Wednesday, 1 June 2016

Kenapa putih telur sering tidak digunakan untuk kue kering?

Putih telur dapat membuat kue menjadi lebih keras namun ada beberapa kue yang justru malah  menggunakan putih telurnya saja sebagai salah satu bahan pembuat kue seperti kue lidah kucing, itulah mengapa kue lidah kucing keras dan renyah, namun untuk  kerenyahan kue telur kucing ini bukan didapat dari putih telur tapi di dapat dari mentega, mentega juga membuat kue menjadi lebih lembut untuk mengimbangi fungsi dari putih telur.

Selain itu jika kita menggunakan putih telur untuk membuat kue maka dapat menyebabkan kue menjadi terasa tidak terlalu gurih, ini berkebalikan dengan kuning telur yang mengikat rasa dan membuat kue menjadi lebih renyah setelah dipanggang. itulah mengapa biasanya penggunaan putih telur dan kuning telur selalu dipisahkan karena masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda.

untuk memisahkan antara putih telur dan kuning telur sangat mudah, kita hanya cukup menggunakan telapak tangan, dengan cara kita pecahkan telur di atas telapak tangan dan menggunakan sela-sela jari kita sebagai penyaring sehingga kuning telur masih berada di tangan sedang putih telur jatuh ke dalam wadah yang berada di bawah.

Namun ada beberapa kue yang memang sengaja menggunakan putih telur sebagai bahan untuk membuat kue tersebut diantaranya :

Banana Cake putih telur
Meringue
Angel Food cake moka
Cake Zebra Putih telur
Bolu putih telur
Bolu marmer putih telur
Broni putel (putih telur)
Dan masih banyak kue kering lainnya yang memakai putih telur.

Putih telur pada pembuatan kue juga membuat kue menjadi lebih kering dan memiliki tekstur seperti cake. Kue-kue yang menggunakan putih telur kebanyakan mempunyai rasa yang manis sekali seperti kue lidah kucing dan macaroon karena menggunakan banyak ekstra gula, fungsi memperbanyak ekstra gula adalah agar memperbaiki/mengurangi kemampuan putih telur dalam mengeringkan kue.

No comments:

Post a Comment