Saturday, 4 June 2016

Escudo mogok di jalan macet dan lampu merah

Ilustrasi Escudo gen 2 200cc, Bukan punya saya
Banyak diantara rekan-rekan pengguna Suzuki Escudo yang mengalami hal ini terutama di jalan macet, punya saya sendiri Escudo jlx 96, mobil ini baru saya beli second sekitar satu bulan yang lalu jadi kurang tau bagaimana perlakuan pemilik mobil sebelumnya.

Masalah  yang terjadi adalah temperature tiap di jalan macet jadi meningkat dan naik parah. Hal ini saya alami dalam durasi kemacetan 20 menit dan temperature naik hingga hampir separuh, untuk itu saya belum berani membawanya ke luar kota karena takut jika terjebak kemacetan misal 1 jam, bisa-bisa mobil jadi mogok. Ini belum lagi dengan AC on, bisa tambah parah naiknya.

Namun ketika mesin panas dan mogok, didiemin sekitar setengah jam an, ntar bisa jalan lagi kemudian mogok lagi, kira-kira apanya ya?

Hal yang sudah saya lakukan adalah mengganti packing dexel namun hasilnya masih juga sama,  juga sudah mengganti filter minyak karena disinyalir bahwa bensi tersumbat dengan bengkel dipinggir jalan mana habis 450 rb lagi tapi belum menemui jalan keluar.

Sayapun berkonsultasi dengan rekan-rekan bahwa ketika temperature meningkat setengah kurang saja itu artinya air radiator sudah mendidih, dan ketika hal itu terjadi kita juga harus memeriksa extrafan nya, apakah jalan dengan benar ataukah tidak?

Extrafan adalah kipas kondensor di depan radiator dibalik griil dan bukan yang diruang mesin, kalau terjadi panas maka secara otomatis akan menyala, dan ketika temperature kembali sedang akan mati sebentar, normalnya 1/3 dari jarum kalau macet-macet.

 Kemudian kalau masalah masih terjadi kita juga dapat mencoba membersihkan radiatornya di tukang radiator.

Selain itu kita juga perlu memeriksa thermostat apakah terpasang atau tidak?, karena kalau terpasang standartnya anteng di separuh kurang sedikit. karena thermostat berfungsi untuk mempertahankan temperature kerja mesin dengan membuka dan menutup saluran air radiator sesuai temperature yang tertera pada bodi thermostat. Harga thermostat berkisar kira-kira Rp. 175.000 an.

Kemudian kalau ternyata sudah kita periksa dan ternyata tidak overheat dengan indikasi bahwa indikator radiator aman dan air di dalam radiator masih full, kita juga dapat memeriksa mesin escudo yang sering mogok ketika mesin panas juga bisa disebabkan oleh karena Coilnya panas.

Karena mungkin kipas radiator yang kurang pendinginan dan menyebabkan panas mesin merembet ke koil dan membuat fungsinya sedikit drop, cirinya adalah biasanya mesin terasa kasar dan pincang. Coil nya ada 4 buah, posisinya di paling atas tutup mesin/ Cilinder Head = 1 busi 1 bh coil kalo punya Gen 2 20i.

Ada juga kasus lain kalau dipakai jalan-jalan selama 2 jaman gak mogok aman aman saja, atau di kondisi lampu merah atau kondisi jalanan padet, mesin gak lama langsung ngadat. Tapi kadang bisa nyala lagi bukan apa-apa tapi bikin keringat dingin gan, dan bisa bikin baterainya jadi keok

Untuk hal ini kita dapat memeriksa apakah bensin yang tersumbat atau terlalu irit, dan bisa jadi di bagian fuel pumpnya dalam kasus ini sering kali mengisi bensin dalam keadaan sudah mepet seperti escudo punya temen saya yang kasusnya sama dengan ini namun diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk setiap kasus bisa jadi error nya di bagian yang berbeda.

Harga fuel pump berkisar antara Rp. 300.000 sampai Rp. 400.000 bahkan bisa lebih,  ini belum termasuk biaya pemasangannya.

Dan ternyat kalau 4 coil , filter bensin, full pump sudah ganti namun tetap mogok. Kemungkinan penyakitnya adalah adalah sensor seperti gambar di bawah ini harganya sekitar Rp. 400rb an, dan ini sering terjadi pada escudo gen2.



dan letak sensornya ada di sini

No comments:

Post a Comment