Sunday, 19 June 2016

Cara Mengolah & Menghilangkan Rasa Pahit pada Bunga Pepaya

Bunga Pepaya

Pertanyaan dari seorang Bunda "Maaf Bunda mau tanya cara mengolah bunga pepaya ini gimana ya? soalnya seumur-umur baru kali ini mau masak bunga pepaya???"

Berikut sharing bagaimana cara mengolah dan cara agar daun pepaya tidak pahit. Karena hal pertama yang perlu dilakukan adalah menghilangkan rasa pahitnya terlebih dahulu.

  1. buat ngilangi paitnya di uleni pakai garam, caranya Digerus pakai garam terus dicuci sebanyak 2x. Untuk mengolahnya kita bisa tumis, tumis pake teri medan kasih cabe rabit yg banyak muantabbb pake bawang bombay lebih sedap bun,, atau dioseng sama kangkung pedas-pedas enak banget tu bund.

  2. petiki kuntum-kuntumnya, terus rebus dengan air garam sampai keluar busa2 kotornya lalu bilas, nah tinggal dimasak sesuai selera, kalau saya tumis bawang putih & merah + daun salam dan jeruk sampai harum, masukkan teri medan yang udah digoreng dulu, cabe rawit yang banyak, masukkan daun kangkung/pakis, bunga pepaya, beri bumbu masak, dah jadi sayur bunga pepaya ala menado.
     
  3. Kemarin rewang tempat tetangga dikasih tips biar gak pahit, caranya direbus sebentar sama daun kemuning (Daun bunga kemuning yang bunganya warna ungu bentuk daunnya agak memanjang lancip), Baru ditiriskan dan ditumis sesuai selera. Tapi daun kemuning nyarinya udah susah tuh bun ditempatku, jadi diganti daun jambu biji atau singkong, daun luntas atau asem juga gak pait koq.
     
  4. direbus dengan asam bun. tapi merebusnya harus benar2 mateng/empuk ya bun biar gak pahit. setelah itu dicuci lagi sebelum ditumis.
     
  5.  Kalau suka pait ya langsung di tumis aja bun bunganya. Tapi kalau gak suka pait ya di rebus dulu pake daun buah kedondong biar paitnya ilang baru deh di tumis.
     
  6. Direbus dengan garam + asem jawa. Sudah itu cuci bersih. Pasti ga pahit.
     
  7. Ngilangin pahitnya aku pakai garam sama daun jambu biji yang muda bun, diremas2 gitu. Di cuci terus direbus sama daun jambu biji nya tadi, dijamin gak pahit
     
  8. Direbus dulu bun , campuri daun jambu biji dan daun singkong biar gak pait, habis direbus tiriskan terus dibikin tumis
     
Tinggal dipilih bun, pakai cara yang nomor berapa, di kombinasikan juga lebih bagus.

Sebagai tambahan untuk menghilangkan pahitnya menggunakan garam saya rasa cukup di remas2 saja pakai garam. gak usah di rebus dan langsung di masak sama bumbu, karena kalau direbus kelihatan kurang seger gitu bund. Tapi sekali lagi ini sesuai selera, kalau suka direbus boleh juga.

Yang dimasak adalah bagian Bunganya saja bun, diambilin kuncup-kuncup bunganya, yang hijau juga diambilin tapi yang sudah mekar ku buang. Kesukaan ku, kalau nggak di santan, dahh tumis aja pake ikan asin campur dikit daun singkong atau pakis hijau , nendanggg.. mantap bun...atau emang pling jos di tumis pedas..

Tumis Bunga Pepaya

No comments:

Post a Comment