Sunday, 19 June 2016

Berapa hari dari ayam kawin sampai keluar telur?

Ayam Hutan

Pertanyaan ini saya dapati ketika mengamati ayam yang baru dikawin kemarin tapi hari ini bisa bertelur, bahkan ada ayam yang dikawin minggu lalu tapi minggu ini bertelur, saya penasaran telur yang keluar ini dari hasil pembuahan ayam jantan yang mana?

Karena menurut kabar yang beredar pada proses kawin secara alami ada momen tertentu dimana ayam babon mau bertelur, disaat itu uritan mulai terbentuk, yang pada instingnya mulai mekokok2, kalau didekati jago, dan kemudian kawin, nah tinggal nunggu bertelur. Maximal satu minggu terhitung mulai minta kawin.

Meskipun demikian, saya masih penasaran, dan ini bukan soal ayam apa dikawin ayam apa. Tapi ini hanya contoh kasus saja. Saya mempunyai ayam hutan hijau (ahh) jengger kepleh tipis dan ayam hutan hijau jengger on tebal. Kemudian ayam-ayam tersebut saya silangkan dengan ayam kapas saya yang sudah mulai bertelur dikawin ayam kampung 2 butir.

Setelah itu Ayam kapas tersebut saya kurung lagi sama ayam hutan hijau jengger kepleh tipis, kemudian mulai kawin dan bertelur 4 butir.

Terus saya pindah lagi ayam kapas tersebut saya campur sama ayam hutan hijau jengger on tebal dan bertelur lagi 5 butir.

Nah cuma pengen tahu,  Ini telur hasil kawin sama jantan yang mana? Karena tiap bertelur saya kasih nomor.  Dan yang saya tanyakan masa kawin samapi keluar telur itu berapa hari?

Ini kasus yang ruwet, menurut penuturan dari para senior sperma ayam ras/buras bisa bertahan 2 sampai 3 minggu, dan bisa jadi semua telur yang dihasilkan bapake ayam kampung.

Sebagai tambahan, pada induk ayam kampung/domestik, bila kawin secara alami maka telur akan keluar 1 - 2 minggu setelah kawin dan akan fertil hingga kurang lebih satu bulan. Dan bila dalam masa fertil yang kurang lebih satu bulan itu dikawinka lagi dengan AHH maka besar kemungkinan akan tetap menghasilkan ayam domestik, bukan ayam bekisar (persilangan antara ayam hutan hijau dengan ayam kampung).

Demikian, mohon koreksi buat para senior bila ada salah.

No comments:

Post a Comment