Tuesday, 26 July 2016

Dongeng Cerita Singkat Legenda Rakyat Sangkuriang Tangkuban Perahu

Gambar sangkuriang dayang sumbi
Gambar sangkuriang dayang sumbi

Tangkuban perahu, siapa yang tidak kenal dengan nama ini, tentu saja ini karena legenda yang melekat pada tempat wisata ini, yakni cerita sankuriang.

Diceritakan bahwa seorang pemuda bernama sankuriang tertarik dengan kecantikan seorang wanita yang bernama Dayang Sumbi bahkan ingin menikahinya.

Namun karena Dayang sumbi setelah melihat luka dikepala sankuriang maka Dewi Sumbi menolak untuk dinikahi karena melihat luka dikepala Sankuriang tersebut.

Dayang sumbi mengetahui bahwa Sankuriang merupakan anaknya yang pergi meninggalkannya sewaktu dimarahinya karena membunuh anjing kesayangannya.

Untuk menolak lamaran tersebut Dayang sumbi meminta sarat yakni Sangkuriang diminta untuk membuat sebuah perahu beserta danaunya dalam waktu satu malam.

Permintaan tersebut dipenuhi oleh sangkuriang dengan kesaktianya Sangkuriang meminta bantuan para jin.

Ketika pekerjaan hampir selesai Dayang Sumbi meminta kepada yang kuasa untuk untuk menggagalkan pekerjaan Sangkuriang.

Akhirnya doa Dayang sumbi dikabulkan seketikas itu juga ayam berkokok, yang biasanya menandakan hari sudah mejelang pagi dan oleh karenanya Jin yang membantu Sangkuriang seketika itu juga melarikan diri karena mengira hari sudah pagi sehingga pekerjaannya pun tidak terselesaikan.

Akhirnya Sangkuriang marah dan menendang perahu tersebut hingga terbalik dan terbentuklah gunung tangkuban perahu. Memang dari kejauhan tampak gunung perahu tersebut seperti perahu yang terbalik.

Kawah Ratu, Tangkuban Perahu, Gunung Tangkuban perahu merupakan gunung yang masih aktif maka tidak heran jika terdapat banyak kawah kawah hasil bentukan erupsi dari tahun ketahun.

Ada beberapa kawah yang terbentuk antara lain Kawah Ratu, Domas, Upas, Baru, Jurig, Badag, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak, tapi tidak semua Kawah boleh dikunjungi dikarenakan ada yang mengeluarkan uap yang beracun.

Diatara kawah kawah tersebut yang paling terkenal adalah Kawah Ratu dimana kawah tersebut merupakan kawah terbesar dan merupakan kawasan yang paling banyak dikunjungi.

Kawah Domas

Merebus Telor di Kawah Domas

mudah dicapai. Namun jika Anda ingin menikmati sensasi merebus telur dari air panasnya kawah maka kawah Domas wajib anda kunjungi, namun jangan sampai melewati pukul 16.00 WIB karena untuk mengunjungi kawah Domas melewati jam tersebut diharuskan didampingi Jasa pemandu wisata.

Gunung tangkuban perahu sangat mempesona, ini terlihat sekali jika cuaca sangat cerah maka lekukan kawah akan sangat terlihat jelas berpadu kontras dengan hijaunya sekeliling Gunung yang terlihat hijau oleh hutan pinus dan perkebunan teh

Gunung Tangkuban perahu terletak tidak jauh dari kota Bandung, hanya sekitar 30 km arah utara Kota Bandung, persisnya utara kota lembang. Untuk masuk kawasan ini tiket masuk seharga Rp. 13.000,-/orang belum termasuk retribusi kendaraannya

No comments:

Post a Comment