Thursday, 23 June 2016

Ongkos Berbagai Jalur ke Rinjani

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

Gunung Rinjani tidak ada liburnya, bahkan selama lebaran masih buka tapi ongkos porternya 2x lipat. Untuk porter tidak wajib tapi kalau mau aja dan aman juga meringankan beban, tapi sedikit menguras dompet.

Ongkos kalau dari Bandara Lombok ke Sembalun gak habis 150rb rupiah.

Sementara kalau dari jawa tengah siapan saja ongkosnya sekitar 1,5 jt. Namun lagi lagi ini tergantung mau pakai akomodasi apa?. Kalau pakai bus siapin biaya kurang lebih 700rb bolak-balik jateng - lombok. Ntar dari terminal naik angkutan umum menuju gerbang pendakian. Siapkan juga buat bayar tiket masuk 5 rb / malam. Ya memang kurang lebih harus siap 1, 5 jt -2 jt an.

Kalau dari Jakarta ke Rinjani sekitar 2jt - 2,5 jt. Itupun estafet, habis naik Kereta Api naik bus, lalu naik pick-up. Bonusnya ke Gili Trawangan serta ke pantai Senggigi.

Kalau dari Jogja Nih rute dan rincian biaya dari jogja ! Dari jogja naik kereta tujuan Stasiun Banyuwangi baru (kurang tau biayanya) dari Ketapang - Gilimanuk via damri 60rb langsung ke pelabuhan Padang Bai, kemudian dari Padang Bai - Lembar Lombok 50rb.

Kemudian dari Lembar - Terminal Bertais 25rb pakai elf, dari Terminal Bertais - Pasar Aikmel 30rb via elf, lanjut dari Pasar Aikmel - Sembalun 25rb numpang mobil sayur/L300 itu kali 2 aja itu dah habis budget PP jogja lombok.

Jadi total ongkosnya kalau dari Jogja kira-kira 1,5 jt dan paling banter 2 jt an.

Oh ya, sdikit tambahan buat tmen-temen yang mau backpackeran dan yang akan baru pertama kali ke Rinjani numpang elf dari Terminal Bertais (Mandalika), saya sarankan kalau bisa sebelum naik elf pastikan elf yang akan teman-teman tumpangi itu yang trayeknya Mandalika-Labuhan Lombok biar gak di oper-oper ganti elf lagi sama kondekturnya, tapi tetap turunnya di pasar aikmel !

Ada juga kawan yang menambahkan kalau ada Budget dari Jogja katanya sekitar 4 jt sob, ndak bawa apa-apa cuman pakaian nya aja. Itu skaligus pakai porter, makanan dan lain nya di tanggung.

Selain itu banyak pendaki yang bertanya untuk ke Rinjani lebih baik lewat jalur mana? Senaru - Sembalun, apa Sembalun - Senaru?.

Tergantung.mau muncak dulu atau danau dulu. Kalau mau muncak dulu lebih enak lewat sembalun, itupun di sembalun ada pilihan, lewat samping pos tngr (naik turun agak berbatu dan landai dan agak lebih jauh dari pos 1) atau bawa enau (nanjak sedikit dan gabegitu jauh dari pos 1). Kalau lewat sembalun pandangan luas dan ada air di pos 2 dan plawangan sembalun dan kalau senaru lewat hutan, teduh , kalau air di jalur senaru kurang terlalu paham.

Kalau menurut saya sendiri enakan Sembalun - Senaru (Sembalun - muncak - segara anak - senaru) banyak tantangannya. Alasannya muncak dulu, setelah muncak turun ke danau segara anakan (danau kawah Gunung Rinjani). Selain itu juga Track nya agak landai.

Rinciannya :
Smbalun - senaru :
- Pos sembalun - pos 1 (pemantauan) skitar 2 jam
- pos 1 - pos 2 (tengengean) skitar 1 jam, ada air klo musim penghujan
- pos 2 - pos 3 (padabalong) skitar 1 jam
- pos 3 - plawangan sembalun skitar 4 jam, ada sumber air
- plawangan sembalun - puncak skitar 4 jam
- plawangan sembalun - danau segara anak skitar 4 jam
- segara anak - plawangan senaru skitar 3 jam
- plawangan senaru - pos senaru skitar 6 jam

Untuk syarat pendakian di Gunung Rinjani tidak serumit di Gunung Gede-Parangrango misalnya, karena kita cukup lapor dan bawa surat dari organisasi kalau tidak ada kita bisa serahkan KTP untuk dicatat di pos Senaru atau Sembalun (tergantung mau naik dari mana). Beli tiket, langsung trekking.

Sekedar informasi kalau naik gunung kalau bisa jangna sneidian, alangkah baiknya bawa teman yang udah tau rute pendakian dan lokasi sumber air bersih biar gak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk pertanyaan lainnya seputar Pendakian GUNUNG Rinjani silakan melalui form komentar.

Demikian, Tetap safety, Sampah bawa turun, Jangan kotori Rinjani, Selamat berpetualang dirinjani! Salam lestari.

Gunung Rinjani & Danau Segara Anak
Gunung Rinjani & Danau Segara Anak

Puncak Rinjani

No comments:

Post a Comment