Friday, 7 October 2016

Pengalaman Jalan Jalan Liburan ke Boston New York Amerika Serikat

Harvard University

From Jonggol to New York part II
Boston, Massachusetts

Harvard University menjadi salah satu daya tarik dari Cambridge, Boston. Harvard University merupakan salah satu Universitas bergengsi dan ranking teratas di Amerika. Alasan itulah yang membuat saya penasaran seperti apa bentuk kampus yang melahirkan orang-orang hebat di dunia.

Harvard University

Harvard University

Harvard University

Harvard University

Harvard University

Harvard University

Harvard University

Harvard University

Alasan lainnya karena di Boston banyak landmark yang menunjukkan History of United States, ya kota sejarah banget deh Boston itu.

Boston

Perjalanan di mulai saat saya sedang menjalani solo travel saya ke NY.

Beberapa bulan sebelum eksekusi saya mencari tiket bis NYC - Boston - NYC lewat wanderu dot com dan langsung di direct ke website masing-masing bus untuk pemesanan.

Pergi menggunakan boltbus 13.5 USD depart jam 7 AM. Pulang menggunakan megabus 12 USD depart jam 6.30 PM. Silahkan cek ke wanderu ya itu kayak skyscanner untuk pesawat jadi bisa pilih jadwal yang cocok untuk kita dan lokasi dimana departnya.

Sampai boston jam 11 lewat (NYC - Boston itu 4-6 jam maksimal) tujuan saya langsung ke Harvard University. Saya ke subway Redline beli charlie ticket yang 1 day pass 12 USD.

Sampai di Harvard saya explore sendirian dan disana ternyata sedang ada wisuda! Hahaha setiap ke kampus disana selalu ada perayaan, pas ke Columbia juga sebenarnya lagi ada wisuda. Bebas masuk gak ditanya apa-apa. Saya keliling liat-liat bangunannya dan berhenti didepan library yang terkenal itu, disitulah tempat wisudanya. Merinding aja ngeliat mereka wisuda, hebat!

Sudah puas ke Harvard saya ke MIT (Massachusetts Institute of Technology) salah satu Private Research University terbesar di Amerika.

MIT

MIT

MIT

Saya menggunakan busway red line lagi. Di sana saya keliling sendiri lagi, minta fotoin orang- orang lagi. Ada salah satu orang bilang ke saya pas saya minta foto disalah satu sudut MIT, katanya jalan sedikit lagi bakal liat kampus MIT yang sebenarnya.

Saya pun mengikuti sarannya ya benar aja MIT luas, Harvard juga luas banget sebenernya. Sayang pas di MIT itu tengah hari banget, saya kepanasan lupa bawa topi, saya sempeting ngadem di kantin MIT dan pesan soda. Berharap ada bule gemes mendekat, ternyata nihil hahahaha

Puas berkeliling MIT, saya mau menyusuri Boston Freedom Trail. Apa itu Boston Freedom Trail? The Freedom Trail is a 2.5-mile-long (4.0 km) path through downtown Boston, Massachusetts that passes by 16 locations significant to the history of the United States (sumber: wikipedia).

Boston Freedom Trail

Boston Freedom Trail

Boston Freedom Trail

Boston Freedom Trail

Boston Freedom Trail

Boston Freedom Trail

Boston Freedom Trail

Boston Freedom Trail

Jadi intinya dengan menyusuri Freedom Trail di Boston (yang ditandai dengan Bata Merah) kita bisa menyusuri 16 tempat besejarah di Boston dan itu hanya dengan berjalan kaki! Startnya di Boston Common Visitor Center.

Urutan Landmark yang bisa dikunjungi kalo menyusuri Freedom Trailnya adalah : Visitor Center – State House – Granary Burying Ground – King’s Chapel – Old Corner Bookstore – Old South Meeting House – Boston Old State House (dekat stasiun State Street) – Boston Massacre Site –Faneuil Hall – Paul Revere House – Old North Church – Copp’s Hill Burying Ground – Bunker Hill Monument – USS Constitution.

Dan saya hanya menyusuri sampai Faneuil Hall karena di kejar waktu dan mau ke Boston Tea Party dekat south station sebelum depart ke NYC lagi. Bisa di lihat foto-foto yang saya attached, Boston kotanya memang kota sejarah.

Boston Tea Party

Setelah itu saya naik subway lagi menuju south station dan jalan kaki menuju Boston Tea Party Museum. Sampai sana museumnya udah tutup jadi saya foto-foto aja di luarnya, pemandangannya apik! Setelah puas saya pun ke south station dan menuju tempat depart Megabus menuju NYC.

Boston Tea Party

Boston Tea Party

Pulang menuju South Stationtr

Megabusnya ngaret, harusnya jam 6.30 PM eh baru berangkat jam 7 lewat. Jalannya agak lambat gitu dari pada boltbus dan sedikit macet di beberapa titik.

Sayapun sampai NYC tengah malem jam setengah 1 Serem banget sebenernya takut tapi di temenin by whatsapp sama pacar, keluarga, dan teman-teman jadi sok berani aja. Masih rame banyak yang kobam jadi ngeri langsung naik metro deh dan sampai dengan selamat alhamdulillah.

Overall saya cuma 6 jam kurang lebih mengeksplor Boston, tapi saya merasa puas!! Dan mengapa saya gak tinggal semalam atau dua malam di Boston? Karena saya jatuh cinta terlalu dalam sama NYC hahaha karena saya sudah paham daerah NYC dan itu membuat saya merasa aman jika tinggal sendirian disana, selain karena pertimbangan ribet harus geret dua koper. Dan Boston masih accessible dari NYC! Yaiy!

Bisa liat foto-foto terlampir yaa, sampai bertemu di cerita kota lainnya! Maaf yaa lupa detail itu dimana saja landmarknya aku lupa nama-nama nya tapi pokoknya aku cuma samp Faneuil Hill untuk Boston Freedom Trailnya

InsyaAllah minggu depan saya cerita tentang New Jersey/ Washington DC

Sumber : Fitri Habiba Mahmuda‎

No comments:

Post a Comment