Tuesday, 14 June 2016

Kaki Burung Keseleo, Jamuran, Bengkak, Patah, Luka dan Kaku

Kaki burung bengkak


Kaki Burung Kaku dan Keseleo

Untuk mengobati burung yang hanya kaku dan keseleo kita dapat menggunakan minyak gpu yang dapat di beli di apotek atau di warung-warung, caranya  diolesin saja minyak gpu tiap malam pada yang keseleo, sambil diurut pelan-pelan, habis itu jangan lupa di krodong, pengalaman saya dalam sebulan bisa sembuh yang penting telaten dan sabar.

Megobati Kaki Burung Bengkak

Kemudian untuk kaki burung yang bengkak biasanya karena nyamuk, sehingga sebaiknya kalau malem kita kasih krodong secara rutin untuk melindungi dari gigitan nyamuk. Selain itu saya pernah punya burung kenari yang kakinya bengkak, untuk bengkaknya saya mengolesi kakinya dengan minyak tanah / minyak kayu putih / minyak tawon, kemudian memberinya daun binahong yang digantung seperti biasa kalau kita memberinya sawi.

Mengobati kaki Burung Jamuran

Ada juga yang kasus kaku burung jamuran seperti gambar di bawah ini, untuk kaki burung yang jamuran ini kita harus segera mengobatinya karena bisa menular ke jari/kaki sebelahanya.

Kaki burung jamuran

Nah cara pegobatan kaki burung yang jamuran pertama kita dapat mencuci kakinya dengan air hangat terlebih dahulu, kemudian selanjutnya meneteskan obat kaki burung. Dan kalau ternyata sudah terjadi  peradangan kita dapat menambahkannya dengan antibiotik (spektra). Harga obat kaki burung ini sekitar Rp 25.000, kalau di daerah Bali belinya di Jln vetran setelah pasar burung satria, pas depan patung sebelum ke patimura (kios pojok). Dan pastikan burung masih rakus makan karena itu tandanya burung masih sehat dan punya harapan.

Obat jamur kaki burung

Dan kalau ternyata obat jamur kaki burung tersebut tidak dapat ditemukan di daerah kita, kita dapat menggantinya dengan saleb 88 yang dapat kita temukan di warung-warung yang biasa digunakan untuk mengobati jamur pada manusia.

Selain itu kita juga dapat mencobanya dengan sering menyemprot kaki yang berjamur dengan air dan kemudian menjemurnya.

Mengobati Kaki Burung Patah & Luka


Merawat kaki burung yang patah





Menyambung kaki burung patah

Cara nya adalah untuk kaki burung yang patah sebelum dibungkus kita tidak perlu memberinya obat apapun, namun selama proses penyembuhan pastikan memberinya mineral yang cukup dan mengandung kalsium.

Untuk menghindari patah kaki disarankan pada dasar kandang diberi alas seperti karpet merah, karena burung yang belum jinak masih grabakan kadang kakinya terselip diantara jruji alas kandang yang memungkinkan patahnya kaki burung.

Cara Pengangan Kaki Burung Lainnya

Untuk merawat kaki burung yang bengkak kita juga dapat mencoba dengan merebuskan daun sirih merah sampai mendidih dan tunggu sampai hangat-hangat kuku, kemudian semprotkan pada kaki burung yang bengkak.

No comments:

Post a Comment