Monday, 6 June 2016

Transfer setor tunai beda bank berhasil tapi belum masuk

Sudah sejak lama kita dapat mentransfer uang lintas bank atau beda bank menggunakan ATM, namun bagaimana jika kita tidak mempunyai ATM dan malas untuk pergi ke Bank? tidak jadi masalah karena saat ini ada yang namanya CDM (Cash Deposit Machine) yaitu sebuah mesin setor tunai jadi alatnya mirip ATM begitu dan kita bisa memasukkan uang cash ke sana dan langsung otomatis mesin mengecheck uang tersebut dan memasukkan data nya.

Seperti waktu kita setor tunai melalui teller Bank yang biasa kita lakukan tidak dikenakan biaya administrasi, begitu juga menggunakan mesin setor tunai ini agaknya kita tidak dikenakan biaya administrasi. Juga mesin anjungan ini menyediakan untuk pecahan 50 rb serta 100 rb.

Mesin ini sangat membantu ketika Bank sedang antri dan kita ingi buru-buru, gampang dan gak ribet. Namun perlu kita perhatikan bahwa uang yang akan kita masukkan ke mesin haruslah rapi dan mulus-mulus semulus p*h* syahrini agar tidak terjadi kesalahan di dalam mesin seperti uang nya nyangkut atau kejadian lainnya yang tidak diinginkan atau uang kagak terdeteksi. Mungkin uangnya bisa disetrika dulu ya atau di gencet dengan buku, asal jangan di gencet di ketek emak-emak jaman dulu waktu kagak ada dompet.

Mesin setor tunai dan mesin ATM biasanya bersebelahan satu bilik atau satu tempat sehingga kita dapat mentransfer lintas bank dengan cara memasukkan uangnya dulu ke rekening kita dan kemudian dari ATM kita dapat mentransfer ke rekening lain seperti biasa. Karena saldo bisa langsung ke rekening kita secara langsung. Atau jika kita ingin langsung transfer ke Bank tujuan yang beda Bank biasanya tidak langsung masuk tapi menunggu beberapa waktu dulu baru bisa masuk.

Selain itu berdasarkan pengalaman dari BRI ke Mandiri harus proses 12 jam dulu karena menurut teller nya harus masuk ke BI dulu baru ke Mandiri. Karena pernah transfer tapi kok belum masuk-masuk, ternyata pas cek ke Mandiri memang sudah masuk laporan ke Mandiri tapi masih proses di BI. Demikian juga kalau kita setor di atas jam 9 malam biasanya masuk pukul 12 malam, dan katanya juga memang kalau beda bang gak langsung masuk, kadang kena kliring pada beberapa Bank yang belum support dengan Bank lain seperti Danamon misalnya bisa tertahan 3x24 jam.

Namun ada juga pengalaman dari teman-teman bahwa jika menggunakan mesin setor ini lintas bank juga bisa langsung masuk. Dan kalau ternyata belum masuk-masuk kita tunggu saja dulu mungkin lagi proses, karena saya dulu juga begitu 2 hari gak nyampai alhasil buat laporan, dan uangnya kembali dalam 7 hari kerja. Begitupun juga kalau lagi apes, karena mesin ini menggunakan jaringan sehingga kalau kemungkinan jaringan sedang bermasalahan uang kita pun bisa nyangkut sehingga kita harus buat laporan agar di proses.

Semua Bank saat ini sepertinya sudah menyedikan mesin setor tunai dari BCA, Mandiri, BNI hingga BRI, namun di tiap daerah tentu berbeda ada yang sudah terpasang dan ada yang belum dan biasanya hanya ada di kantor-kantor cabang yang besar dan itupun tertentu, atau di Mall-mall  yang besar dan di anjungan ada tulisannya setor tunai. Sebelumnya saya mengira mesin ini ada di Alfamart/Indomart yang sudah menyebar dimana-mana agar nyetornya uangnya mudah, ternyata belum ada.

Perlu diketahui juga seperti di ATM-ATM biasanya setelah kita melakukan transaksi maka biasanya langsung muncul struck.

2 comments:

  1. Kl setor tunai di ATM beda bank, bisakah?Seumpama ATM BNI , setor tunai di ATM BRI,bs kah...
    Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Brapa lama sih setor tunai mandiri ke BRI

    ReplyDelete