Sunday, 17 July 2016

Rute Pendakian Gunung Gede Pangrango via Jalur Cibodas

Gerbang masuk kebun raya cibodas
Gerbang masuk kebun raya cibodas
 
Gunung Gede-Pangrango via Cibodas - Jalur Cibodas merupakan jalur pendakian gunung Gede-Pangrango paling populer yang sering saya gunakan.

Perjalanan saya dimulai dari pintu gerbang Kebon Raya Cibodas dengan ketinggian 1.425 mdpl, cukup tinggi untuk titik awal, udara pun pastinya sudah lumayan dingin, jadi saya siapkan pakaian yang cukup tebal untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Selamat datang kebun raya cibodas
Selamat datang kebun raya cibodas

Kemudian saya mengikuti jalan di samping lapangan golf, kemudian belok kiri menuju Kantor Resort TNGP Cibodas. Disini saya mendaftar dan membeli tiket masuk, cibereum water fall seharga Rp. 16.000.

Kantor TNGP Cibodas
Kantor TNGP Cibodas

Kemudian saya memulai perjalanan dengan melewati jalan setapak yang telah diperkeras, hingga kira-kira setelah menempuh jarak 1,5 km menembus hutan tropis, saya menemui sebuah danau indah yang dinamakan Telaga Biru (1.500 mdpl). sayang nya saya tidak photo.

Telaga Biru Cibodas Gunung Gede
Telaga Biru Cibodas Gunung Gede

Telaga Biru Gunung Gede
Telaga Biru Gunung Gede

Perjalanan dilanjutkan menuju Rawa Gayang Agung (1.600 mdpl) yang berupa padang rumput dengan banyak tanaman perdu.

Saya sampai di pertigaan Panyangcangan Kuda. Dari sini, saya seharusnya mengunjungi sebuah air terjun Cibeureum dengan belok kanan dari pertigaan kemudian berjalan selama 10 menit.

Pos Panyancangan Cibodas Gede Pangrango
Pos Panyancangan Cibodas Gede Pangrango

Air terjun Cibeureum sendiri merupakan tempat indah yang layak dikunjungi, ada Curug Cidendeng sebagai air terjun utama, dan 2 air terjun lain yakni Curug Cikundul dan Ciwalen.

Air Terjun Cibeureum Cibodas
Air Terjun Cibeureum Cibodas

Namun saya tidak melihat adanya pengawas di pertigaan, kesempatan ini saya pakai untuk melanjutkan naik ke puncak gunung Gede, walau pun di bulan january s-d maret jalur gunung Gede ditutup untuk umum.

Berikutnya, perjalanan dilanjutkan ke Batu Kukus (1.820 mdpl). Disini ada sebuah pondok kecil yang bisa dijadikan tempat berteduh dan beristirahat.

Batu Kukus Cibodas Gede Pangrango
Batu Kukus Cibodas Gede Pangrango

Lalu, lalu saya berjalan kembali hingga mencapai ketinggian 2.150 mdpl untuk mencapai Pondok Pemandangan. Di dekat sini, ada sumber air panas yang saya jadikan tempat bersantai dan menikmati hangat air yang suhunya bisa mencapai 50 derajat Celcius.

Sumber Air Panas Cibodas Gede Pangrango
Sumber Air Panas Cibodas Gede Pangrango

Sumber air panas dekat pondok pemandangan cibodas gede pangrango
Sumber air panas dekat pondok pemandangan cibodas gede pangrango

Dari Pondok Pemandangan, saya berjalan selama kurang lebih sejam untuk mencapai Kandang Batu atau Lebak Saat, dimana ada sumber air dan tanah datar yang bisa kamu jadikan tempat mendirikan tenda. Di kandang batu terdapat batu yang merupakan sisa letusan terakhir Gunung Gede.

Pos Kandang Batu Gede Pangrango
Pos Kandang Batu Gede Pangrango

Mendirikan tenda di pos kandang batu gede pangrango
Mendirikan tenda di pos kandang batu gede pangrango

Lanjut berjalan selama kurang lebih setengah jam dari Kandang Batu, saya sampai di Kandang Badak, yang mana merupakan titik pertemuan antara jalur menuju puncak Gede dan puncak Pangrango.

Kalau menuju puncak Gede, ambil arah kiri, sedangkan untuk menuju puncak Pangrango, ambil jalur kanan.

Pertigaan kandang badak gede pangrango
Pertigaan kandang badak gede pangrango

Dari sini, jarak menuju puncak Gede hanya tinggal sekitar 2 km lagi, dan untuk menuju puncak Pangrango, jaraknya 3 km.

Puncak Pangrango punya ketinggian yang lebih tinggi dari puncak Gede, namun tak ada pemandangan bagus yang bisa terlihat, karena puncak Pangrango tertutup pepohonan.

Pos Pendaftaran – Tarentong (15 menit)
Tarentong – Telaga Biru (15 menit)
Telaga Biru – Rawa Panyangcangan (20 menit)
Rawa Panyangcangan – Rawa Denok 1 (10 menit)
Rawa Denok 1 – Rawa Denok 2
Rawa Denok 2 – Bartu Kukus 1
Batu Kukus 1 – Batu Kukus 2
Batu Kukus 2 – Batu Kukus 3
Batu Kukus 3 – Pondok Pemandangan
Pondok Pemandangan – Air Panas (dari Rawa Denok 1 sampai Air Panas 2 jam 15 menit)
Air Panas – Kandang Batu (1 jam)
Kandang Batu – Panca Weuleuh (10 menit)
Panca Weuleuh – Kandang Badak (1 jam)
Kandang Badak – Puncak Gunung Gede (2 jam)
Kandang Badak – Puncak Gunung Pangrango (2 jam)

Namun perjalanan saya akhiri setelah melihat pemandangan kawah, sayangnya berkabut, saya belum mencapai Surya kencana, karena keterbatasan waktu, waktu sudah menunjukkan 14.30. dan perjalanan pulang adalah 4-5 jam!

Surya Kencana hamparan bunga edelweiss gunung gede
Surya Kencana hamparan bunga edelweiss gunung gede
Alun alun surya kencana gunung gede
Alun alun surya kencana gunung gede

Saya harus bertanggung jawab terhadap diri sendiri, karena ini adalah one-day-trip kalau penduduk setempat menyebutnya tek-tok (tahu saat saya di pijat akibat kraam di kaki di penginapan yang saya sewa hanya 15.000 permalam! lebih Mahal pijatnya Rp. 50.000++20ribu tips tambahan.

Dalam perjalanan pulang , begitu jam menunjukkan jam 17.45 kegelapan total menyelimuti jalan yang saya lalui, lalu saya menyalakan senter via Led Handphone saya. menyesal ngga bawa senter, karena efek Lampu LED yang ngga fokus, membuat banyak efek bayangan yang menyeramkan.

Beberapa pemandangan menyeramkan adalah saya melihat seperti sepasang manusia di depan saya, duduk di tepi jalan di sebelah kiri saya.

Begitu saya lewati ternyata hanya formasi daun pohon + efek bayangan lampu Led + kelelahan fisik dan mental karena berjalan sendiri di hutan tanpa ada teman dan haus yang luar biasa (walau ada sebotol aqua ambil dari mata air, saya ration minum nya).

Saya melihat kepala bundar yang besar dengan senyum mengerikan dari kejauhan.... saya terus berjalan ke arahnya (ya memang harus lewat situ, mau apa lagi) setelah dekat , ternyata hanya sebuah pohon tumbang dan +efek beberapa jamur yang menyeramkan, benar2 goose bump banget nih .

Beberapa kali menuju gerbang banyak penglihatan mengerikan,.,, semua gara2 lampu Hp LED nih wkwkwkw.

Terakhir sebelum mencapai shelter Rawa denok 1 saya benar2 dihadang setan....! berdiri sekitar 10 meter di depan saya, tubuhnya putih, rambut panjang mata menyeringgai seolah melarang saya lewat..

Saya benar2 takut, tapi mau apa lagi? arah pulang memang lewat situ. beranikan diri jalan terus... sekitar 1 meter , sial , !! ternyata hanya sebuah tonggak penunjuk jalan + bebrapa helai daun , tambah lagi efek bayangan senter Hp!! tambah lagi badan udah exhausted to the max ! jadilah seperti melihat Setan,,,,

Asapiloh.. baru akhirnya , setelah hampir 2 jam saya mencaai gerbang masuk pendakian, thanks God, this is A perfect adventure vacation, never better than this....

Peta jalur gede pangrango via cibodas
Peta jalur gede pangrango via cibodas

No comments:

Post a Comment