Saturday, 9 July 2016

Buah Durian Lai Khas Hutan Kalimantan

Buah Durian Lai Khas Kalimantan
Buah Durian Lai Khas Kalimantan

Di Kalimantan banyak banget macam nya durian. Kalo Musim durian. Di pinggir Jalan arah ke Hulu sungai... Berjejer yang jualan durian, kalo kita jeli... Pasti kita menemukan durian2 hutan... Saya sering ketemu Jenis durian yang macem2 ...... Rasanya berbeda beda....

"durian lai kalimantan" atau orang menyebutnya durian lai.

Dulu beli dari orang lewat seharga 25 ribu/pohon pas ditanam malah tumbuh kurus anehnya bunganya ko merah pas dia berbuah pertama terkejut kecewa dan penasaran durian apa ini, rasa kecewa menyesal beli pohon seperti ini merawatnya sampai tumbuh besar..

Bunga Durian Lai Khas Kalimantan
Bunga Durian Lai Khas Kalimantan

Ketika coba di buka dan isi buahnya berwarna kuning kemerahan pekat (orange) makin heran makin kaget 1 keluarga enggan memakanya ke saya membujuknya buat nyoba di cicipi ternyata enak manisnya luar biasa braad, " gimana rasanya sapa saya" saya bilang ga enak pengen lagi cobain aja, akhirnya 1 keluarga nyoba ngecicipinya sampai rebutan :D
"hehe curhat nii ceritanya .."


Pohon dan Buah Durian Lai
Pohon dan Buah Durian Lai

Lai rasanya memang manis banget, sayangnya aromanya sama sekali tak berbau durian, aromanya manis gitu nyengat, dagingnya ia agak kesat agak padat, jarak 5 meteran lebih ini kecium baunya kalo bunganya jatuh, buahnya juga kecil tapi manisnya enak bang. didaerah saya musim tahun ini serempak berbunga rame.

Lay, Durian Khas Bulungan di Pedalaman Hutan Kalimantan Timur, Tidak Bau Durian, Tidak Manis, Tidak Lembut, tapi banyak diburu dan dicari pecinta durian
Sekali Coba pasti ketagihan
Mau... Mau... Mauuuu....

kalo di kalimantan timur emang 'lai' nyebutnya tapi kalo di kalimantan tengah nyebutnya 'pampaan/mempaan'. Kalo d kalimantan barat ini namanya buah PEKAWAI , daun nya lebih lebar dari daun durian....rasanya lwbih enak...

Kalau orang luar menyebutnya si durio, sepertinya mungkin jarang di temui di luar Indonesia dan mereka orang luar mengenal namanya saja karena orang Kalimantan memperkenalkan ke Queensland dan satu satunya durio ini bisa di temukan pasar internasional.

Makanya mungkin juga heran seperti apa pohon dan bunganya ini, karena bentuknya bulat bisa mengira seperti pohon palem atau kelapa :D, dan saya juga tidak tahu pohon apel, kiwi atau lainya buah buahan yang termasuk orang di budidayakan oleh orang luar.

Pohon Durian Lai
Pohon Durian Lai

Buah durian lai yang belom mateng sempurna gak ada rasa, lebih enak buah yang jatuh ketimbang yang diambil dari pohon itu lebih matang sempurna. .klo yang dibeli mungkin masih muda dan ditimbun dengan trik penjualan bagi sang pedagang..

Buah Durian Lai matang yang Jatuh
Buah Durian Lai matang yang Jatuh

memang rasa durian gak dapat dibuah lai ini, tapi rasanya manis legit sedikit bertepung klo matengnya sempurna,, bagi sebagian orang yang suka rasa duren mungkin gak doyan dengan buah lai, tapi bagi yang gak suka aroma tajam durian, buah ini sangat disukai,, begitu kira2.

No comments:

Post a Comment