Friday, 15 July 2016

Masih ingat? Pistol Doblis / Dopis / Dumpis, Mainan Jadul saat bulan Puasa & Lebaran

Mainan Jadul Pistol doblis
Mainan Jadul Pistol doblis

Ini mainan mengingatkan pada memory masa lampau, sangat bahagia, Indonesia banget. Biasanya pas Ramadhan pas musim puasa atau menjelang Lebaran banyak yang jualan, yang jualan di warung-warung dan dipasar-pasar . Harga pistolnya Rp 350, terus doblis nya Rp 100. hhhh...

Uang saku disekolah bela-belain gak buat jajan tapi di tabung buat beli bedil-bedilan dobles, kalau gak punya duit ambilduitnya ibuk (maaf ya buk),,, hehhe (jangan ditiru) terus belinya sembunyi sembunyi takut dimarahi. Soalnya dulu minta ibuk, tapi gak pernah dibelikan, alasanya duit e habis dinggo bayar spp.

Pistol Dobles dari Kayu
Pistol Dobles dari Kayu

Pinjem punya temen, tapi pelitnya bukan main. Minta bapak sampe nangis-nangis juga gak gelem nukokke, ya udah aku buat sendiri pake kayu terus di gergaji sama graji triplek tengahnya di  kasih paku pinus, malah di pesen konco-konco di suruh gawek ke.

Pistol Dopis dari Kayu
Pistol Dopis dari Kayu

Dulu aku nyalainnya di samping rumah tetangga cetaar ceterrr, terus dijeweri ibuk karena mbudeg i tonggo. juga gara-gara mainan ini aku sampai di setrap bu Guru. Terus kalau main di depan orang-orang pada ngobrol jagongan tiba-tiba kita pakai batu di tumpuk-tumpuk duorrr gitu habis itu dipusuhiii larii tapi puasss.

Tapi kalau pas gak punya pistolnya, tinggal doblisnya di gepuk sama batu, salah salah malah doblesnya gak mbledos tapi malah drijiku yang ketutuk atau kalau pakai pistol yang kayu jariku sampai kejepit terus melentung melentung metu banyune, dan kebledosan kadang kecipratan apinya. gitu aja udah senengnya bukan main. Selain itu juga ada aroma khas bau asap nya uenak tenan. hehe.

Terus biar suaranya nya kenceng, dobles nya di jemur dulu atau di peme disek sampai garing. Dan pasangnya di double suaranya bisa duorr kuenceng sampai karetnya putus.

Pernah juga keinget dapat hadiah lotre yang harganya Rp 25 isinya permen dele atau permen ndok cecek, dapat hadiah pistol dobles, senenge raumum.

Saya yakin yang punya kenangan dengan pistol dobles ini pasti lahir di era 80 an, jaman TK, SD (jaman masih pakai celana merah), jaman masih kanak-kanak .. hehheh.. Kalau sekarang sama kayak saya jadi kelihatan tuir banget ya. :)

Jaman dulu dengan mainan gini hidupnya tentrem ayem. Berasa jadi koboi jowo. Sekarang masih ada yang jual pistol doblis gak ya??? mainan tradisional yang luar biasa. Saat ini mungkin sudah langka.

Pistol Dobles
Pistol Dobles

Pistol Doblis
Pistol Doblis

Pistol Dopis
Pistol Dopis

No comments:

Post a Comment