Wednesday, 29 June 2016

Apa itu Pendaki Tektok???


Tektokers
Tektokers
Salam tektokers!! Yang belum pernah mencoba Tektok, tenang aja, nanti bisa latihan bertahap, pelan-pelan sampai sanggup tektok, biasanya tiap akhir minggu ada latihan rutin. Kalau untuk pemula disarankan untuk ikut latihan dulu sebelum joss tektok.

Tektok? bahasa Indonesia atau bahasa apa tuh ?? dari mana kata-kata tektok didapat ???.... hahaha, istilah tektok belum resmi masuk di kamus besar bahasa Indonesia... Tektok adalah bahasa pergaulan, diambil dari istilah permainan bilyar ketika bola cue tidak menyentuh langsung bola sasaran tapi mengenai pinggir meja bilyar dulu.

Memanfaatkan efek pantulan untuk mengenai bola sasaran dan memasukan bola sasaran ke kantung/pocket/lubang meja... tektok dalam pendakian sering diartikan mendaki pergi pulang dalam 1 hari perjalanan tek sampai puncak dan tok pulang kembali ke basecamp.

Tektokers (pelaku tektok) bukan pelari gunung, Tektokers membawa peralatan standar minimalis pendakian, ringan, lengkap, sehingga memungkinkan untuk bergerak lebih cepat, tanpa melupakan faktor keselamatan.

Syarat : fisik harus mantaf bro. 

Tektokers tidak membawa tenda, paling hanya flysheet aja buat jaga-jaga kalau ada trouble di jalur, juga gak bawa sleeping bag, paling hanya thermal bivy aja, tapi dalam 1 grup biasa nya bawa 1 sleeping bag dan matras dan 1 unit alat masak, untuk jaga-jaga aja kalau ada masalah di jalur.

Agak berbeda dengan trail runner yang gak bawa apa-apa cuma bawa air minum dan makanan ringan, tektokers pada dasarnya adalah pendaki gunung, yang paham apa saja bahaya yang ada di gunung dan paham meminalisir potensi bahaya itu . Oleh karena itu, tektokers tetap bawa peralatan standard minimalis pendakian.

Tambahan kalau trail running mungkin yah mas bro, bener-bener lari dan ada batas waktu yang ditentukan buat finish, tektokers gak lari, ya mungkin pas turunnya aja yah lari-lari kecil biar gak cape aja dengkul kalau turun pelan2 kan nahan....tektokers jalan biasa aja tapi gak banyak istirahat/break... konstan jalan supaya target waktu muncak dan turun lagi sebelum gelap tercapai..

Tektoker ini sepertinya menganut paham ultralight hiking (UH)... tapi UH kadang masih bikin tenda dan bermalam, kalau tektokers biasanya menghindari kemalaman di jalur, targetnya sebelum gelap sudah kembali di basecamp buat ngopi2, hehhehe.... Manajemen waktu adalah hal yang paling jadi pertimbangan ketika tektok.

Untuk tektoker berkut List barang yang wajib dibawa :
1. Raincoat
2. Jaket (dimasukan kantong plastik)
3. Baju, celana, daleman, kaos kaki, @ 1 stel (dimasukan kantong plastik)
4. Makanan siap makan (nasi bungkus, cemilan, dll)
5. Air minum
6. Alat masak/mini trangia (boleh bawa, boleh gak)
7. Sepatu treking
8. Headlamp
9. Obat-obatan pribadi
10. Fotocopy KTP + biaya simaksi

Kemarin sempat diskusi dengan salah satu kawan, beliau bilang "apa enaknya naik gunung buru2, tektokan??"..... hhmmmm... Kalau saya misalnya naik ke Rinjani, itung-itungan budget kira-kira abis 3 jt terus mesti ditektokin, ya sayang yah duit nya kalo cuma sekian jam di Rinjani nya.

Pertanyaan di atas sah-sah saja, karena semua tergantung dari tujuan masing-masing. misalnya Grup Tektok Gede Pangrango dibentuk dengan salah satu tujuannya adalah menjadikan Gunung Gede Pangrango sebagai area berlatih, olahraga, dan menjaga kondisi fisik masing-masing tektokers supaya tetap bugar.

Jadi kalau mau jalan ke gunung lain para tektokers punya kondisi fisik yang prima hasil dari latihan rutin di Gede Pangrango, betis kenceng, nafas panjang, stamina stabil, itu salah satu tujuannya....

Kita juga berlatih me-manage waktu, mengasah intuisi, dan menjadi terbiasa dengan lingkungan gunung hutan, jadi ketika naik gunung lain udah gak kaku lagi, siap gaspol dan siap juga membantu teman-teman satu kelompok. Jadi bukan buat "lomba lari" dan ajang unjuk kekuatan, tektok adalah salah satu cara berlatih, sambil menikmati alam.

Demikian, Salam Tektokers!! Tektokers : Ringan, Cepat, Aman !!

No comments:

Post a Comment