Sunday, 12 June 2016

Jasa Pengiriman Hewan Melalui Tiki

Iguana Hijau
Iguana Hijau
Untuk agan yang jual beli hewan, biasanya suka ada pembeli yang dari luar kota bahkan dari luar pulau. Sebenarnya jasa pengiriman barang tidak hanya Tiki tapi ada penyedia lainnya seperti JNE, dan jasa ekspedisi atau travel.

Ada berbagai macam alasan pengiriman hewan melalui Tiki, namun pengiriman hewan melalui Tiki sebenarnya tidak diperbolehkan dan tidak bisa, dan nyatanya masih ada saja oknum yang mengirimkan hewan melalui Tiki.

Kenapa tidak bisa mengirim hewan malalui Tiki? karena pengiriman hewan antar pulau dan antar propinsi harus melalui cargo bandara pesawat komersil, dan hewan tersebut harus terlebih dahulu dilengkapi dengan surat keterangan sehat dari dinas peternakan/pertanian dan dari bagian karantina dan biayanya pun lumayan.

Lalu kenapa hewan-hewan tersebut bisa lolos dari pengamatan petugas Tiki? biasanya yang lolos adalah tanpa sepengetahuan pihak Tiki, soalnya tiki sama JNE lebih murah meskipun ilegal Dari pada kereta atau Bus yang legal. Dan pilihan pengiriman hewan menggunakan Tiki atau Jne adalah pilihan terakhir kalau memang tidak bisa menggunakan bus atau kereta, selain itu dananya juga tidak cukup untuk pengiriman resmi.

Biasanya hewan yang dikirimkan melalui tiki adalah hewan reptil seperti Iguana dan kura-kura, karena hewan ini kuat bertahan hidup pada kondisi terburuk, di taruh di dalam kardus tanpa ada suara bahkan lobang udara. Dan jika ditanya sama petugas bilangnya kirim souvernir. Untuk packingnya harus pintar-pintar agar hewan tidak tersiksa dan mati.

Sebenarnya pengiriman seperti itu adalah hal yang tidak baik, karena selain menyiksa hewan juga dapat merugikan pembeli misalnya hewan ternyata sampai ditujuan dalam keadaan mati, atau di tahan sama petugas,  dan bisa juga hewan tersebut malah mengganggu barang yang lainnya. Namun masih dimaklumi kalau antar kota dan jarak dekat, tapi kalau antar pulau atau propinsi sebaiknya jangan.

Lalu solusi untuk  pengiriman hewan adalah gunakan lah jasa agen pengiriman hewan yang memang sudah biasa digunakan dalam jual beli hewan seperti yang biasa berkantor di  kompleks stasiun yaitu herona, K18, KIB, lintas, Kalog, index atau ekspedisi kereta yang lain dan sebagainya.

2 comments:

  1. Hallo boleh info jasa pengiriman hewan resmi nya . Thanks before

    ReplyDelete
  2. boleh info jne pengiriman hewan kucing

    ReplyDelete