Thursday, 16 June 2016

Kecemasan Berlebihan Terhadap Kematian


Bunga Sakura Japan

Tenang bro, gambar di atas bukan gambar surga, karena kenyataan kita masih di bumi. gambar di atas adalah pemandangan di dekat rumahnya doraemon, hehehe.

Memang ada orang yang takut akan mati, setiap hari, setiap kegiatannya selalu diteror / dihantui kematian setiap detik, setiap menit, setiap jam, bahkan saat tidur sering mimpi buruk. Kecemasan terhadap kematian adalah semacam delusi, ketakutan berlebihan akan sesuatu yang menimpa kita dalam hal ini kematian.

Biasanya bagi penderita sering mengalami sakit kepala migrain dan seringnya ada hubungannya dengan penyakit lambung seperti asam lambung sehingga tak jarang memicu muntah dan akhirnya tambah memicu kecemasan dan kepanikan, banyak orang menyebutnya dengan anxiety dan panic attack.

Selain itu juga ada yang dibarengi dengan nyeri punggung, sakit dada dan tiba-tiba sesak napas, banyak yang mengira ini hanya perasaan saja namun bagi penderita ini benar-benar terjadi, sering juga menyalahkan makanan sebagai pemicunya padahal makanan tidak salah apa-apa yang ada adalah pikiran yang kacau.

Kadang juga jantung kayak kaget gitu tapi setelah itu muncul keringat dingin, perasaan takut mati, Perasaan takut masuk rumah sakit, Cemas dan takut tidur, Dasar penyakit yang aneh. Banyak yang mengira bahwa mereka terkena serangan jantung dan sering bolak balik ke UGD, namun sampai di UGD badan segar dan bisa ketawa akhirnya diketawain sama dokternya dan disuruh pulang. selanjutnya kita cuma bengong seolah-olah berasa amnesia apa yang terjadi ya....

Juga tidak jarang mereka berpikir apakah saya sudah gila dan perlu ke psikiater atau psikolog dan minum obat penenang selamanya??? serta membawa alprazolam atau xanax di dompet biar aman, namun akhirnya alprazolam tidak tersentuh sama sekali bahkan sampai remux di dompet saking lamanya, dan yang pasti kita merasa aman kalau sudah membawa jimat alprazolam ini.

Banayk yang akhirnya mencari-cari informasi di internet dan menemukan gejala yang sama dengan orang orang yang  menderita jantung, Gerd dan asam lambung, alhasil mereka memfonis bahwa dirinya terkena penyakit yang sama dan gabung di dalam grup penderita penyakit tersebut, karena ciri-ciri gangguan penyakit tersebut hampir sama. Apalagi jika jantung berdebar pikiran langsung parno mati, sudah di EKG 5X, ECHO 3 kali, cek paru dan foto paru, cek darah tiroid, bahkan tes HIV, semuanya mantap dinyatakan badan sehat tapi kalau kumat sanya seperti pengen lari sekenceng-kencennya, pengen teriak, pengen loncat, pengen manjat dll.

Nah, kalau kita terjangkit penyakit kecemasan yang demikian maka kita harus memahami bahwa hakikatnya semua yang hidup di dunia ini bakal mati, mau tidak mau pasti mati. Mau kaya miskin, tua muda, sehat sakit, normal dan abnormal semua pasti mati jika sudah waktunya. So jangan risaukan mati karena Tuhan selalu bersama kita. Keep positif thinking.

Sensasi takut mati biasanya menghinggapi mereka yang telah lama sakit-sakitan dan merasa pesimis untuk sembuh, atau sakit tapi tidak sembuh-sembuh bahkan di bawa ke rumah sakit tidak ditemukan penyakitnya. Hal ini bisa jadi karena pikiran alias penyakit stress yang berkepanjangan sehingga menyebabkan frustasi serta mengarah ke depresi sehingga menurunkan semangat hidup penderita.

Gangguan kecemasan terhadap kematian ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun kalau tidak segera diobati, dan penderita merasa penyakit takut mati ini tidak hilang-hilang. Apalagi setiap mendengar berita kematian, melihat gambar keranda, pocong, dsb. pasti langsung kepikiran dan badan menjadi gemetar luar biasa.

Dan biasanya mereka merasa sensasi makin hari makin bertambah. Bahkan uang sudah terkuras banyak untuk berobat kemana-mana. Berasa hidup sudah kaya ga nyata, dan disitu sudah mulai putus asa karena percuma berobat gak ada hasil. Habis itu terakhir karena sudah tidak punya uang untuk berobat, serta pesimis akhirnya mereka pasrah, eh setelah pasrah malah SEMBUH!!!.

Untuk yang masih terjangkit penyakit ini, berobat itu perlu sebagai upaya ikhtiar, karena setiap penyakit pasti ada obatnya, bahkan ada yang sampai diruqiyah, karena takutnya ada pengaruh dari bisikan makhluk astral. Namun untuk penyakit semacam ini saya kasih tahu saja kuncinya ada di di dalam diri sendiri!

Yakin sembuh, yakin sehat. Serta alihkan ke hal yang positif serta jangan sering mencari postingan orang lain yang mengeluhkan penyakit yang sama karena bisa jadi malah kita semakin merasa aman mempunyai teman banyak yang senasib tapi membuat kita terjebak dan tidak melakukan perubahan. Bacalah tulisan-tulisan yang memberi semangat motivasi. serta lakukan kegiatan yang tidak membuat stress.

Jangan sampai kita terpenjara dengan ketakutan dan kecemasan, karena mau sampai kapan? gak bisa nikmatin hidup, apa kita gak iri lihat nenek-nenek / kakek-kakek setua itu masih bisa beraktifitas tanpa takut ini takut itu. Hanya ada satu yang pasti di dunia ini yaitu kematian, dan yang terpenting adalah kita bersiap diri sebelum waktunya tiba dengan mengumpulkan bekal InsyaAllah hati tenang.

Banyak hal tentang ini yang dapat saya tuliskan dan pasti tidak ada habisnya bro, puanjang banget hal yang harus dilalui, karena saya juga mantan alumni, dulunya sering kumat hilang kumat lagi hilang, apalagi kalau sedang banyak tekanan dan stress atau sedang kecapean, namun pada akhirnya hilang sempurna.. kwkwkw :D

Silakan konsultasikan keadaan Anda melalui komentar di bawah , mungkin ada solusi yang dapat saya kontribusikan.

No comments:

Post a Comment