Wednesday, 22 June 2016

Nada Senar Kentrung / Ukulele, Guitalele dan Gitar

Ukulele Club
Ukulele Club

Gini gan, ane punya ukulele tapi gak bisa cara nyetemnya, ane pengen itu suaranya biar bisa merdu seperti yang digunakan oleh pengamen itu, apa mungkin senarnya beda ya gan atau ukulele nya yang beda?

Karena yang saya tahu itu cuma nyetem dengan tuner, yang ada di toko-toko alat musik, kemudian stemnya Nada pada senar pertama (yang paling bawah) itu nada A tinggi, senar kedua nada E, senar ketiga nada C rendah, senar keempat (yang paling atas, yang paling dekat ke wajah) itu nada G tinggi.

Terus apakah chordnya sama dengan chord gitar ya? kata temen saya kalau yang ukulele baritone sama kaya gitar, cuma senar 5 & 6 gak ada. Tapi menurut saya khan kalau senar gitar urutan nadanya E-A-D-G-B-E sedang ukulele A-E-C-G, pasti beda donk, yang dimaksud sama mungkin kalau cari chord lagu di internet chordnya sama tapi pengaplikasian penjarian di ukulele tentu secara logika beda.

Kata temen aku dulu dia malah pakai senar pancing yang gedhe atau kalau gak pakai senar raket, ini bener gak sih gan? memang bisa digunakan untuk senar ukulele? atau beli senar di toko alat musik ada kali yang juar senar.

Atau kalau diganti sama senar gitar gimana ya? mungkin bisa juga ya tapi susah nyetemnya.

Mau beli lagi tapi mendingan yang budget berapa ya kira-kira, terus tempat jual ukulele di jogja dimana ya gan? tapi saya rasa di malioboro ama di prambanan ada harganya gak sampe 150rb. Harganya ukulele bervariasi memang kalau kata temen aku yang standard kan biasane Rp 75 rb, tapi ada juga di prambanan yang Rp 125 rb. Kalau Imogi Ukuleles dari Pelem Ukulele yang diinternet-internet itu malah ada yang jual harganya sampai 700 rb.

Memang harga ukulele bervariasi tergantung tergantung bahan dan ekslusifitas nya. Tapi kalau yang harganya 60 rb itu bisa dikatakan ukulele gak sih??? Menurt ane sah sah saja, yang penting senarnya 4 atau 3 karena kalau 6 itu adalah gitar.

Terus agan pernah denger juga gak yang namanya guitalele? khan tadi ane lihat guitalele khan senar guitalele 4 yang bawah kayak ukulele ditambah 2 senar atas A-D. Terus kuncinya hampir mirip ukulele, tapi kok kata temen ane guitalele itu kaya gitar cuma beda ukurannya ya? tapi apakah guitalele ini bisa di stem kaya gitar gitu ya? Ah entahlah.

Tapi menurut ane guitalele itu steman normalnya bisa dibilang kayak ukulele, cuma ditambah dua senar di atas jadinya, A-D-G-C-E-A (dari atas ke bawah) dan kalau mau di stem nada sama kaya gitar E-A-D-G-B-E nanti senarnya terlalu kendor.

O iya, ternyata ukulele juga ada yang senarnya 6 lho, tapi itu ngga sama kaya guitalele, tapi yang ada senar di dobel di no.1 dan No. 3 jadi sekali pencet langsung dua senar yang kena, Jadi pada dasarnya sama kaya ukulele lain yang 4 senar nadanya G-C(dobel beda octav)-E-A(dobel).

No comments:

Post a Comment