Saturday, 2 July 2016

Ukuran & Bahan Membuat Kandang Tupai

Sarang Tupai
Sarang Tupai

Untuk membuat kandang bajing khususnya Bajing Kelapa pilihlah kawat yang tebal dan kuat. Karena kalau bajinnya masih liar dan suka gigit maka kawatnya bisa putus.

Sedangkan masalah lubang kawat ram sesuaikan dengan tupainya, sehingga tidak terlalu lebar yang menyebabkan tupai bisa kabur, atau terlalu kecil sehingga menghalangi pandangan kita terhadap tupai tersebut, saya sarankan yang ukuran 1 cm.

Kemudian ukuran kandang juga tidak ada standarisasi artinya kita bebas membuat ukuran tersebut asalkan nyaman untuk si tupai dan dia dapat bergerak bebas di dalam kandang. Kalau saya biasa P.l.t 1m x 1m x 1m biar tupai bisa aktif di kandang, tapi sebaiknya lebih besar lagi lebih bagus.

Bahan-bahan tersebut dapat kita beli di toko material, baik kawatnya maupun kayu reng nya. Berikut adalah rangka kandang tupai.

Rangka kandang tupai
Rangka kandang tupai
Lebih bagus lagi kayu rangka kandang tupai dilapisi dengan aluminium biar gak habis di gigitin tupai. Berikut kandang tupai yang sudah jadi.

Kandang Tupai yang Sudah Jadi
Kandang Tupai yang Sudah Jadi

Oh iya, diperhatikan juga untuk membuat kandang disesuaikan dengan budget masing-masing, kalau kandang yang di bawah ini ukuran Tinggi 100cm, lebar 50cm, panjang nya 84cm. Butuh budget sekitar Rp. 230an rb (130 buat bahan-bahannya,100 buat bayar yang bikin kandangnya).

Untuk atapnya saya pakai bekas spanduk rok*k. hehehe. Tapi perlu diperhatikan di bawah spaduk jangan lupa di kasih kawat ram juga biar gak kabur.

Kandang tupai ukuran 1 meter
Kandang tupai ukuran 1 meter

Demikian, semoga menginspirasi

No comments:

Post a Comment