Sunday, 5 June 2016

Peralatan pancing darurat dapat ikan banyak

Siapa disini yang dulu pernah mancing nyeker, joran dari bambu, senar pakai senar layangan kadang juga dari benang jahit, kail dari kawat ban, perniti, isi steplus??? apung-apung menggunakan sandal jepit yang dipotong, dan wadah ikan tas kresek?? bandul menggunakan mimis bedel atau juga bisa menggunakan wadah bekas plembungan yang ditiup dulu waktu kecil mainan ini populer sekali.

Joran menggunakan carang pring pucukan dan jika beruntung sedikit dibuatkan joran oleh simbah dari bambu bongkot, kemudian mancingnya di sawah tempat buangan air, ikannya ikan wader pari dan kutuk.

Ikan jaman dulu masih banyak, umpan baru nyenggol air udah nyaplok,

Dan pengalaman yang tak terlupakan adalah :
  1. mancing menggunakan biting aren target dapat ikan uceng
  2. kalau pancing nyangkut atau kecantol pasti nyemplung sampai teles kebes, kemudian pulang di ureng-ureng simbok, sopo sing wes tau?
  3. Mancingnya menghadap kali, padahal pancing di lempar ke belakang ke kolam pak lurah, ketahuan lari terbirit birit sampai kejungkel-jungkel.
  4. Kalau pas pengen bab langsung saja di kali
  5. Jaring ikan pake besek
Juga tak jarang ada mitos bahwa untuk mendapatkan ikan banyak kita dapat menggunakan jimat joran dari bambu bekas bambu ukur mayat, syaratnya ndak boleh di bawa pulang ntar ganggu keluarga, dan yang penting simpan di hutan atau kalau nggak ada hutan bisa disimpan di sawah, katanya ini sangat ampuh untuk mendapatkan ikan yang besar dan banyak.

Selain itu juga tidak jarang yang menggunakan mantra mantra yang menurut saya lucu sekali malah.seperti :
  • jopa jopu abot watu gembuk susu
  •  Tekek sobo laot... Sekek langsung saot... 
  • wak peyek..iwak peyek ..iwak peyek...sambil joget om
  •  niat ingsun mancing ing papan iki. Ji..ji..ji..tus..tus..tus
  • plok......plok...... seng gede ngemplok....... sing cilik ndelok tok..... usahakan bersuara yang keras agar seluruh kolam mendengar
  • nyantolo cangkeme iwak, ojok nyantol cangkeme tunggak,!..
  • Delik deplok gede cilik pd nyaplok..

Namun demikian itu hanyalah mitos jangan sampai kita menjadi syirik dengan itu, faktor mendapatkan ikan sekali lagi adalah dengan sering praktek serta dari situ kita dapat belajar mana tempat yang banyak ikan, cara yang efektif, sehingga insting kita terasah, dan faktor keberuntungan juga mempengaruhi serta yang terpenting jangan lupa berdoa.

No comments:

Post a Comment