Thursday, 16 June 2016

Mengembalikan CNAME Blogspot yang Hilang atau Terhapus

CNAME blogspot

Kejadian ini baru saya alami beberapa hari yang lalu ketika saya mau mengarahkan blog saya ke sebuah domain.

Domain saya ini sebenarnya sudah mempunyai host di hostgator dan sudah menjadi sebuah situs namun karena saya nilai situs tersebut jarang ada pengunjung juga dompet yang menipis dan tidak ada uang lagi untuk sewa hosting sehingga saya harus membangun ulang dengan tema website yang lain menggunakan blog gratisan dalam hal ini saya beralih ke blogger.

Host                                     Points To
www                                    ghs.google.com
auhr33jdt3wo                       gv-asrstfowyyxze72.dv.goooglehosted.com

Pertama saya setting di blogger berjalan dengan lancar dan domain mengarah ke blogspot.

Namun di hari kedua saya tidak yakin dengan perubahan yang saya lakukan sehingga saya berinisiatif untuk mengembalikannya ke hosting yang lama di hostgator. Malamnya saya tidak bisa tidur dan kepikiran saya harus mengubah tema kalau mau domain tersebut berkembang.

Akhirnya saya balik lagi ke blogspot. Nah setelah saya mau mengembalikan, saya buka lagi dashboard blogger. Eh pas saya klik "+ Setup a 3rd party URL for your blog -" ternyata domain langsung nyantol dan tidak menunjukkan token unik seperti di atas. Alhasil muncul ketika membuka alamat blospot tersebut tidak langsung mengarah ke domain tapi muncul error :
Anda telah dialihkan

Blog yang biasanya ada di sini saat ini berada di http://www.xxxxyyyyzzz.com/.

Apakah Anda ingin dialihkan?

Blog ini tidak di-host oleh Blogger dan belum diperiksa untuk spam, virus dan bentuk malware lainnya.

Ya Tidak
Nah itu karena kita belum nyetting A record dan CNAME record. untuk A record kita sudah punya karena semuannya menggunakan IP yang sama namun untuk kode unik CNAME yang kedua Kenapa kode unik tidak muncul?? itu karena sudah terekam di google nya dan setelah kita masukkan A recordnya tersebut tinggal tunggu deh diindex kembali. selesai . dan sukses.

Namun jika kita kurang mantap dan nogotot ingin menemukan kode unik token CNAME  kedua tersebut ada caranya selain "www                                    ghs.google.com" tidak bisa muncul.

Kalau dipasang domain lain muncul, tapi kalau dimasukkan domain yang pernah dipakai dulu tidak muncul dan langsung oke saja.

Nah sebenarnya tidak masalah kita cukup masukkan saya A recordnya yang dulu yaitu

216.239.32.21

216.239.34.21

216.239.36.21

216.239.38.21


Masuk saja google webmaster console. dan klik Verification Detail


Maka beres deh tinggal memasukkan saja token unik tersebut kembali.

No comments:

Post a Comment