Monday, 13 June 2016

Mengobati Parasit Kutu Kambing Secara Tradisional & Alami

Kambing

Kambing yang banyak kutunya alias tumo bisa menyebabkan kambing kurus bahkan baunya tidak karuan. Untuk mengatasinya ada beberapa cara menurut kawan-kawan peternak kambing. Tapi yang pasti kalau mau repot kutunya bisa dipetani kali ya :) . atau disisir sama serit.

Nah untuk mengatasi kutu kambing tersebut ada beberapa cara yang dapat dicoba diantaranya :

1.Di mandiin pakai deterjen/sabun colek/rinso, namun bahan ini saya nilai kurang tepat karena panas kasihan kambingnya, lebih baik pakai peditox obat kutu manusia biar kutunya rontok.

2. Ada juga yang menyarankan menggunakan Rizotin, Marshal, Rizotin, Arirvo atau Dursban yaitu insektisida merupakan pestisida pembunuh serangga hama tanaman, namun lagi-lagi menurut saya cara ini juga tidak masuk akal takutnya kambing malah keracunan.

3. Ada juga yang kambing nya di kasih kapur ajaib yang sudah dihaluskan atau menggunakan  bedak salicyl dicampur kapur semut. Kemudian ditaburkan kekambingnya setelah kambing dimandikan dengan sabun colek.

4. Yang paling masuk akal adalah Jaga kebersihan kambing nya...!! di mandiin di sikat pake sampo, seminggu sekali keluarin dari kandang biar gerak. Jangan lupa kandangnya di semprot juga dibersihkan

5. disuntik dengan APL (anti parasit luar) seperti wormectin atau intermectin dimasukan ke subkutan diternak dg dosis 0.5/10kg, dan ditambah dengan beli vaselin di apotik atau salep kudis/kurap buat manusia lalu campur dengan wormectin, dioleskan ke bagian yang parah. Dan menurut beberapa pengalaman kawan yang kambingnya kutuan kemudian dimandiin pake APL tanpa bilas. kutu besoknya di liat pada kering.

6. Obati menggunakan menggunakan kututox-s (harga sekitar Rp 5000 per botol) obat kutu serbuk untuk hewan yang dilarutkan dengan obat gurem/mreki. Selain itu juga kita dapat mencoba menginjeksi suntikan Ivomec (Obat kudis hewan) . Ada juga yang memakai Kudix namun bau belerang luar biasa.

7. Menggunakan cara alami Ambil daun gamal, daun sirsak, parutan singkong. Smua bahan dicampur buat mandikan. atau bisa juga mandikan dengan rebusan daun jarak atau mindi. 

8. Pake daun sukun kalau mau yang herbal, daun sukun diremas/dihaluskan dicampur dengan air kambing/domba dimandikan terakhir setelah selesai kambing disiram dengan air daun sukun. Cara dengan bantuan ramuan haluskan belerang tambahkan kapur dengan perbandingan 1:5 tambah minyak goreng dan oles pada kambing yang kena kutu harus rutin tiap hari.

Dan paling baik adalah membeli obat kutu khusus untu khewan.

Setelah tindakan-tindakan itu semua dilakukan, tinggalkan kebiasaan lama, Kandangnya panggung tapi cemendil (limbah ternak kambing/limbah padat) dibawah panggung ndak pernah dikeruk ya podo bae, karena bisa menadi rumah kutu. Sehingga alangkah baiknya cemendil selalu dibersihkan dari kolong dan dibuatkan wadah tersendiri. 

Demikian mungkin ada yang menambahkan silakan di komen. 

No comments:

Post a Comment