Friday, 14 October 2016

Wisata ke Rekahan bawah Tanah Lower Antelope Canyon di Kota Page Amerika

pemandangan bagian dalam lower antelope canyon

Lower Antelope Canyon, Page, AZ, USA

Antelope canyon di kota Page ini terkenal karena rekahan di bawah tanah, yang terukir oleh angin dan air hujan yang lewat, sehingga menjadi bergaris2. Sekitar 2 – 3 jam dari Grand Canyon South Rim dan 2 jam dari Monumental Valley.

dinding rekahan2 bergaris2 spt ini

garis2 dinding di dalam rekahan

Kami ke sini naik mobil rental (rental 17 hari), dari Monumental Valley menginap di Page, pagi ke Antelope canyon, sore ke arah williams, kota di kaki grand canyon south rim. menurut group leader kami, Chris, saat terbaik mengunjungi antelope canyon adalah April Mei, saat masih agak sejuk, dan turis tidak terlalu ramai.

Dari Page, perempatan antelope canyon ini cuma 5 menit ke arah monumental valley. Sudah terlihat kiri kanan operator antelope canyon ini. Ada tulisan ke antelope valley baik lower maupun upper, wajib pakai operator lokal. Katanya dikelola navajo tribal sih, bukan pemerintah... jadi jangan bayangin seperti national park ya... lebih sederhana

Antelope canyon ada 2, upper & lower. Bedanya:

Upper antelope canyon:
1. lebih dulu terkenal
2. lebih mahal
3. bentuknya seperti A
4. perempatan dari page ke kanan
5. pakai jip utk menuju rekahan
6. masuk ke rekahan, tanpa tangga

Lower Antelope Canyon:
1. baru2 ini
2. lebih murah
3. bentuk kebalikan dari A, yaitu V
4. Di perempatan kiri ke lower antelope valley dan danau antelope
5. Kl lower cukup jalan kaki ke rekahan lower antelope canyonnya

berjalan di antara 2 dinding rekahan lower antelope canyon

6. Masuk rekahan dengan tangga yang tajam sekali. Tangga terdiri dari 5 potong, potongan ke 3 dan ke 5, tajam sekali, disarankan untuk turunnya mundur (kepala menghadap ke dalam tangga), dan tidak boleh pegang kamera untuk turun


jalan turun ke dalam rekahan

7. Kl lower bayar untuk sightseeing (umum) 20 USD per orang, anak 10 USD, di bawah 7thn gratis (mudah2an ga salah, agak lupa). Ada juga photographer group, bayar 50 USD. Bedanya kalau umum hanya 1 jam, kalau paket fotografer 2 jam (boleh bawa tripod). Tadinya kita pikir mau yang murah dulu, yang lower, kalau bagus baru ke upper yang lebih mahal (kalau ga salah 40 USD). Ternyata setelah ke lower, kecapekan, dan sudah merasa cukup... hehehe

oiya masuk parkir di operator, bayar 8USD. tiket parkir dibawa untuk ditunjukkan ke tiket di loket operator.

Dari baca2 pengalaman2 orang lain di web, waktu terbaik justru siang hari, tepat matahari di kepala, supaya di dalam rekahan, bisa terlihat banyak beam (sinar matahari yang menyorot ke dalam rekahan antelope canyon.

Jadi kita agak santai bangun pagi dari hotel, baru cek out jam 10.30an. jam 10.45 sudah sampai di perempatan antelope canyon, belok kiri, awalnya bingung ada 2 operator untuk lower antelope. Mau yang mana.... nekad pilih yang pertama aja... saya lihat lebih ramai orang. Biasanya kan yang ramai lebih bagus, minimal kalau ketipu, temannya banyak ya... hehehe

Kami antri 5 orang di depan kami, dan dapat rombongan jam 11.20, nunggu bentar duduk2 di belakang loket. Jam 11.20 kami dipanggil, group leader kami adalah Chris, sangat ramah, mau menginformasikan setting untuk masing2 kamera supaya bisa memotret dengan baik di dalam rekahan, baik ipod, samsung, maupun kamera2 lain.

setelah beli tiket, nunggu jam masuk rekahan di belakang loket, spt ini. itu minuman dingin utk peserta yg sdh selesai dari rekahan (gratis, ga boleh nambah).





jalan menuju rekahan... 5 menit saja jalan

bagian awal rekahan, agak gelap, sehingga batu2 berwarna agak ungu spt ini

pemandangan indah di dalam rekahan. kamera harus di setting sblm masuk, spy hasil bisa maksimal

Sebelum turun rekahan, ternyata ada 3 group di depan kami, sehingga kami menunggu di dekat tangga sekitar 15 menit, bisa foto2 dulu sebentar, pemandangan benar2 unik, model bebatuannya tidak biasa.

di dalam rekahan, kita berjalan melalui dasar rekahan2 tsb

Di dalam rekahan, bagian pertama agak gelap, sehingga dinding warnanya bervariasi dari ungu, kemerahan, dan kuning. Bagian tengah banyak beam (sinar matahari yang masuk ke dalam rekahan), bagian akhir, saya lupa... sudah kenyang foto2nya... hehehe

suasana di dalam rekahan

jalan di dalam rekahan, berkelok2

sinar matahari masuk dan mengagumkan. sinar spt ini (beam) byk di bagian kedua rekahan.

Chris sangat baik, mau sabar menunggu rombongan kami yang terdiri dari 3 keluarga (kami, keluarga dari India, dan keluarga orang Indonesia yang sudah tinggal di california bertahun2, kebetulan ketemu, karena dia pakai kaos barong bali dan berwajah Indonesia, langsung saya sapa... mumpung ada teman, bisa untuk saling bantu foto keluarga nanti di rekahan.

Oiya, saya yakin dia orang Indonesia juga, karena ngomong ke anaknya pake bahasa Indonesia... hahaha). Orang lain di rombongan adalah 3 cowok eropa dan 1 cewek amerika yang foto2 sendiri. Saya tawari saya bantu fotoin, dia nggak mau, ternyata Cuma mau foto2 pemandangan di dalam rekahan.

Oiya di dalam rekahan, tidak ada wc ya, wajib ke wc sebelum masuk rekahan.. jangan pipis di rekahan... xixixi. Wajib bawa minum, karena panas. Maklum gurun pasir gitu.

bagian atas rekahan, difoto dari dasar rekahan

sinar matahari (beam) masuk ke dalam rekahan

Chris juga mengajari kami cara memotret beam, dengan menyiramkan pasir ke sinar tersebut, supaya bisa difoto.

cara memotret beam (sinar matahari), dilempari pasir dulu... asapnya akan memperjelas beam tsb


Beam yang terkenal di dalam rekahan lower antelope canyon
menurut saya, beam yg bagus difoto, yang tipis begini, keliatan kuat sekali kesan beamnya. kl beam yg besar, malah ga jelas... hehehe

ga usah buru2... biar bisa foto tanpa ada orang lain dlm fotonya... hehehe

Keluar dari rekahan dari antara batu2, menuju ke rumah operator lagi, pulang dikasih aqua dingin gratis. Sempat bingung perlu kasih tip atau tidak, tanya ke keluarga dari India, dia bilang ga mau kasih tip, karena dari tadi diburu2 rombongan lain dari belakang, jadi mereka agak jengkel. Saya sih kasih tip 10 USD, karena melihat Chris baik.

pintu keluar rekahan lower antelope canyon... ci lu.. baaa...

Semoga bermanfaat...

Sumber : Timotius Hoo‎

No comments:

Post a Comment