Sunday, 24 July 2016

Jalan Terjal Berliku Menuju Lokasi ke Pantai Menganti di Gombong Kebumen

Pantai Menganti kebumen jawa tengah
Pantai Menganti kebumen jawa tengah

Kalau ke Kebumen jangan lupa mampir ke pantai yang satu ini. Pantai Menganti, pantai cantik dengan pasir putih dan perbukitan yang hijau. Sedikit pantai di Kebumen yang kita bisa sekaligus melihat sun rise dan sun set.

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur. Pantai ini memiliki karang terjal dengan bukit yang menjulang tinggi dibibir pantai serta pasir putih yang menawan.

Pantai ini juga sebagai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sehingga kegiatan nelayan menjadi hal lumrah di pantai ini.

Keindahannya memukau siapapun yang berkunjung ke Pantai Menganti. Perpaduan ombak, pasir putih, nelayan,bukit dan tebing hijau akan menghadirkan keindahan tersendiri.

Disebelah timur dari Pantai Menganti terdapat Pantai Karangbata yang sempit dan dihiasi batuan vulkanik purba yang berserakan. Kedua pantai ini merupakan obyek wisata bagi wisatawan yang menyukai tantangan dan sedikit risiko.

Lokasinya 7 Km dari Pantai Ayah. Untuk menuju lokasi ini wisatawan harus berjalan kaki sejauh 3 Km dari lokasi parkir kendaraan terdekat.

Bentangan datar dekat Pantai Tanjungbata begitu indahnya. Panorama alam pantai yang menawan. Kerasnya ombak Pantai Selatan tidak menggoyahkan tebing karang yang tegar ini.

Bentuk karang laut inilah yang membuat pantai ini disebut Tanjungbata karena bentuknyayang mirip batu bata raksasa.

Bila anda pernah datang ke Pantai Kuta Bali, maka anda akan merasakan kekaguman yang sama saat melihat Pantai Pasir Putih Menganti ini.

Ombak yang tidak terlalu keras membuat obyek wisata ini sangat menarik sebagai lokasi santai sambil bermain di pantai pasir putih yang lembut. Investasi di Pantai ini merupakan tantangan bagi investor yang berminat mengembangkannya.

Untuk harga tiket masuk dulu saya 10 ribu termasuk parkir.

Perjalanan dari kebumen kota ke menganti sekitar 2 sampai 3 jam, pakai sepeda motor. Pantainya di sekitar selatan Gombong.

Untuk yang belum pernah dan suka tantangan, jalan yang mau ke Pantai Menganti berliku-liku, naik turun, sempit, terjal belokan tajam dan banyak jurang serta tebing. Tapi pemandangannya sangat bagus. Oleh karena itu untuk yang ngeri karena jalannya, kalau mau kesana mending pake motor. Karena perjalanannya bikin senam jantung.

Pernah juga bawa tamu lewat pantai menganti sepanjang jalan tamu-tamu pada istighfar untung sopirnya mahir. Benar lumayan ekstrim jalannya.

Aku sendiri gak takut naik motor kesana, tapi kalau dibonceng aja aku minta turun, pilih jalan kaki kalau ditikunggan/dijalan yang nanjak banget/njrojog banget, tapi kalau sudah sampai disana aku betah, seneng banget.... hehehe.

Temenku kemarin lagi bulan 5 jatuh pas mau kerumah temen nya yang didekat pantai,, pas lagi nanjak anaknya tidur ditengah,, malah njungkel untung gak ketindihan motornya, tapi kakinya lecet-lecet & anaknya.

Letak pantai menganti dari kecamatan puring, kemudian ambil arah ke pantai suwuk, terus ke barat.. ada pertigaan ambil jalan kiri / yang lurus. ikut saja jalan tersebut.

atau bisa langsung lewat jalur selatan, perbatasan wates lewat jalan deandles ke barat tembusnya di karangbolong ke barat lagi lebih cepat dari pada lewat jalan raya. Karena sering jalan raya menuju pantai menganti macet.

Lebaran jalan menuju pantai menganti macet

No comments:

Post a Comment