Saturday, 25 June 2016

Pantai Ngobaran, Gunung Kidul (Ekspedisi Pure Segara Wukir) Yogyakarta

Gapura pintu masuk pure segara wukir
Gapura pintu masuk pure segara wukir

Ini pengalaman pertama saya dan teman- teman berkunjung di pantai ngobaran, perjalanan dari jogja ke lokasi pantai lumayan jauh perkiraan 1jam 30 menit sampe, tapi karena akhir pekan jadi agak macet jadi total waktu pejalanan kemaren 2 jam.

Karena belum tau arah saya berbekal google map untuk navigasi, lumayan membantu juga, cuman di pertengahan jalan sinyal hilang, akirnya saya pake jurus pamungkas liat plang penunjuk jalan dan tanya-tanya ke orang dan akirnya nyampe juga.

Untuk masuk kita di kenakan tarif RP 5.000,00, di pos tiket kita tanya- tanya tentang pure di pantai ngobaran, akhirnya disuruh ke PAK PARJAN ( MAS SUROKSO SENTONO gelar yang di beri dari kraton jogja) di dekat bale desa kanigoro, karena belum tau lokasinya dimana kita masuk dan melihat-lihat disekitar pantai, sambil nyiyapin bahan buat pertanyaan.

Waktu di parkiran saya bertemu Bapak Kadar Rismanto dan ternyata anak dari Pak Parjan, yang ditugaskan untuk menjaga Pure. Nah mulai disitu saya tanya-tanya dan diajak ke dalam Pure Segara Wukir.

Pure Segara Wukir yang berdiri pada tahun 1970an yang berupa tugu dari batu pahat yang berbahan batu andesit dan dibuka pada tahun 1990 oleh mbah kruduk/ KRATO SENTONO gelar yang diberikan dari kraton jogja , adalah tempat peribadahan umat HINDU di wilayah jogja dan sekitarnya. Bahkan sesekali Umat Hindu di Bali juga melakukan ibadah disana.

Sedangkan nama Pantai Ngobaran diambil dari kisah RADEN BRAWIJAYA 5 yang beragama Hindu juga dia membakar diri di pantai Ngobaran tersebut. Pure Segara Wukir mulai di pugar secara bertahap pada tahun 2000 - 2006- 2008- 2010- 2014 dan dialihkan ritual sembahyangnya ke tempat yang datar dan agak luas.

Ritual keagamana disana ada NYEPI, MELASTI, PURNAMA, MATILEM DAN KUNINGAN,
acara keagamaan yang besar dan baru dilakukan adalah Ritual Melasti/Tawur gung/ Labuh Laut, yaitu acara membersihkan benda-benda pusaka dan mnghanyutkan sesaji di laut, ritual dimulai dari sembahyang di Pure , dan menaruh sesaji di tugu dekat pantai ngobaran , berdoa dan menghanyutkan sesaji di laut selatan.

Ada yang unik di Tugu Pure didekat pantai ngobaran disana terdapat masjid kecil ukuran 2mx 2m dan masih menjadi perdebatan di umat hindu sendiri.

Di sebelah tugu ada prasasti candi yang dibuat oleh Sultan Sri HB, untuk Nyai Lorokidul, yang dipagar dan tidak boleh dimasuki kecuali atas ijin sultan. Di sebelah barat dari candi ada prasasti patung dewa dewa dalam agama hindu yang di bangun oleh keturunan dari raden brawijaya 5, dan di sebelah barat lagi ada tempat- tempat bertapa, di pesisir pantai yang berbatu karang terdapat sumber mata air tawar yang masih misterius.

Sekian expedisi kita di Pantai Ngobaran, semoga bisa jadi referensi akhir pekan teman-teman.

Tempat sesaji pure segara wukir
Tempat sesaji pure segara wukir

No comments:

Post a Comment