Thursday, 7 July 2016

Alamat Wisata Danau Situ Gede Bogor

Danau Situ Gede Bogor
Danau Situ Gede Bogor

Mari kita berkunjung ke SITU GEDE "Wisata gratis"

Di balik penatnya aktifitas kehidupan Kota, terutama Jakarta ternyata tak jauh dari situ masih menyimpan panorama alam yang masih sangat Asri dan layak untuk di kunjungi sebagai pelepas penat dan lelah, tepatnya Situ gede di Kota Bogor yang masih berbatasan dengan Kota Jakarta.

Situ Gede atau singkatnya Situ yang berarti "Danau" atau telaga, dan Gede (dalam bahasa sunda) dalam bahasa indonesia berarti "Besar".

Merupakan salah satu Danau terbesar di Bogor. Situ Gede memiliki luas 6 hektar dan di kelilingi oleh Hutan luas yang di tumbuhi berbagai jenis tanaman yang syarat edukasi dari jaman Hindia Belanda. Lengkap dengan Suasana pedesaannya. Menjadikan Situ Gede salah satu tempat wisata yang penuh pendidikan.

Selain itu tepat di belakangnya terdapat badan penelitian international hutan trofis CIFOR “Central for fondation fontery Research” dan juga Badan klimatologi cuaca yang dapat membuat wawasan kita menjadi semakin luas.

Wajar bila Situ Gede sering di kunjungi wisatawan asing dan juga sering menjadi tempat pembuatan film layar lebar atau sinetron.

Wisata alam situ gede terbilang murah, cukup membayar parkir Rp.2000/motor atau Rp.10.000/mobil kita sudah dapat berkunjung sepuasnya menikmati wisata alam Situ Gede tanpa perlu mengeluarkan biaya masuk per-orang.

Kita bisa mengajak keluarga atau pasangan, untuk makan-makan bersama sambil menikmati indahnya Danau di payungi pohon-pohon besar atau mengajak rekan bisnis untuk berdiskusi dengan udara yang segar dan tenang.

Banyak hal yang dapat kita lakukan di sini, Penelitian hutan, perikanan, meteorologi, fauna (masih di kembangkan) atau mengarungi danau dengan perahu-perahu yang tersedia, untuk perahu sendiri di kenakan biaya tambahan Rp.5.000/Seper-empat jam.

Perahu Danau Situ Gede Bogor
Perahu Danau Situ Gede Bogor

Belum puas dengan panorama Alam Situ Gede? Masih ingat dengan adegan Film hantu telaga hijau ? tak jauh dari situ kurang lebih 1 km terdapat Situ leutik dan situ burung, di daerah Cikarawang, dramaga. dua danau tersebut memiliki mitos yang sangat kuat menurut kepercayaan kampung setempat.

Lalu di mana ya Situ Gede ini !

Yang pasti dekat rumah saya, apalagi jaman masih sekolah SMP hampir

Tiap hari pulang sekolah nyebur ke Situ Gede. Sekarang giliran teman-teman yang berkunjung ke sini. Lokasinya dekat kok, tepatnya di Jl. Cifor, Kelurahan situ gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Aksesnya

Dari Jakarta : Jika Naik kereta dari arah Jakarta turun di Stasiun Bogor, Naik Angkot 03/O2/15 ke arah Bubulak Cifor, tanya saja ke supir. Semuanya pasti tahu Situ gede.

Naik Kendaraan mobil/bus : Lurus tol ke tol arah ke Bogor masuk ke Terminal Baranang Siang, Lanjutkan menuju arah Bogor Barat, atau tanya penduduk sekitar arah Situ gede cifor, Bubulak-Bogor.

Naik motor, Cukup lurus ke Bogor, sampai pertigaan Kedung belok kanan Lurus terus sampai bertemu Terminal Bubulak, bogor. Belok ke arah Situ gede, cifor. Berada kurang lebih 3 Km dari Terminal Bubulak bogor.

Sekedar catatan, Situ Gede ramai di kunjungi di hari minggu oleh keluarga, pasangan muda mudi. Sehingga kita bisa memilih jadwal liburan, apakah ingin ramai atau sepi? datanglah di hari biasa kecuali minggu, atau kitapun bisa memancing ikan gratis dengan membawa peralatan memancing sendiri.

Jika ingin lebih ramai, di sini juga terdapat tradisi kerakyatan yang di sebut NGUBEK SETU atau Menangkap ikan ramai/masal, di rayakan setiap 10 hari menjelang puasa.

Danau Situgede Bogor
Danau Situgede Bogor

Danau Situgede Bogor
Danau Situgede di Bogor

Danau Situgede Kota Bogor
Danau Situgede Kota Bogor

Asri Danau Situ Gede Bogor
Asri Danau Situ Gede Bogor

No comments:

Post a Comment