Tuesday, 21 June 2016

Memasak Okra untuk Diabetes dan Kolesterol

kacang lendir okra
Kacang lendir okra

Siapa sangka Kacang lendir / okra mempunyai khasiat untuk kesehatan, diantaranya sebagai obat kolesterol, diabetes, asam lambung dan asam urat serta menstabilkan tekanan darah. Saya juga baru tau trnyata banyak manfaat kalau mnum infusewater okra.

Sebelumnya setahu saya cara mengolah okra untuk kesehatan adalah dengan di iris-iris kemudian di rendam malamnya (rendamnya bisa di dalam gelas atau wadah lain), terus pagi diminum. Paling enak kalau dingin.

Atau setelah okra di potong-potong kemudian dimasukkan ke dalam tabung air yang tertutup dan di masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 3 - 4 jam, nanti berlendir. Kemudian diminum sampai habis, terus bisa lagi okranya di kasih air lagi, bisa sampai 2x minum. Kalau isi ulang gak perlu simpan kulkas, khan pada hari itu juga paling abis terus mau nambah lagi tinggal isi lagi, kalau sudah semakin berlendir enak loh kayak minum jelly,  Rasanya tawar tapi seger dan enakkkkkk,,, hehe,,,

Tapi ada juga yang gak terlalu suka sama rasanya, karena rasanya tawarr, dan pas minum ada lendirnya gimana gitu ditahan tahan biar bisa nelan, hehehe. Sambil merem minum nya, atau di rebus setengah matang terus makannya dicocol sama kecap atau sambal gitu saja juga bisa, tapi kalau di rebus utuh ya jangan di potong biar lendir nya tidak kemana mana dan katanya resep ini juga bisa menurunkan berat badan.

Kalau di kami mah okra yang warna hijau dijadiin sayur aja itu enak sayur bening pakai asem.dicuci bersih yang tajamnya dibuang, lalu dipotong-potong. Tunggu air mendidih ceburin pakai kentang dipotong dadu. Bumbunya cuma bawang putih aja dikeprek dan bawang merah serta cabe diiris-iris sudah begitu aja.

Atau ditumis dengan udang atau ikan teri juga enak, atau buat campuran kare ayam. Kalau di arab saudi okranya itu mahal mereka tumis campur saos sama roti tawar. Kalau di Malaysia panggil nya kacang bendi, enak untuk campuran masak asam pedas/ kari.

Tumis Okra
Tumis Okra dan Udang

 
okra tumis teri medan
Okra tumis sama teri medan


Dulu itu saya pernah punya okra dulu dikasih sama temannya ayah saya, lupa namanya cuma dikasi tau kalau itu mahal, sekilo Rp 60 rb. Begitu ditanam lah gak ngerti yang dimanfaatkan itu apanya. Kata ayah saya bijinya disangrai dijadikan bubuk kayak kopi, ya udah bijinya ngumpul sekilo lebih tapi gak berani nyoba takut kalau beracun sementara orang-orang sekitar juga pada gak ngerti itu tanaman apa, ya uda akhirnya kubuang saja. 

Tapi ada yang tumbuh lagi, buang lagi begitu seterusnya sampai punah itu pohon baru ngerti kalau itu okra. Tau gitu dulu saya tanem di polybag saja ...hihihi lumayan nanti kalo panen ampe tua bisa buat bibit lagi, buat orang yang membutuhkan karena ada beberapa daerah katanya susah beli okra.

Jadi cara menaman okra khan ada bijinya tu, tinggal sebar aja ke tanah, kalau enggak sisain sepotong okra yang msh ada bijinya taroh di tanah, rajin sirami aja sampe dia sudah berbatang kuat; kalo dah berbatang dia bisa di "biarin", bisa hidup sendiri.


infuse water okra
Infused water okra

Okra
Okra

No comments:

Post a Comment