Sunday, 26 June 2016

Jalan-Jalan Ke Desa Ende, Danau Tiga Warna Kalimutu (Flores)

Danau Tiga Warna Kalimutu
Beberapa tahun yang lalu, saya beserta teman, mencoba mengunjungi Danau Kalimutu (danau yang airnya bisa berubah-rubah warna, yang dipercaya sebagai tempat roh/arwah para nenek moyang/orang yang sudah meninggal).

Perjalanan dari Kota Ende, menuju ke arah timur, sungguh menyenangkan. udara yang segar, masih alami, jalanan yang sempit, bukit dan gunung batu yang ditumbuhi pepohonan dan lumut, lereng gunung yang curam dan dalam, air terjun yang berada di beberapa titik perjalanan merupakan sebagian dari pemandangan yang menakjubkan.

Untuk menuju Danau Kelimutu, kita harus berjalan kaki dari tempat penyimpanan kendaraan. Jalan menanjak dengan anak tangga yang lumayan banyak, terasa sedikit melelahkan memang. Tetapi itu bisa terobati dengan pemandangan yang sangat luar biasa menakjubkannya ketika kita sudah sampai di puncak Gunung Kelimutu, dimana kita bisa melihat danau-danau kelimutu yang airnya berbeda warna antara satu danau dengan danau lainnya, juga pemandangan lereng yang terjal, jurang yang dalam, dan hamparan pegunungan yang diselimuti kabut...luar biasa!!

Gambarnya Danau kalimutu Dan sebelahnya gambar Sasandro Rote .5000 lima Ribu rupiah di Buat 1992

Gambar Danau Kalimuti di Uang 5000 Rupiah
Gambar Danau Kalimuti di Uang 5000 Rupiah
Danau Kalimutu berada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau Kalimutu atau Danau tiga warna mempunyai 3 warna; Hijau, hitam, dan merah. Kadang warna ini dapat berubah dalam waktu-waktu tertentu seperti putih dan biru. Termasuk Danau Kawah yang berada di Puncak Gunung Kalimutu.

Konon menurut kepercayaan kuno masyarakat sekitar kalau warna Danau berubah itu berarti sebagai tanda akan ada malapetaka.

Di Flores Ada desa namanya Moni Kota Ende dan disinilah berada Danau Kalimutu, saya sempat ke sana 2x tapi sudah lama banget. Warna danaunya kadang berubah. So amazing pokoknya, dan sudah lebih indah lagi sekarang karena udah ada banyak tangga-tangga dan pagar cantik di dekat danau. Jadi gak usah takut kalau lagi nengok ke bawah danau. Pas balik dari danau itu rambut saya bau belerang.  hhehhe

Untuk menuju Danau Kalimutu kita harus melewati jalan yang berkelok, tinggi. Jadi siapkan fisik kalian kawan, karena perjalanan naik ke puncak kira-kira 3 km, ingat bukan datar ya tapi naik.

Jalan Menuju Danau Kalimutu
Jalan Menuju Danau Kalimutu
Jika kita ke Danau Kalimutu jangan lupa pula mampir ke rumah adat Flores

Rumah Adat Flores
Rumah Adat Flores

Rumah Adat Flores
Rumah Adat Flores
Jalan menuju Danau Kalimutu
Jalan menuju Danau Kalimutu

Perjalanan Menuju Danau Kalimutu
Perjalanan Menuju Danau Kalimutu
Tangga Menuju Puncak Danau Kalimutu
Tangga Menuju Puncak Danau Kalimutu
Danau Kalimutu Warna Hijau
Danau Kalimutu Warna Hijau
Danau Kalimutu Biru
Danau Kalimutu Biru

Danau Hitam Kalimutu
Danau Hitam Kalimutu
Sayang gak bisa motret Danau Kalimutu secara keseluruhan kecuali harus naik heli ya ....

Danau Kalimutu begitu indah mengeluarkan pesonanya yang begitu ajaib, dan sampai saat ini menurut kabar para pakar dan ilmuan belum mampu menjelaskan secara bidangnya sendiri, tentang perubahan warna setiap Tahunnya.

Hal ini membuat saya berpikir akan kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga setiap keajaibanya sulit untuk kita pikirkan oleh otak dan kasat mata dan Danau Kalimutu adalah salah satu Maha KaryaNYA yang begitu dahsyat.

No comments:

Post a Comment