Thursday, 2 June 2016

Penyebab Satria FU 2009 mati kena air

Kendati Suzuki satria FU tergolong motor baru maksudnya adalah motor keluaran baru dan jarang menjumpai trouble tapi ada juga beberapa kawan yang menjumpai masalah seperti mesin  motor mendadak macet ketika terkena air hujan, apalagi waktu lewat banjir , tentu hal ini membuat kita menjadi kesal.

Oleh sebab itu kita perlu mengetahui berbagai penyebab kenapa Mesin Satria FU mati ketika terkena air, tentu banyak penyebabnya, namun yang pasti ini akibat dari air karena sebelumnya dari pengapian dan kelistirkan berjalan normal.

Atau mungkin juga aliran listrik yang ke busi bocor atau tidak ada api sama sekali, kita dapat mencoba mengechecknya dengan cara melepaskan karet kabel cangklong yang dari koil ke busi kemudian menempelkannya pada mesin , kemudian menstarter, kita lihat percikan api yang keluar apakah ada apinya atau tidak. kemudian kita perlu mengisolasinya dengan seal tip listrik dari atas sampai bawah. Sampai langkah ini biasanya mesin macet ketika kena hujan sudah dapat diatasi.

Kadang juga motor macet dapat terjadi karena pemasangan bagian motor yang kurang kencang seperti pemasangan karet karburator yang menghubungkan baik antara karburator dengan blok silinder ataupun karburator dengan filter udara. Kalau ini terjadi kita dapat memeriksa clamp pengencangnya apakah sudah terpasang dengan benar, kuat, dan pas ataukah belum. Selain itu juga karburator dapat kemasukan air, ini biasanya terjadi pada motor yang dikendarai oleh anak-anak muda yang suka melepas bagian filter udara.

Namun masalah yang paling sering terjadi adalah kita sering tidak pernah mengamati ada bagian penting yang tidak pernah kita perhatikan yaitu dibawah manipol knalpot ada lobang kecil yang terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

Lubang pembuangan air dari busi

Nah lobang itu fungsinya adalah untuk membuang air yang tergenang di ruang busi agar dapat meluncur ke bawah, cara membersihkannya kita dapat mencoba menggunakan kawat kemudian menusuk-nusuknya dengan sembari kita kucuri air sehingga kotoran yang ada di dalamnya bisa lunak dan keluar dari lubang, lebih baik lagi kita menggunakan kompresor untuk membersihkannya.

No comments:

Post a Comment