Friday, 1 July 2016

Ciri-ciri Hamster Hamil & Mau Melahirkan

hamster
Hamster

Hamster mulai matang dan siap kawin kira-kira setelah berusia antara 6 hingga 7 minggu. Dan periode hamil sampai melahirkan membutuhkan waktu 3 mingguan, atau sampai 23 hari kalau gak salah. Sehingga waktu antara hamster lahir, hamil hingga mempunyai baby kira-kira 9 minggu.

Untuk memastikan bahwa hamster hamil dan mau melahirkan coba cek puting susunya, kalau sudah menonjol dan perutnya bulat itu tandanya gak lama lagi akan melahirkan.

Selain itu hamster yang mulai hamil biasanya dia lebih agresif, suka gigit, dan nakal saya temennya.

Setelah kita tahu bahwa hamster hamil, pastikan hamster cukup makanan karena kalau nggak dia bakalan berantem sama temennya dan saling gigit serta jadi kanibal termasuk memakan anaknya sendiri nanti yang dilahirkan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut saat mengetahui hamster hamil kita harus memisahkan antara jantan dengan betinanya. Juga jangan lupa ganti dulu beddingnya. Setelah ini kita cukup membiarkan saja, yang jelas kita bikin keadaan setenang mungkin. Kalau bisa taruh di tempat yang gak banyak orang lewat serta agak redup, kasih makannya sedikit agak banyak dari biasanya.

Saat hamster melahirkan, dia akan membersihkan anaknya sendiri, memotong (dan memakan) plasenta, meletakkan anak-anaknya di sarang.

Pada saat seperti ini kita sebaiknya tidak ikut campur karena hal ini malah akan mengganggunya serta jangan terlalu sering dilihat karena induk hamster akan merasa stress dan terancam, sehingga akibatnya dia akan memakan anaknya sendiri.

Untuk menambah pasokan ASI untuk induk hamster kita dapat memberinya telur rebus dan daun katuk.Dan satu lagi jangan ganti bedding sampai anaknya bisa melek dan bisa makan sendiri.

Kemudian kalau ada kasus misalnya hamster sudah melahirkan 2 minggu yang lalu, eh ternyata sekarang melahirkan satu anak lagi. Kalau dalam kasus ini kita tidak perlu memisah antara anak yang lahir duluan dengan yang baru lahir.

Karena itu bisa jadi diakibatkan oleh si induk yang kekurangan tenaga pas mau dikeluarin semua anaknya. sehingga kita cukup gabungin saja.

oh iya, kalau hamster udah gak bakat ngerawat baby hamster, sebaiknya jangan di breed/biakkan lagi, karena keturunannya akan kurang berkualitas nantinya.

No comments:

Post a Comment