Friday, 3 June 2016

Mengobati Kelinci Sakit & gak mau makan

Beberapa hari lalu kelinci saya ada yang hamil namun tidak seperti biasa karena menurut kawan saya yang terlah berpengalaman memelihara kelinci hamil normalnya malah makan rakus dan baru tidak nafsu makan setelah hampir beranak, nah ini baru dikawinkan satu minggu yang lalu tapi kelihatan bermalas-malasan serta kurang lincah.

Atau mungkin beda-beda ya? ada yang ketika hamil nafsu makannya bertambah dan ada juga yang ketika hamil nafsu makannya malah berkurang. Namun ada beberapa juga dari pengalaman teman-teman sesama pecinta kelinci bahwa walaupun kelincinya malas makan tapi sehat sampai lahiran dan setelah lahiran baru rakus makannya, sehingga untuk kelinci yang tidak normal tingkah lakunya perlu dilakukan pemantauan agar tetap sehat.

Atau juga hilang nafsu makan kelinci disebabkan oleh kembung, dan jangan sekali-kali memberinya tolak angin, karena ada pengalaman beberapa temen saya malah kelinci nya jadi mati. Nah untuk mengatasi kembung pada kelinci cukup dengan memberinya jus pepaya.

Dan karena kelinci adalah binatang yang peka yang menyebabkannya mudah stress, kurangnya nafsu makan pada kelinci juga dapat disebabkan oleh stress tersebut, nah untuk mengatasinya kita dapat mencoba memberinya buah pisang, beberapa potong saja, untuk jenis pisangnya bisa  pisang apa saja asalkan manis.

Kenapa kita mengasih pisang? pisang dapat membuat kelinci lebih tenang dan untuk mengecek nafsu makannya serta pisang dapat memperbaiki sistem pencernaannya, kalau pisang ternyata habis dilahap kelinci kemudian kita coba amati kotorannya, kalau ternyata nafsu makannya bagus dan buang kotorannya bagus berarti kelinci tidak sampai kembung dan tidak apa-apa, namun tetap perlu dikontrol termasuk kebersihan kandang.

Kelinci juga merupakan binatang yang suka minum, untuk itu kita juga harus selalu menyediakannya air minum yang cukup, misalkan kita menggunakan nipple dot kadang kelinci belum tau untuk mengambil minum dari sana, maka kita perlu memberitahunya dan mendekatkan pada kelinci nanti mungkin selama 2 hari kelinci akan dapat minum dengan sendirinya setelah mencoba untuk mengenalinya.

Untuk makannya karena kadang mencari rumput susah, kita juga dapat menggantinya dengan voer ayam namun untuk kasus ini jika masih ada rumput mendingan dikasih rumput saja lebih aman, karena pur ayam mengandung protein tinggi sesuai penelitian saya kelinci tersebut akan cenderung kanibal terhadap anaknya karena pur ayam ada kandungan hewaninya seperti tulang hewan yang dihaluskan.

Nah untuk mengganti pur ayam tersebut, kita dapat menggunakan dedak sama polar, atau tepung jagung biar aman. atau dedak campur bama dan nasi untuk kelinci saya makannya lahap betul.

No comments:

Post a Comment