Sunday, 10 July 2016

Cara Memelihara dan Merawat Burung Hantu Celepuk

Burung Hantu
Burung Hantu

Untuk burung hantu yang baru di dapat dari alam liar perlakuannya berbeda dengan yang sudah jinak.

Kalau yang dari alam liar pas kebetulan dapatnya sudah dewasa perilakunya sering masih agresif dan cenderung defensif , menggigit, sehingga kita perlu melatihnya supaya dapat beradaptasi dengan lingkungan manusia.

Untuk pertama kali kita dapat memberikannya tempat yang nyaman dan gelap, seperti kita taruh di dalam kardus yang besar (seperti kardus kulkas yang di dalamnya di kasih kayu pangkringan) atau kamar yang besar gelap dan tidak banyak orang melewatinya.

Kemudian untuk makan usahakan memberikan dalam kondisi hidup-hidup, biar insting berburunya tetap ada. Dalam hal ini burung hantu makanan utamanya adalah serangga maka kita dapat memberinya makan jangkrik, atau kadangkala memberinya burung emprit atau anakan puyuh untuk kebutuhan kalsium tapi jangan keseringan karena bisa obesitas.

Juga sesekali kalau ada tikus di rumah bisa dikasihkan kalau mau.

Kalau sudah jinak tidak usah menaruhnya di dalam kandang, karena bisa menyebabkan bulunya rusak oleh sebab nabrak-nabrak kandang, selain itu burung hantu bukan merupakan burung ocehan.

Kalau takut kabur kita dapat memberinya tali di tangkringan/tenggeran (tangkringan dari kayu lebih baik karena bersifat alami), tapi usahakan yang nyaman dan tidak menyakiti, selain itu pilihlah bahan yang kuat agar tidak lepas karena burung hantu suka gigit-gigit tali.

Untuk tali kita dapat menggunakan tali perusik, belinya di toko perlengkapan naik gunung. Sekalian beli hooknya kalau ada.

Ikatan tali pastikan agak longgar serta usahakan tidak membuat ubet-ubetan, untuk kenyamanan tali kita dapat membelikan anklet atau bikin sendiri juga bisa, biasanya yang di jual anklet terbuat dari kulit asli.

Jangan sekali-kali memberinya cicak karena ada bagian organ cicak yang beracun kaya empedu ikan bentuknya.

Dalam pemberian makan kita dapat mengikuti kebiasan hewan nocturnal, kalau saya biasanya kasih makan celepuk 3 kali sehari. jam 7 sambil latih skill 7 ekor jangkrik, jam 2 malem 3 ekor sama udah subuh 5 ekor biar bisa tidur siangnya. Dan seminggu sekali kasih emprit hidup atau DOQ (Bibit burung puyuh) 1 ekor cukup sama jangkrik 4 ekor subuhnya.

No comments:

Post a Comment