Tuesday, 18 October 2016

Itinerary Eropa (Amsterdam, Paris, Switzerland, Milan, Rome, Prague, Berlin)

1

Buat teman2 yang ada rencana ke Eropa dan mau buat itinerary, saya bagikan itinerary 21 hari.

Hotel dipesan pakai booking.com
Rencana transportasi dan perjalanan pakai situs rome2rio.com

Sesuai pengalaman perjalanan yang tak direncanakan kami selama di Europe feb 4th 2016 - feb 19th 2016:
(Pesan hotel nanti kalau perjalanan ke kota berikutnya, banyakan pesan selama di kereta atau di bus yang jelas pake wifinya, dan menentukan rute selanjutnya nanti sebelum tidur).

1. Amsterdam. Hotelnya: Hotel new west inn letaknya di antara apartemen dan perumahan penduduk, jadi jalan ke luar hotel bisa langsung interaksi dengan penduduk sana. Kita tinggal naik tram no. 17 buat ke amsterdam centraal bareng penduduk lokal.

amsterdam centraal

2. Paris. Tiba di paris dengan kereta thalis dari amsterdam langsung menuju notredame. Kalau mau tinggal di pusat kota bisa di hotel notre dame saint michel. Letaknya di depan Gereja notredame dan di depannya akses ke stasiun kereta.

notre dame

3

3. Dari paris kami menuju Switzerland dengan bus Flix bus dengan perjalanan 1 malam nginapnya di bus. Sampai di switzerland langsung menuju starbucks untuk minum kopi hangat dan makan roti. Masuk toiletnya di sini pakai password.

Di sini mata uangnya franc tapi bisa bayar pakai Euro nanti dapat uang kembaliannya franc. Di sebelah stasiun bus adalah stasiun keretanya, setelah simpan koper di locker, kami menuju gunung es Rigi Kulm dengan beli tiket pergi pulang 90€.

Rigi Kulm

Gunung Rigi Kulm

4. Setelah turun gunung Rigi Kulm, kami telat untuk bus menuju Milan, mau beli tiket langsung di bus, mahal. Mo beli dari internet nggak ketemu signal wifi, untung sopir flixbusnya ganteng dan baik hati, kita nggak bayar tiket ke milan. Sampai di milan dipanggilkan taxi pula.

5. Sampai di milan, nginap 3 hari 2 malam. Simpan koper di hotel pagi2nya langsung menuju stasiun kereta tujuannya menuju Torino markas Juventus. Selama naik bus di milan dan turin kayaknya gratis. Soalnya kami ikut2an penduduk lokal, cuma naik dan turun begitu saja tanpa beli tiket.

6. Rome. Setelah tujuan utama di italy tercapai yaitu menuju Juventus stadium, kami berangkat menuju Rome dengan tujuan utamanya ke Vatican. Sayang Paus lagi di Cuba jadi tidak ikut misa.

1

2

7. Check out dari Rome sekali lagi naik bus menuju Florence buat singgah di hotel 14 Februari 2016 valentine di tempat ini, ikut misa di basilika di Santa Maria Novena florence. Pagi2nya simpan koper lalu naik kereta ke Pisa buat foto di Piazza el Duomo (alun2 katedral) Pisa.

Santa Maria Novella florence

8. Pisa. Sampai di Pisa juga naik bus nggak beli tiket alias gratis. Foto2 sedikit terus lari2 menuju stasiun kereta mengejar kereta balik ke Florence.

9. Kami naik bus dari florence menuju Venice. Tujuannya tentu saja naik Gondola. Di venice naik gondolanya 80€ selama setengah jam. Klo mau hemat sebaiknya naik beberapa orang biar bisa patungan.

10. Hampir tengah malam kami menuju stasiun bus untuk menuju Vienna-Austria. Sekali lagi menginap di bus. Sampai di vienna, tidak menginap. Cuman simpan tas di loker, jalan2 keliling vienna, terus sorenya balik ke stasiun bus menuju Prague. Di perjalanan, busnya singgah di pompa bensin dan di sinilah pertama kali saya melihat hujan salju.

11. Prague. Sampai di prague sudah malam. cuman jalan keliling kota jalan kaki terus langsung balik stasiun bus nunggu di dalam bareng burger king karena kedinginan di luar.

12. Berlin. Menuju berlin dari prague hampir jam 11 malam. Naik flix bus lagi dong. Sampai di berlin kira2 jam 2 pagi dan langsung ke ruang tunggu dan rencananya tidur di sana sampai pagi lalu jalan2. Sekiranya jam stengah 4 pagi, penghuni ruang tunggu disuruh keluar karena mau tutup. Dan kedinginanlah kami di luar ruang tunggu karena tidak ada penghangat ruangan selama kira2 1 jam.

Untung setengah lima dibuka lagi dan kami pun nyosor masuk, berebutan di dekat penghangat ruangan *what a journey*. Pagi2 setelah sarapan roti dan kopi, kami beli tiket flix bus malam untuk menuju amsterdam. Setelah tiket bus di tangan, koper masuk locker dan mulailah kami mengexplore berlin tujuan utamnaya ke tembok berlin.

13. Last day. Balik ke amsterdam dari berlin naik flixbus, dan seperti biasa menginap di bus. Sampai di amsterdam kira2 jam 6 subuh. Di sini, kita nginap di ibis schiphol, belanja oleh2 sebelum akhirnya pulang ke indonesia.

Semoga bermanfaat!
Kritik dan pertanyaan, silakan di komen ya.

Sumber : Shinta Moningka

No comments:

Post a Comment