Sunday, 3 July 2016

Metamorfosis Kumbang

Kumbang Dewasa
Kumbang Dewasa

Kumbang menjalani metamorfosis sempurna. Yang artinya, dalam berkembang mereka melalui 4 tahap proses yang berbeda. Proses tersebut adalah telur, larva, pupa dan dewasa. Secara Morfologi, tahap larva tidak mirip dengan tahap dewasa. Berikut ringkasan dari masing-masing tahapan tersebut :



Telur Kumbang

Telur dihasilkan oleh kumbang betina dan diletakkan dalam jumlah besar atau sendiri-sendiri. Dalam beberapa hari telur akan menetas dan kumbang muda lahir. Dalam beberapa kasus kumbang betina tidak menyediakan perawatan untuk kumbang muda dan mereka dibiarkan berjuang sendiri. Telur-telur kumbang tersebut pada umumnya diletakkan didekat atau pada sebuah sumber makanan larva yang sesuai.


Telur kumbang
Telur kumbang diletakkan bergerombol


Larva Kumbang

Setelah menetas dari telur larva yang berbentuk seperti cacing akan mulai makan. Sebagai larva yang tumbuh besar, dia melewati bebeberapa tahapan atau instar. Masing-masing instar akan berakhir dengan molting larva untuk mengakomodasi pertumbuhannya. Tergantung pada spesies, jumlah molt dapat berkisar dari sedikitnya 3 atau lebih banyak. Tubuh larva kumbang mempunyai beragam bentuk yang berbeda. Yang paling umum adalah berbentuk-C, wirewormlike, caterpillarlike and campodeiform.

Larva Kumbang
Larva Kumbang

Pupa Kumbang

Setelah mencapai instar akhir, larva berubah menjadi tahap pupa. Tahap ini berfungsi sebagai tahap transisi dimana larva menjadi dewasa. Pupa biasanya mempunyai warna pucat.


Pupa Kumbang
Pupa Kumbang

Kumbang Dewasa

Tahap akhir dari perkembangan dicapai ketika molt pupa. Kumbang dewasa baru yang muncul adalah teneral - Exoskeleton lembut dengan warna pucat. Biasanya dibutuhkan beberapa jam sebelum tubuhnya mengeras dan warna dewasa hadir.




Siklus Hidup Kumbang
Siklus Hidup Kumbang

No comments:

Post a Comment