Friday, 28 October 2016

Pengalaman Wisata ke Jeju Island Korea Selatan Sendirian

5

Trip to Jeju Island

Temen-temen, gw mau numpang berbagi pengalaman trip ke Jeju Island. gw pergi kesana akhir Agustus kemaren. 8 hari trip ke Korea, gw sengaja luangin 3.5 hari untuk menjelajahi Jeju. Ya..kurang dari cukup sih, mengingat begitu banyak tempat wisata di jeju yang bikin ngiler untuk dikunjungi.

Sebenernya lebih mantab kalo ke jeju ama someone beloved sih (Hubby/wify), tapi gw pergi sendirian saja, biar bisa baper maksimal (lol).

Visa:
Pemerintah korsel membebaskan visa bagi pemegang paspor manapun untuk berkunjung ke Jeju. Tak begitu banyak direct flight dari negara luar ke jeju. umumnya connecting.

Jadi kalo temen-temen ingin ke Jeju tanpa urus visa, mendingan ambil Flight yang transitnya di Busan, jangan Seoul. Kalau transit di Seoul, tetep harus bikin visa, soalnya bandara yang melayani rute ke Jeju dari Seoul tuh Gimpo International Airport. Kalo temen2 ambil flight yang landing di Incheon, tetep harus keluar bandara untuk menuju Gimpo Airport, kena visa korea kaan.

Transportasi:
Thank Goodness, transportasi di Jeju cukup nyaman. kita bisa pergi kemana-mana dengan Bus. dan harga transportasinya cukup nyaman di kantong kita.

Sebagai ilustrasi, perjalanan naik Bus dari Jeju airport ke Seogwipo (district di sebelah tenggara Jeju) membutuhkan waktu hampir 2 jam, dengan ongkos 5500 won (kira2 Rp60 ribu-an). termasuk terjangkau laah (apalagi kalo ngebayangin mahalnya transportasi di Jepang).

Ongkos paling rendah untuk naik bus sekitar 1250 won (Rp 15rbu). Rute Bus di Jeju sangat jelas dan mudah dipahami. Temen2 bisa ambil brosur rute Bus yang tersedia di Jeju airport.

JIka temen2 pengen moda transportasi yang lebih private, temen2 bisa sewa mobil yang tersedia banyak di jeju airport, dengan tarif sekitar Rp 500 ribu- Rp 1jt an per hari.

Major must-visited places
Ada buanyak banget tempat wisata di Jeju. gw juga kagak nyangka. gw ke jeju tanpa planning, maen spontaneous aja. baru ketika tiba di airport ambil brosur dan mulai bikin rencana. Serius, banyak banget tempat wisatanya.

Di sudut2 Jeju ada saja tempat wisata menarik yang bikin gw kejang2 penuh harap untuk bisa mengunjunginya.

Dari sekian banyak pilihan, yang menurut gw highly-recommended ya Seongsan Ilchulbong (Ilchulbong= The Hill of Sunrise), tempat2 wisata sekitar seogwipo city, Hallasan (bagi yang suka mendaki. tapi gw gak sempet kesana sih). Yang lainya ya complementary aja lah ya. ada banyak museum di Jeju, dan nama museumnya gokil2. kebayang gk ada museum namanya Sex Museum? itu ada di jeju. haha…

NB: Sorry nih gw kebanyakan ulasan tentang tempat wisata, padahal googling lebih bisa menyediakan info yang lebih lengkap dan mantaff. hehe..

Food and beverage
Orang korea tuh demen banget ama yang namanya KIMCHEE. Gw heran banget kenapa orang korea demen banget makan yang ini, hampir setiap kali makan selalu ada kimchee. bukan apa-apa sih, tapi efek bau nafasnya itu looh, bikin gak nahan, pusing kepala dan bikin mau vomit. so sorry to say this! (waah..ini mah udah personal judgement namanya).

Jeju terkenal dengan seafoodnya. jadi, bagi seafood lover, bakal jadi surga nih. naah, bagi yang punya Dietary Restriction, misal yang muslim, jangan khawatir, banyak makanan di jeju yang ramah dan halal. tapi ya kudu teliti sendiri sih.

Minimarket/supermarket di jeju tersebar dimana-mana, dan mereka menyediakan banyak makanan siap saji. ada roti isi kacang merah, ada nasi dengan lauk seafood, sayur, dsb. tinggal beli, terus dipanasin di microwave yang umumnya tersedia di minimarket/supermarket tersebut. Di jeju juga ada beberapa pasar malam yang menyediakan streetfood.


1


2


3


4


5


6


7

Internet access
Ininih yang gue demen dari Jeju. Banyak wifi melayang2 di udara yang bisa diakses dengan mudah. ya tidak di semua tempat siih. tapi yang jelas banyak spot yang menyediakan wifi gratis.

Mini/supermarket di jeju umumnya menyediakan wifi gratis. tempat seperti museum, resto/kedai makanan, hotel, dan tourism information center biasanya ada wifi gratisnya.

Bahkan ada beberapa taman terbuka yang menyediakan wifi gratis. gw pernah pagi2 jalan kaki, eh di jalan juga nemu wifi nyasar (lol). seriuss! Jika temen2 pengen lebih aman dan pengen making sure having internet access all day, temen2 bisa sewa pocket wifi ketika tiba di Jeju airport, dengan tarif sekita Rp 60rbu per hari. Intinya, koneksi internet di Jeju relatif convenient dehh.

8

9

10

Penginapan
Di jeju banyak banget guesthouse. Harga hotel/hostel/gesthouse di jeju relatif hampir sama dengan di negara kita.

Kalo temen2 pengen nginep di seogwipo, Gudeok guesthouse bisa jadi pilihan bagus (sorry, ndak ada maksud promo). bagus menurut gw karena harganya ramah, pengelola guesthousenya dangat ramah dan helpful. selain itu, temen2 bisa menikmati indahnya jembatan Saeyeongyo yang gemerlap dengan lampu warna warni di malam hari (oh…romantisnya, andai berdua dengan kamu).

Di seongsan, gw nginep di Mosul guesthouse, yang jaraknya sekitar 3.2km dari bukit ilchulbong.

Sorry, kebanyakan kata dan rada noraks (lol).
Semoga bermanfaat infonya!

Sumber : Dahlan Ahmad

No comments:

Post a Comment