat ide domain yang bagus, dan kita dapat memainkan di sekitar 5 keyword tersebut sampai ditemukan sebuah domain yang cocok dan bagus seperti yang kita inginkan.

2. Buatlah domain yang unik

Mempunyai sebuah domain dengan nama domain yang membingungkan dan hampir menyerupai sebuah situs popular adalah sebuah bencana untuk kita. Dan jangan sekali-kali memilih domain dengan bentuk jamak/plural, serta mempunyai tanda penghubung (-), atau versi salah pengejaan untuk sebuah domain yang sudah ada.

3. Pilihlah hanya domain dot-com yang tersedia

Jika kita tidak memfokuskan pada traffic, branding, atau mengenai nama, maka kita tidak perlu peduli dengan masalah ini. Meskipun demikian, jika kita memang serius untuk membangun sebuah website yang sukses untuk jangka waktu yang lama, maka kita harus peduli dengan semua elemen ini. dan dengan demikian kita juga dapat mendapatkan direct traffic ke sebuah .net atau .org (atau apapun lainnya termasuk gTLD yang baru) is fine tidak masalah. kita dapat melakukannya dengan  meredirect 301. Kecuali kita mentargetkan untuk masyarakat yang memahami teknologi web dengan baik ini tidak masalah, tapi untuk masyakat umum kebanyakan masih mengasumsikan .com adalah lebih terpercaya dan mudah diingat.

4. Buatlah sebuah domain yang mudah di ketik.

Jika sebuah domain meminta perhatian besar untuk diketik dengan benar karena masalah pengejaan, panjang, kata menggunakan kata yang tidak mudah untuk diingat maupun di dengar, maka kita mempunyai porsi besar untuk kehilangan nilai branding dan nilai market. Dan sebisa mungkin kita menghindari penggunaan huruf q, z, x, c, dan p. Namun jika mudah untuk diketik dan diingat dengan benar menggunakan huruf tersebut tidak menjadi masalah.

5. Buatlah sebuah domain yang mudah untuk diingat.

Ingatlah bahwa pemasaran dari mulut ke mulut mengandalkan pada seberapa mudah domain dapat dipanggil di dalam pikiran. Dan kita tidak ingin paerusahaan kita dengan domain website yang mengerikan yang tidak pernah seorangpun mengingatnya untuk diceritakan dengan teman karena mereka tidak dapat mengingat nama domain tersebut.

6. Pilihlah nama domain yang sependek mungkin

Nama yang pendek adalah mudah untuk diketikkan kembali dan mudah untuk diingat, nama yang pendek juga memungkinkan untuk URL lebih di tampilkan di dalam SERPs dan sesuai baik untuk ditempatkan pada business card dan media offline lainnya.

7. Buatlah nama domain yang sesuai harapan

Ketika seseorang mendengar tentang nama domain kita untuk pertama kalinya, maka dia harus secara instan dan akurat dapat memperkirakan jenis konten yang mungkin dia dapat temukan di website kita. Itulah mengapa domain Amazon.com, eBay.com, Monster.com meminta lebih jauh untuk branding karena mereka menggunakan nama yang tidak intuitif.

8. Hindari pelanggaran merek dagang pada sebuah domain

Ini adalah sebuah kesalahan yang sering dibuat, tetapi ini dapat membunuh sebuah domain besar dan perusahaan besar jika hal ini dilakukan. Dan pastikan kita tidak melanggar dari apapun merek dagang yang telah dimiliki oleh siapapun.

9. Buatlah diri Anda terpisah dengan sebuah brand

Menggunakan nama yang unik adalah sebuah cara hebat untuk membangun nilai tambah pada nama domain. Sebuah "brand" tidak hanya sekedar sebuah gabungan kata, yang mana misal susansepatu.com, aankaos.com tidak dapat sebesar Yelp, atau Gilt.

10. Jangan menggunakan domain yang menggunakan tanda penghubung dan angka

Tanda penghubung dan angka pada sebuah nama domain membuatnya susah untuk diungkapkan secara verbal sehingga susah untuk di ingat maupun diketik. Hindari menggunakan huruf yang harus di ucapkan dengan huruf tepisah seperti angka romawi karena dapat membingungkan serta membuat kesalahan dalam pengetikan.

11. Jangan mengikuti trend terbaru

Nama website yang mengandalkan kelahan pengejaan yang aneh, multiple tanda penghubung (seperti praktek SEO pada masa tahun 2000an) atau menggunakan kata sifat yang pendek (seperti "top x", "best x", dan "host x") adalah tidak selalu merupakan pilihan yang tepat. Ini bukan peraturan yang baku, namun dalam kebiasaan penamaan pada umumnya, jika orang lain melakukan itu,  bukan berarti bahwa itu merupakan strategi yang pasti. Coba lihat pada siapa orang yang menamai business nya "AAA x" setelah 50 tahun berlalu dan ternyata sukses, sekarang banyak yang berharap keberuntungan dengan 1000 lainnya menggunakan nama "AAA company".

No comments:

Post a Comment