Thursday, 13 October 2016

Sharing Tempat Wisata Menarik di Yangon Myanmar

Shwedagon Pagoda
Shwedagon Pagoda

Yangon, Myanmar.

Laporan kemarin melihat Yangon, suasananya mirip Jakarta tahun 70-an. Masih banyak yang pakai sarung (longyi), walau banyak juga yang sudah pakai baju modern.

Tempat wisata populer antara lain Shwedagon, Kabe Paya, dan Reclining Buddha Chaughtatgyi, serta Chinatown (tapi kemarin hujan jadi tidak kami telusuri). Mall modern sudah ada (Mall of Myanmar misalnya), juga hotel berbintang 5 (Melia dan Shangrila).

Kartu kredit juga banyak tersedia, termasuk di toko-tpko biasa (misalnya di pasar suvenir di Scott's Market). Transportasi kami terbang dari Bangkok (Thai Airways) dan di Yangon sewa tur. Oh ya, peraturan paspor minimal 6 bulan ketat sekali, salah satu peserta ditolak masuk gara2 6 bulan kurang 10 hari.

Eh cara memberi tulisan di foto gimana ya... ga muncul di komputer. Tadi coba lewat HP tulisannya tidak muncul. Mau tulis gini:

- Shwedagon Pagoda: menurut wiki sih dari abad ke 6, tapi menurut situs resmi dibangun 2500 tahun yang lalu, jadi pada masa Sang Buddha Gautama. Dilapis emas dan bertatah berbagai batu permata.

- Silver Buddha Kabe Paya: Myanmar memang bangga akan hasil tambangnya, seperti ruby, jade, dll, nah ini patung dari perak. Dijaga seperti brankas bank.

Silver Buddha Kabe Paya:
Silver Buddha Kabe Paya:

- Reclining Buddha Chaughtatgyi - Buddha-nya beda dengan Thailand, pakai bibir merah dan alis.

Reclining Buddha Chaughtatgyi
Reclining Buddha Chaughtatgyi

- Warga Yangon biasanya tinggal di flat, dengan hak pakai 60 tahun (tidak ada SHM). jadi pada malas merawat. Tapi pembangunan modern sudah di ambang mata, contohnya gambar ini, di sebelahnya akan dibangun hotel, mal dan perkantoran. Konon dimiliki taipan2 drugs.

Perumahan penduduk yangon
Perumahan penduduk yangon

- Contoh jalanan sehari2 Yangon... serasa back to the 70's

jalanan sehari-hari yangon
jalanan sehari-hari yangon

- Contoh makanan Myanmar, dari kiri mirip capcay, lalu kari ikan dan kari ayam, lalu urap. Karinya enak, tidak terlalu berat seperti gaya India, lebih mirip kari Thai/Indonesia.

Contoh makanan Myanmar
Contoh makanan Myanmar

- Contoh suvenir dari batu permata. KW sih batunya, tapi jade yang asli diberi sertifikat resmi, dan mahal (USD 1000).

souvenir dari batu permata
souvenir dari batu permata

- Rumah Aung San Suukyi, foto di depan adalah foto ayahnya, Jenderal Aung San pahlawan Myanmar melawan Inggris. Kata-kata di bawahnya: "Tugas tentara harus membela rakyat".

Rumah Aung San Suukyi
Rumah Aung San Suukyi

- Rumah pribadi Jendral Aung San yang kini jadi restoran "House of Memories". Masih menyimpan bekas kantor dia. Makanannya cukup enak, ditujukan untuk turis dan ekspat.

Rumah pribadi Jendral Aung San
Rumah pribadi Jendral Aung San

- Contoh menu di Monsoon Restaurant, dan harganya. 1 Rupiah = 16 Kyat (bacanya Chiet).

Contoh menu di Monsoon Restaurant
Contoh menu di Monsoon Restaurant

Sumber : Ray Indra Nugraha

No comments:

Post a Comment