Wednesday, 29 June 2016

Estimasi Perjalanan & Ongkos Mendaki ke Gunung Gede Pangrango

Puncak Gunung Gede Pangrango
Puncak Gunung Gede Pangrango
Gunung Gede Pangrango terletak di tiga Kabupaten yaitu Cianjur, Sukabumi, dan Bogor. Gunung ini statusnya masih aktif dan normal.

Untuk ijin mendaki Gunung Gede Pangrango pendaki diharuskan registrasi dulu untuk mendapatkan simaksi (Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi) yaitu melalui pendaftaran online kemudian transfer ongkosnya, setelah itu datang langsung ke pos simaksi, dan ambil simaksinya baru bisa naik.

Untuk biaya tiket masuk & asuransi,
    Domestik (Weekday): Rp 27.500,-/orang untuk 2 hari 1 malam
    Domestik (Weekend): Rp 32.500,-/orang untuk 2 hari 1 malam
    Domestik (Pelajar): Rp 16.000,- /orang untuk 2 hari 1 malam (harus 10 orang per grup dan identitas kartu pelajar/mahasiswa disertai surat pengantar sekolah)
    Mancanegara (Weekday): Rp 157.500,-/orang untuk 2 hari 1 malam
    Mancanegara (Weekend): Rp 232.500,-/orang untuk 2 hari 1 malam

Bagi yang membawa kendaraan, disediakan tempat parkir atau penitipan/Penginapan sepeda motor di seputaran Pasar Cibodas persis di seberang Kantor Balai Besar TNGP (Taman Nasional Gunung Pangrango), atau parkiran bawah di area warung Mang Idi, tarif nginep motor antara R p5 - 10 rb/hari. yaah sebenernya ga usah repot-repot sih, parkir aja didepan basecamp Indonesian Mountains, rumahnya para tektokers.

Atau kalau pakai mobil pribadi di Cibodas bisa di taruh di sekitaran Basecamp Lentera Indonesia saja depan Kantor TNGP.

Kita bisa naik memakai jalur Gunung putri (cianjur) kemudian turun di Cibodas. Atau lewat Cibodas dulu juga bisa tergantung deketan mana dari daerah asal. Cibodas daerahnya sebelum Cipanas. Atau lewat jalur Salabintana lokasinya di Sukabumi tapi biasanya jalur ini suka sepi karena banyak pacetnya (lintah).

Lama perjalanan sampai ke Puncak Gunung Gede tergantung sih kalau ini berlaku untuk tektoker, ingat tektoker bukan perdana naik gunung, kalau dari Cibodas jalan biasa aja, kecepatan standar tapi gak nge rest, sampai kandang Badak +/- 3 jam, dari kandang Badak kalau mau lanjut ke pangrango +/- 2 jam, ke Gede +/- 1,5 jam... cuma disarankan rest dulu di kandang Badak 30 menit an, biar gak terlalu maksa badan, kecuali emang udah biasa banget tektokan.

Sedangkan estimasi waktu pendakian dengan peralatan lengkap dan rombongan yang masih perdana (menurut keterangan kawan tektoker) bisa diambil kesimpulan sekitar 6-8 jam ke Kandang Badang (jalur Cibodas). Dan dari Kandang Badak ke Lembah Mandalawangi Puncak Pangrango 3-4 jam, dan kau ke Puncak Gede 2-3 jam.

Ini estimasi masuk kawasan pagi hari, dan kalau malamm hari sih susah diprediksi dengan rombongan yang masih perdana.

Selamat datang di Cibodas
Selamat datang di Cibodas
Balai Besar TNGP
Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Pemandangan di Gunung Gede Pangrango
Pemandangan di Gunung Gede Pangrango

Oke bro, sekian dulu, dunia akan terlihat lebih indah ketika kita sampai di puncak. Mudah-mudahan bermanfaat, jangan lupa safety first kan. Salam Lestari.

No comments:

Post a Comment