Tuesday, 2 August 2016

Ziarah ke Asta Blingi Sunan Wirokromo dan Sunan Wirobroto di Pulau Sapudi, Sumenep

Asta Adi Poday
Asta Adi Poday

Pulau sapudi adalah sebuah pulau yang terdapat dua kecamatan (kecamatan GAYAM & kecamatan NONGGUNONG) dan terdapat dua asta (makam) wali, yaitu SUNAN WIROKROMO (Desa Prambanan kecamatan Gayam) dan SUNAN WIROBROTO (desa Nyamplong kecamatan Gayam) dua kecamatan tersebut terdiri dari 18 Desa.

Ziarah di makam Sunan Wirokromo & Wirobroto

Asta blingi sunan wirokromo
Asta blingi sunan wirokromo

asta nyamplong kanjeng ( Sunan Wirobroto )
asta nyamplong kanjeng ( Sunan Wirobroto )

Kecamatan Gayam ada 10 desa dan kecamatan Noggunong ada 8 desa.

Kecamatan Gayam disebut juga kecamatan MARITIM, karena penduduknya banyak jadi nelayan. Kecamatan Nonggunong disebut juga kecamatan AGRARIS, karena penduduknya banyak jadi seorang petani.

Asta/makam adi podey Atau yang dikenal dengan sebutan (sunan wirokromo) Letaknya di Desa Nyamplong Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi madura, ini merupakan salah satu makam seorang wali besar ditanah Sapudi.

Panembahan Belingi / Sunan Wirokromo
Panembahan Belingi / Sunan Wirokromo

Beliaulah yang membawa ajaran Islam kepulau Sapudi. Setiap hari tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung untuk berziarah baik dari dalam maupun luar Pulau Sapudi.

Asta ini selain untuk tujuan berziarah bisa juga dijadikan destinasi wisata karena keindahan alam sekitar yang sangat memanjakan mata dengan hamparan sawah dipadukan dengan indahnya pesona pantai yang terletak tidak begitu jauh dari tempat ini. Kedamaian ketentraman dan kesejahteraan slalu menyertai pulau mungil ini.

Sudah menjadi tradisi turun temurun di kampungku dimana ketika seorang bayi yang dilahirkan sudah genap berumur 7 bulan, maka sang keluarga akan membawa si bayi untuk berziarah ke 2 Asta ( makam ) yakni SUNAN WIROKROMO (ayahanda raden ADI PODEY)  dan SUNAN WIROBROTO (RADEN ADI PODEY ) yang konon di yakini waliyullah oleh masyarakat setempat.

Biasanya setelah selesai berdo'a di tempat tersebut, di hadapan sang bayi ada sebuah wadah yang berisikan Al Qur'an, alat tulis dan buku, serta kaca beserta sisirnya. Di harapkan, sang bayi akan memilih dan mengambil salah satu dari beberapa hal tersebut.

Semisal sang bayi mengambil Al Qur'an akan di yakini dia kelak ketika besar akan rajin mengaji, semisal alat tulis yang di ambil di yakini akan rajin sekolah, andai kaca dan sisir yang di pilih di yakini dia akan pandai bersolek.

Kebetulan tadi si dedek memilih Al Qur'an dan alat tulis, semoga apa yang menjadi keyakinan masyarakat setempat akan menjadi kenyataan terhadap bayi tersebut kelak ketika sudah layak untuk mengenyam pendidikan, yakni akan rajin mengaji dan rajin sekolah..Amin...

No comments:

Post a Comment