Sunday, 7 August 2016

Air Terjun Karkuloku di Desa Tanggedu, Sumba Timur


Air Terjun Tanggedu
Air Terjun Tanggedu

Air terjun Tanggedu terletak di Desa persiapan Tanggedu pemekaran dari Desa Mondu, Kecamatan Kanatang. Kabupaten Sumba Timur. Nusa Tenggara Timur

Karkuloku Waterfall atau orang menyebutnya Air terjun tanggedu, Air terjun yang indah ,sungguh sangat mempesona.

Tempatnya memang wow sekali, sejuta pesona dari Air Terjun Tanggedu, tapi untuk sampai ke tempat ini, Anda harus ektra tenaga dan yang lebih penting kondisi kendaraan yang layak untuk menerjang ganasnya jalan bebatuan.

Sepanjang jalan menuju Air Terjun Tanggedu

Kendaraan yang cocok ke tempat ini adalah kendaraan yang memiliki kemampuan menaklukan jalan bebatuan. Usahakan tidak memakai kendaraan yang sering dipakai dijalan beraspal perkotaan.

Gunakan Kendaraan yang cocok untuk menuju Air Terjun Tanggedu

Pikirnya ada pertemuan dirumah kepala dusun, ternyata wisatawan lokal yang mengunjungi air terjun Tanggedu, luar biasa

Kendaraan wisatawan air terjun tanggedu
Kendaraan wisatawan air terjun tanggedu

Lokasi parkir kendaraan wisatawan air terjun tanggedu

Kendaraan pengunjung Air terjun di rumah kepala dusun

Yang belum pernah ke sana, perjalanannya itu sesuatu banget buat kita,, Panas panas, jalan juga rusak ngerii,,  pergi gagah, rapi, bersih giliran pulang tidak tau sudah jadi apa, kaki penuh lumpur semua, motor debu semua.

Jalan Menuju Air Terjun Tanggedu

Menuju Air Terjun Tanggedu

Butuh perjuangan sampai bisa menikmati indahnya tanggedu, Butuh tenaga yang kuat untuk bisa ke tempat ini... Letaknya lumayanlah harus menempuh dengan berjalan kaki menyusuri gunung dan sunga dan perjalanan yang menantang.

Air terjun Tanggedu dari Atas
Air terjun Tanggedu dari Atas

Di sekitar air terjun tanggedu

Pemandangan sekitar air terjun tanggedu
Pemandangan sekitar air terjun tanggedu

Air terjun ini tidak begitu jauh, kurang lebih 60 KM dari kota waingapu.

Jika anda memulai perjalanan dari kota waingapu, tempat yang anda tuju adalah Mondu. Setelah sampai di Mondu ada pasar mingguan. Masyarakat Sumba Timur pada umumnya menyebut " Paranggang ".

Ketika sampai di Paranggang, belok kiri masuk ke jalan bebatuan sepanjang 30 KM. Ikuti saja jalan bebatuan tersebut sampai menemukan rumah terakhir dan jalan mentok.

Setelah sampai dirumah tersebut. anda akan tracking menuruni bukit, menaiki bukit, melewati padang sabana, kurang lebih 2 KM.

Padang sabana menuju Air Terjun Tanggedu
Padang sabana menuju Air Terjun Tanggedu

Namun rasa lelah Anda akan terbayar lunas, dengan indahnya air terjun.

So jangan berhenti ekplore sumba... karena sumba itu " Cantik "

Banyak sekali obyek wisata di Sumba Timur, Hutan yang belum terjamah tangan jahil. Bebatuan yang terkikis air hingga menyerupai relief. Angin semilir dan gemericik air yang menenangkan, sungguh mempesona tapi sayang belum di kelola dengan baik.

Bebatuan yang terkikis membentuk relief
Bebatuan yang terkikis membentuk relief

Kemarin tamu domestik banyak, dan saya tanya sama penduduk setempat katanya 6 hari terakhir ini ratusan orang datang tiap hari kesana menikmati indahnya TANGGEDU. Kalau saya bandingkan dengan obyek wisata di Bali, Sumba ga kalah dengan pemandangan alamnya.

Air terjun tanggedu mulai dikenal dan semakin ramai
Air terjun tanggedu mulai dikenal dan semakin ramai

Semoga ke depannya tempat tempat obyek wisata menjadi perhatian buat pemda setempat demi pariwisata di Sumba Timur. Coba kalau jalan menuju Tanggedu di aspal...semua orang Waingapu bisa tiap hari menuju TANGGEDU ...hehehehhehe

Makin terasa pegal pegalnya Tanggedu, perjalanan yang penuh tantangan. Yang aneh sepanjang jalan menuju Tanggedu jalannya itu lhoooo, dari Mondu masuknya masih jalan pengerasan/belum di aspal tapi pertengahan jalan di aspal lanjut lagi jalan pengerasan dan jalan aspal lagi, ini aspalnya koq setengah setengah padahal itu jalan lurus aja....lucu....hehheheehee

jalan menuju Tanggedu

No comments:

Post a Comment