Friday, 30 September 2016

Pengalaman Backpacker di perkampungan Beihou Pinggir Tembok Besar China

Suasana di Beihou

Halo BI ers

Izinkan saya sharing tentang lokasi yg keren di Cina, yaitu Beihou.

Beihou adalah suatu perkampungan yang terletak jauh di Cina utara yang lokasinya tepat berada di pinggir tembok besar china.

Beihou

Di Beihou bangunan rumah sangat tradisional cenderung kuno sehingga ketika kita berkunjung kesana seolah olah kita di bawa ke dalam area seting film kungfu yoko atau siluman ular putih di tambah dengan keindahan gunung-gunung dan bukit bukit yang meliuk dan di kelilingi oleh tembok besar china, luar biasa.

Sepi

Untuk menuju ke sana Anda harus mengambil kereta dari Beijing dengan harga tiket 150 yuan pp dan disana Anda bisa menginap di family house (saya lupa namanya ) yang bisa di reserve dahulu melalui telp di beijing,

Waktu itu saya di bantu teman saya orang Cina untuk reservasi. Biaya untuk menginap disana seharga 10 usd sudah termasuk makan ala penduduk lokal dengan porsi jumbo sebanyak 2 kali.

Hari pertama :
Saya menaiki kereta dari beijing menuju beihou dari pukul 6 pagi dan sampai kesana pukul 2 siang. Kereta yang saya naiki itu kereta ekonomi biasa yang penumpangnya semuanya orang cina lokal kecuali saya, di dalam kereta terdapat tukang asongan yang berjualan dari makanan berat, minuman sampai buah buahan.

Karena kondisi lapar dan agak ragu makan makanan berat disana akhirnya saya hanya membeli buah apel seharga 10 yuan. Di dalam kereta saya merasa ketakutan dan kebingungan karena disana tidak ada satu orangpun yang mengerti bahasa inggris dan saya takut salah berhenti stasiun dan kebablasan.

Rel Kereta
Untuk mengakalinya akhirnya saya menggunakan maps di ipad saya untuk mengetahui dimana saya harus turun hehe.

Terminal keretanya sangat kecil dan sepi ketika turun saya sempat kebingungan harus jalan kemana untung datang pak tua pemilik house fam menghampiri dan dengan bahasa isyarat menuntun saya ke rumahnya dan ketika saya bicara bahasa inggris beliau tidak bisa akhirnya selama tinggal di rumahnya kami menggunakan bahasa isyarat hihi.

Stasiun Beihou

Stasiun Beiho Sepi

Rumah house fam tersebut tepat di bawah great wall dan untuk menuju ke atas great wall saya harus jalan kaki sekitar 1 km menaiki bukit dan gunung dengan pemandangan yang luar biasa, disana saya tidak menemui orang satupun hanya ada saya, gunung dan tembok besar Cina.

Tembok besar China

Great Wall China

Sejauh mata memandang saya melihat keindahan ciptaan Tuhan melambungkan angan dan impian begitu sunyi dan mistis untuk saya, apalagi ketika melihat matahari terbenam seorang diri di atas great wall, tidak bisa di ungkapkan dengan kata kata.

Matahari

Selain mendaki greatwall kita juga bisa jalan kaki mengelilingi desa yang unik ini dan sekali lagi saya tidak melihat orang hanya rumah dan anjing, yah anjing saya sampai takut sendiri karena saya takut anjing.

Pulang ke housefam saya di sediakan air panas di dalam baskom untuk mandi kucing, apa mandi kucing??

Ya mandi hanya untuk cuci muka dan membasuh tangan lalu di beri handuk. Apa mau dikata daripada saya ga mandi sama sekali.

Malam hari saya si bapak dan istrinya duduk di meja makan untuk makan bersama, si ibu memasakan saya bakpao, mie cina, dan daging ayam (saya sudah request sebelumnya tidak makan babi karena saya muslim) dengan porsi untuk 3 orang dan harus di habiskan oleh saya sendiri, ampuuun ga kuat perut saya. oh iya ketinggalan plus arak cina

Makan malam

makan malam mie china

Malam hari disana sangat dingin sekali di tambah dengan kasur dan bantal seperti batu membuat saya kebelet(maaf) buang hajat dan si bapak bilang saya kalau harus ke toilet umum di luar rumahnya, karena takut saya akhirnya melakukan hajat di rumah beliau.

Wc nya sih bersih tapi pas saya tekan flush oow, air tidak kekuar dan ga ada air sama sekali untung saya bawa tisu basah, walaupun jorok maaf akhirnya saya mengambil jurus langkah seribu. Darisana saya baru sadar pantesan saya di suruh mandi kucing ternyata ga ada air.

Hari kedua saya melakukan hal yang sama dengan hari pertama sebenernya masih ingin tinggal 2 malam lagi tapi apa daya waktu ga ada dan toilet jadi momok yang mengerikan buat saya.

di Beihou

Rumah Penduduk Beihou

Fakta beihou :
1. No tourist, ga ada turis satupun yang saya lihat.
2. Toilet umum satu lubang dengan bentuk L tanpa sekat (bisa sambil gapleh sambil hajat masal hiiiiiii)
3. Sunyi, sepi, dan dingin tapi banyak anjing.
4. Ga lihat warung, motor, mobil, sepeda apalagi indomaret
5. Kasurnya kaya batu
6. Ga ada air jadi tahan tahan klw kebelet.