Saturday, 11 June 2016

Resep Bumbu Garang Asem Kudus

Garang Asem Kudus yang sudah jadi setlah dikukus
Garang asem adalah makanan khas Jawa khususnya Kudus yang rasanya maknyus, makanan ini cocok untuk  yang suka pedes dan asem karnea menggunakan blimbing wuluh dan tomat, dan kadang ada yang pakai daging ayam atau bisa juga menggunakan daging kerbau.

Resep garang asem Kudus menggunakan santan kental yang dikukus sehingga meresap dan rasanya gurih.



Ciri khas garang asem kudus adalah memakai daun pisang dan inilah yang membuat rasanya makin sedap caranya adalah daun pisang dijemur terlebih dahulu agar nanti ketika digunakan untuk membungkus tidak pecah.

Namun banyak yang ingin membuat tapi selalu bocor, rahasianya adalah gunakan plastik, caranya  daun pisang 2 lembar kemudian dilapisi dengan plastik 2kg biar santan gak bocor, kemudian daun pisang lagi. Dicoba pelan-pelan Bun, dan pilih daun pisang yang sudah layu alias dipetik kemarin, karena kalau menggunakan daun pisang yang baru pasti pecah. Dan perhatian, menggunakan plastik apalagi di kukus adalah tidak bagus untuk kesehatan dan cara ini tidak tepat.

Sebenarnya tanpa dibungkus daun pun bisa, dengan cara semua bahan di sangrai, terakhir taruh santan dan tomat serta blimbing wuluh, tapi rasanya kurang mantap.

Untuk ayamnya harus dimatengin dulu, kalau istilahnya diungkep selama 10 menit.

Berikut adalah resep garang asem Kudus :

Bahan & Bumbu Garang Asem Kudus :

1kg ayam
21 bawang putih
63 bawang merah
24 daun salam
8 batang sereh
16 iris lengkuas
8 tomat hijau ukuran sedang
8 blimbing wuluh
16 cabe rawit
Garam dan gula pasir secukupnya
1 gelas santan kental diambil yang kental aja bun
Daun pisang,tusuk gigi dan plastik 2kg.

Cara bikin Garang Asem :

Ayam yang sudah dipotong kecil dicuci bersih dan diungkep dgan 5 siung bawang putih dan 7 siung bawang merah. jahe dan kunyit semuanya ditumbuk halus.dan garam 1 sendok teh dan air setengah gelas.cukup 10 menit aja biar agak empuk.

Siapkan daun dan palstik serta tusuk gigi, tunggu 10 menit supaya ayam agak meresap bumbunya.
Siapkan daun 2lmbar lapisi plastik 1lbr.dan lapisi lagi daun 1 lmbar.
Taruh diatas daun pisang segala macam bumbu ini.
Pertama daun salam, lengkuas dan sereh yg sudah dipotong.
Kedua taruh ayam diatas daun salam
Ketiga taruh bawang putih dan bawang merah
Keempat taruh tomat dan blimbing wuluh
Kelima taruh santan 6 sendok makan

Tinggal dibungkus dan disemat, kukus selama 1/2 jam dengan api kecil, sekedar info tambahan ayam 1kg dijadikan 8 bungkus, masing-masing 1 bungkus 2 bawang putih dan 2 bawang merah yg di iris, tomat 1, blimbing wuluh 1, daun salam 2 lembar, jadi pas kalo dibagi tuh menjadi 8 bungkus.


Bawang Merah dan Bawang Putih

Gula dan Garam

Santan Kental

Ayam yang diungkep, 1kg ayam yang dipotong kecil, 5 siung bawang putih, 7 siung bawang merah, 2 ruas jahe, 1 ruas kunyit dan sedikit garam sesuai selera.


Tusuk gigi, daun pisang , dan plastik


Ini tomat, blimbing wuluh, sereh, lengkuas, daun salam, cabe rawit



Ini daun pisang 2 lmbar dan dilapisi plastik dan 1lmbar lagi daun pisang diatas plastik, daun salam 3 lmbar, sereh dipotong kecil-kecil, lengkuas 3 iris tipis, ayam 4 potong kecil.diatasnya kasih tomat hijau 1 diiris kasar.blimbing wuluh 2 diiris kasar.bawang putih 2 siung diiris tipis.2 siung bawang merah diiris tipis.garam dan gula sesuai selera


Garang asem yang belum dikukus dan sudah siap

No comments:

Post a Comment