Monday, 1 August 2016

Jarak Rute Jogja Menuju ke Lokasi Obyek Wisata Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti di hari minggu ramainya bukan main, sudah kayak di Bali saja.

Pantai Indrayanti di hari Ahad
Pantai Indrayanti di hari Ahad ramai beuddd

Di sebelah timur Pantai Sundak (Desa Sidoharjo,Kec.Tepus, Kab. Gunungkidul, D.I. Yogyakarta) terdapat kawasan Pantai Indrayanti yang pada awalnya tidak tersentuh oleh Pemerintah, kini menjadi tujuan menarik wisatawan baik domestik maupun manca negara, karena penataan dari orang-orang yang peduli dan mencintai lingkungan.

Bukit karang di pantai indrayanti
Bukit karang di pantai indrayanti

Sangat terkenal akan keindahan pantainya yang memiliki pasir putih dan pemandangan yang sangat menarik di sekitar pantainya. Ada Bali di Gunungkidul, begitulah julukannya. Pantai Indrayanti juga dijuluki sebagai Pantai Romantis.

Pantai Indrayanti dari atas
Pantai Indrayanti dari atas
Alangkah senangnya para wisatawan, termasuk anak-anak, bermain pasir ditingkahi ombak dan desir angin yang menyejukkan.

Indrayanti masih asing di telinga sebagian besar masyarakat Jogja. Baru se-tahun belakangan Pantai tersebut mulai banyak dikunjungi orang luar. Pantai mungil berpasir putih ini, alami dengan jernih & bersihnya air laut serta diperindah 2 buah bukit yang mengkawal-nya di kiri & kanan.

Pantai Indrayanti yang indah
Pantai Indrayanti yang indah

Sebuah pantai yang baru ditemukan beberapa tahun terakhir di ujung selatan Gunung Kidul. Sebuah pantai yang menurut saya telah membawa mimpi buruk bagi saya. Kenapa? Pantai ini 3 tahun lalu masih sepi. Indah. Jarang ada manusia.

Tetapi kini, jika Anda ke sana sebaiknya tidak pergi pada hari libur atau pada hari Minggu. Kecuali kalau Anda ingin terjebak kemacetan yang bisa membuat Saraf Anda kacau balau.

Bayangkan, waktu yang ditempuh dari Pantai Indrayanti sampai Wonosari yang biasanya hanya 40 menit menghabiskan waktu lebih dari 6 jam karena kemacetan. Begitu juga sebaliknya ketika ke sana.

Jarak Indrayanti Yogya bisa ditempuh dengan menghabiskan waktu 8 jam yang biasanya hanya 2 jam. Saat ini memang Indrayanti Beach bisa dikatakan sedang menjadi trending topic.

Jadi, buat rekan-rekan yang mungkin telah mendengar ketenaran pantai ini dari mulut ke mulut, hindari ke sana pada hari Minggu atau Hari Libur.

Kemacetan yang panjangnya hingga puluhan kilometer terjadi karena sempitnya jalan ke sana dan bis-bis pariwisata yang berbadan panjang dan lebar sangat sulit ketika berpapasan. Ini salah penyebab kemacetan selain menyemutnya kendaraan pribadi roda 4 dan roda 2.

Macet pintu gerbang pantai baron,kukup,krakal,indrayanti,sundak,drini
Macet pintu gerbang pantai baron,kukup,krakal,indrayanti,sundak,drini

Sebenarnya jarak tempuh pantai Indrayanti dari pusat kota Yogyakarta sekitar 2 jam an atau 1,5 jam tanpa hambatan (macet) menggunakan sepeda motor. 2,5 jam jika menggunakan bus atau kendaraan pribadi.

Lokasi Pantai indrayanti Gunung kidul... berada diselatan timur jogja arah wonosari kab. Bantul sekitar 70km - 80km an dari kota jogjakarta. dan 35km dari Kota Wonosari.

Rute : Bukit Bintang --> Hutan Wisata Bunder --> Wonosari, ibukota Gunung Kidul. ambil arah ke terminal Wonosari. Dari sana ada petunjuk arah untuk ke pantai Baron.

Sampai dipintu gerbang wilayah wisata pantai, wajib membayar restribusi sebesar Rp 4000 rupiah per orang.

dari pintu gerbang ini, berbelok kekiri. Kalau berbelok kekanan, maka akan sampai di Pantai Baron dan Pantai Kukup. Dari pertigaan ini pula kita melewati beberapa pantai, yaitu pantai Drini, pantai Sepanjang, pantai Sundak dan terakhir pantai Indrayanti.

Meski panjang pantainya dan jarak dari batas air pasang ke pinggir pantai serta lokasi pantai yang jauh dari pusat kota tak sebagaimana pantai Kuta Badung Bali.

Ombak di pantai indrayanti
Ombak di pantai indrayanti

Namun pantai Indrayanti pantas untuk dijadikan sebagai area wisata pantai favorit serta lokasi pantainya Indah dan bersih. sayang belum go internasional.

Dari banyak pantai di kawasan Gunung Kidul (Pantai laut selatan). Kebetulan yang fasilitasnya paling memadai ya di Pantai Indrayanti ini (KM, tempat makan, dll) sehingga lebih ramai dari pantai-pantai yang lain.

Pantai yang lain seperti Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sadranan, Pantai Sepanjang dll juga menarik untuk dikunjungi.

Jarak antara pantai-pantai tersebut berdekatan satu dengan yang lainnya, jadi bukan tidak mungkin jika ingin menyusuri semua pantai Gunung Kidul dalam satu hari.

No comments:

Post a Comment