Thursday, 27 October 2016

Sharing pengalaman Wisata dari Indonesia ke Malaysia, Cambodja, Laos, Thailand

Wow, setelah bayar Melewati Jembatan, Bayar Masuk & Bayar Parkir. rasa lelah langsung hilang ama liat pemandangan & airnya Blue Langoon - Van Vieng.

Sharing Pengalaman Wisata 6 May - 14 May 2016 4 Negara, Rutenya ialah: Indonesia (Balikpapan) - Malaysia (Kuala Lumpur) - Cambodia (Siem Reap) - Laos (Pakse, Vientiane, Van Vieng & Luang Prabang) - Thailand (Bangkok & Hatyai) - Malaysia (Kuala Lumpur) - Indonesia (Balikpapan)

Hello Para Teman-teman backpacker, kali ini saya akan sharing pengalaman trip 4 negara sekaligus selama 9 hari, rasanya yang pasti mase pengen nambah libur tapi ada daya musti balik kerja.

Day 1, Balikpapan - Kuala Lumpur 6 May

Perjalanan dimulai dari Balikpapan - Kuala Lumpur naik pesawat AA dengan harga promo IDR 600.000 karena longweekend makanya segitu harganya. Nyampe di Bandara KLIA2 langsung nyari Bus ke KL Sentral beli tiketnya di Lantai Dasar dengan harga 11 Ringgit.

Nyampe di KL Sentral nyari LRT bayar 2.7 Ringgit ke Bukit Bintang pengen makan malam street food disana kemudian tinggal pilih sesuai selera, pesen Nasi Goreng bayar 9 Ringgit. Udah kenyang lanjut balik lagi ke KLIA2 dari Bukit Bintang - KL Sentral naik LRT lagi bayar 2,5 Ringgit & nyampe di KL Sentral lanjut baik bus ke KLIA2 biaya 11 Ringgit. Jadi biaya 6 May IDR 1.200.000 & 36.2 Ringgit.

Ini Food Street di Bukit Bintang

Day 2, Kuala Lumpur - Siem Reap (Cambodia)  7 May

Berangkat naik pesawat AA dri KL - REP dengan harga 87 Ringgit One Way, perjalanan waktu selama 2 Jam. Sampai di Bandara Siem Reap cuaca disini panasnya 38 derajat, saya langsung nyari tuk-tuk di counter transportation ada pintu keluar biayanya 5 USD.

Nyampe di Bandara Siem Reap, wow rasanya liat ini. Aslinya bakal nggak kuat kelilingi sendirian

Tuk tuk for 5 USD, saya sharing ama salah satu temen backpacker jadi lumayan hemat

Karena saya nggak bawa uang pecahan dollar kecil, terpaksa tukar uang lokal dahulu & sisanya pake uang dollar dengan pecahan kecil transportation bisa pilih sesuai kemampuan sendiri, contohnya: di drop Naik Motor Cycle 1 USD klo nggak salah, trus saya diantar ke Moon Light Kiss Hostel yang udah dipesan via agoda IDR 83.000/orang untuk 1 malam, kebetulan saya ambil yang Dormitory ini 6 Orang.

Ini Moonlight Kiss Hostel - Siem Reap, dormitory

Nyampe d Hostel saya siap2 lanjut ambil paket tuk-tuk ke Angkor Wat tempat yang paling fenomenal di Siem Reap yaitu wisata Sejarah, biaya tuk-tuk dari jam 10:00 - 16:00 ialah 15 USD untuk 1 tuk tuk bisa muat 4 orang, jadi lebih irit kalo 4 orang.

Belum ready udah difoto sama Petugasnya, pay for 20 USD masuk ke Angkor Wat - Siem Reap

Kalau sendiri ya lumayan mahal. Sebelum masuk Angkor Wat, uncle tuk-tuk antar saya ke loket Pembelian tiket 1 orang harganya 20 USD, tiketnya mirip passport ada foto kita, oh ya Selama di jalan mau masuk komplek saya pake Masker karna debu disini tebal karna jalananya mase dari Tanah Liat, cuma beberapa aja yang jalan udah dibeton / aspal.

Setelah masuk ke komplek yang sangat luas, pantes aja kesini musti pake Tuk-tuk nggak bisa jalan kaki, 1 tempat aja luasnya minta ampun, ada 3 tempat yang saya kunjungi Angkor Wat, Angkor Thom & Ta Prohm (Tempat Shooting Film Tom Rider Angelina Jolie).

Angkor Wat - Tom Rider - Siem Reap

Angkor Wat - Tom Rider - Siem Reap

Ini di Lokasi Tempat Shooting Film Angelina Jolie - Tom Rider - Siem Reap .

Jam 4 sore saya udah dehidrasi, air minum di botol saya udah habis, langsung minga balik k Hostel buat istirahat, anyway Hostelanya punya kolam berenang lho, gerah panas langsung hilang pas nyebur ke kolam & Malamnya nyari makan ke Cambodia Muslim Restoran, lokasinya lumayan dekat dari Hostel tinggal jalan kaki aja 5 menit sampai. Saya pesan makan nasi Goreng, air kelapa muda totalnya 5 USD. Jadi Biaya tanggal 7 May 87 Ringgit, IDR 83.000 & 45 USD

Makan malam disini, worth it

Day 3, Siem Reap (Cambodia) - Pakse, Vientiane (Laos)  8 May

Jam 7 pagi saya dijemput & siap-siap melanjutkan perjalanan ke Vientiane (Laos) yang mana Tiket udah saya beli di salah satu tempat tour di Siem Reap dengan harga 52 USD harganya sama saya lihat di web online, saya udah coba booking d web tapi no response jadi saya walk in aja beli k travel agent.

Tiket ke Vian Tiane, bayar 52 USD

Saya lupa tukar Uang Cambodia Riel ke Dollar lagi, saya berharap nyampe d Laos bisa ditukar uang Cambodia Riel ini. Perjalanan darat kali ini menempuh waktu 24 Jam dengan 4x ganti kendaraan, berangkat mulai jam 9 pagi dengan Mini Van, setelah 5 jam perjalanan Mini Van berhenti disebuah cafe, tempat ini jadi tempat transit dari Laos - Cambodia ataupun sebaliknya & lanjut berganti bus dengan waktu tempuh 3 jam sampai di perbatasan Cambodia & Laos.

Sebelum sampai di perbatasan Bus yang saya tumpangi berhenti disebuah Rumah warga & semua penumpang disana turun, yang punya seorang laki-laki dari rumah tersebut menjelaskan sebelum ke Border imigrasi lapor dahulu sama dia karna harus siap2kan file Visa.

Ini dia rumah sebelum ke border Laos, ishhh mase gk habis pikir ama dia, masa bayar Visa ama dia harusnya bisa di boarder langsung kan? Saya juga bayar stamp 5 USD :'(

Saya sudah mulai curiga jangan-jangan ini calo yang mau minta uang, para bule2 bayar visa dengan orang itu & saya karena pakai passport Indonesia, hanya bayar stamp 5 USD, Whaaatt?? Disuruh bayar, Oke, saya ikuti maunya di tukang calo ini.

Saya diantar pake motornya ke Imigrasi Perbatasan masuk ke Loas, sampai di Imigrasi petugasnya minta uang lagi, dengan kesal saya bilang aja "I Already Pay with your Friend, Ask HIM". OMG saya pernah baca klo trip jalur darat ada beberapa case yang begini, tenyata kejadian juga ama saya sendiri, padahal nggak musti bayar kan udah ASEAN.

Border Laos, hati2 aja sama petugasnya disini, suka minta uang.

Passport udah di stamp dan saya lanjut ganti dengan Bus, melanjutkan perjalanan ke Pakse (Laos) kota pertama di Laos. Setelah sampai di pinggir jalan saya dijemput dengan Tuk-Tuk diantar ke Terminal Bus Pakse untuk lanjut naik Sleeping Bus ke Vientiane.

Sleeping Bus from Pakse - Vientiane

Setelah naik Sleeping bus dari jam 9 Malam - 7 Pagi sampailah di Terminal Bus Vientiane, selama di jalan ya tidur aja, dalam bus ada toiletnya kecil ala kadarnya & pagi dikasi tissue basah buat lap muka biar seger.
Jadi Biaya tanggal 8 May 54 USD

Ini Terminal Bus di Vientiane

Day 4, Vientiane - Van Vieng (Laos)  9 May

Sampai di Terminal Bus Vientiane saya harus nyari mini van ke Van Vieng, tenyata saya harus naik tuk-tuk terlebih dahulu kesana karena Terminal ini beda tempatnya dengan Terminal bus ke Van Vieng, saya bayar 3 USD untuk 1 orang sampai.

Selama di tuk-tuk saya perhatikan jalanan di Siem Reap & Vientiane kurang lebih sama suhu udaranya & debunya cuma di Vientiane lumayan udah beraspal jalannya.

Sampai di Terminal Bus, saya cari Loket tiket Minivan ke Van Vieng dengan biaya 6 USD, Mini Van berangkat jam 9 Pagi setelah menempuh waktu perjalanan 4 Jam di jalan, jam 2 siang si sopir mini van menurunkan saya di Lokasi Backpacker di Van Vieng.

Setelah naik Tuk-tuk nyampe d Loket Tiket Mini Van ke Van Vieng

Ini mobilnya ke Van Vieng

Saya langsung nyari sewa Motor ke tujuan wisata di Van Vieng - Blue Langoon, ada banyak tempat wisata di Van Vieng tapi saya hanya Prioritas 1 aja karna terbatas waktu. Saya cari money changer ternyata Uang Cambodia nggak bisa ditukar ke Uang Laos, kepaksa uang Dollar ditukar lagi ke Laos KIP.

Ada banyak tempat sewa motor / sepeda di Van Vieng, tinggal bandingkan aja harganya, Setelah deal sewa motor 6 USD dari jam 3 Sore - 9 Malam. Berbekal dengan Peta dari tempat sewa motor saya pergi di Blue Langoon, sebelum sampai dilokasi saya bayar uang masuk naik Jembatan Kayu 100.000 KIP & dipintu masuk saya bayar lagi 10.000 KIP & Parkir Motor bayar 3.000 KIP.

Klo mau explore pake motor aja di Van Vieng, lumayan 6 USD

Nyampe disana rasa lelah menempuh perjalanan darat selama 29 jam langsung hilang. Saya merasakan dinginnya air Blue Langoon, disini bagi yang bisa berenang, ada pohon yang dijadikan tempat loncat dari atas pohon ke Air Danau Blue Langoon, karna nggak bisa berenang saya sewa Life Jacket 1 USD selama 2 Jam & berenang aja di sana.

Wow, setelah bayar Melewati Jembatan, Bayar Masuk & Bayar Parkir. rasa lelah langsung hilang ama liat pemandangan & airnya Blue Langoon - Van Vieng.

Setelah puas berenang kemudian saya terlusuri jalanan kota Van Vieng & mutar2 pakai motor sebelum saya kembalikan ke tempat rental motor, karena malamnya saya lanjutkan perjalanan Sleeping bus ke Luang Prabang dengan biaya 90.000 KIP, saya beli tiketnya di seberang jalan tempat saya sewa motor.

Disini saya beli Sleeping Bus ke Luang Prabang, dapat harga 90.000 KIP

Kemudian sambil menunggu waktu berangkat, saya makan malam (Nasi Goreng Jamur + Air Mineral) di restoran tersebut bayar 26.000KIP. Oh ya klo udah lewat jam 21:00 pengelola restaurant tutup lho, jadi nggak ada aktifitas lagi di malam hari, hanya beberapa cafe yang buka sampai jam 00:00 disini, Jam 21:00 saya dijemput tuk-tuk untuk lanjut perjanjian ke Luang Prabang dengan waktu perjalanan 7 jam. Total biaya 9 May 16 USD, 229.000 KIP.

Day 5, Van Vieng - Luang Prabang (Laos) 10 May

Setelah naik sleeping Bus & menempuh waktu perjalanan selama 7 Jam saya sampai di Terminal bus Luang Prabang jam 4 pagi. Langsung saya disambut oleh para Tuk-tuk untuk menawarkan jasa antar ke Hostel dengan biaya 25.000 - 30.000 KIP. Romongan Tuk-tuk saya cuma bayar 25.000 KIP karena semua kita minta lower price kalau gak mau kita jalan kaki, akhirnya deal bayar 25.000 KIP.

Disini kalau siang hari cuacanya mirip juga dengan Van Vieng panasnya sampai 38 Derajat, Sampai di Hostel Villa Champa saya udah beli via agoda 100.000 KIP untuk 1 malam saja. Jam 5 Pagi saya udah sampai di Hostel.

Ini harga kamarnya Villa Champa - Luang Prabang klo Walk In katanya high season pake rate ini.

Sebelum check in saya menikmati pemandangan para Biksu sedang jalan kaki dikawasan tempat saya memginap, yang mana para warga lokal memberikan sumbangan berupa makanan kepada para Biksu.

Early Morning view at Luang Prabang, nyampe jam 6 pagi di depan Hostel Villa Champa

Saya sangat beruntung jam 7 Pagi udah bisa check in karena lagi low season, & saat liat pemandangan Biksu tadi saya ngajak ngobrol ama teman-teman backpacker dari South Korea, saya menawarkan mereka untuk patungan ke lokasi wisata Kuang Si Waterfall, merekapun welcome kemudian kita deal berangkat jam 10 Pagi.

3 Backpacker Korea yang welcome sekali mau sharing tuk-tuk ke Kuang Si Waterfall & akhirnya nongkrong bareng disore hari

Bayar 1 Tuk-tuk untuk ke Kuang Si Waterfall dengan harga 100.000 KIP untuk ber 5orang jadi saya bayar 20.000 KIP. Setelah istirahat jam 10 pagi kami siap jalan ke Kuang Si Waterfall dengan jarak tempuh 40 KM pp.

20 KM dari Hostel untuk ke Kuang si Waterfall - Luang Prabang, jangan lupa barengan biar gk mahal sewa tuk tuk.

Sampai disana bayar tiket masuk 1 orang 36.000 KIP, pertama masuk ke Lokasi ini Anda akan di perkenalkan dengan Konservasi Beruang Madu, ada beberapa Beruang Madu yang hidup disini setelah itu sampai lah di Air Terjun Kuang Si.

Pemandangan pertama sebelum sampai di Kuang Si Waterfall

Airnya sangat hijau & Ada 3 Air Terjun disini jadi bisa pilih mau berenang dimana, di tempat Air Terjun ke 3 ada tempat loncat dari atas pohon yang punya nyali bisa berenang, karna nggak ada life Jacket yang disewakan disini, saya nekat pengen coba juga tanpa life jacket & akhirnya saya loncat langsung berenang ala katak biar bisa kepinggir.

Air Terjun Kuang Si Waterfall pertama lho, panasnya cuaca malah bikin pengen nyebur.


Air terjun ke dua Kuang Si Waterfall

Air Terjun ke 3 Kuang Si Waterfall, disini bisa loncat ke bawah bagi yg mau uji nyali.

Puas foto dengan 3 lokasi air terjun yang berbeda jam 2 siang kita kembali k Hostel. Malam harinya lanjut liat-liat ke Night Market, ada banyak souvenir disini unik-unik pula, yang pasti musti pintar nawar ya kemudian lanjut Makan Malam Sandwich Tuna & Juice Semangka 20.000 KIP. Total Biaya 10 May 301.000 KIP

Night Market Luang Prabang

Day 6, Luang Prabang - Bangkok (Thailand)  11 May

Selanjutnya perjalanan saya ke Bangkok via Pesawat AA berangkat jam 16:50 dengan harga IDR 710.000 one way, sebelumnya saya pesan tuk-tuk patungan sama tamu hostel lainnya dapat harga 50.000 KIP / 5 Orang, jadi saya bayar hanya 10.000 KIP saja.

Setelah Take Off dan Jam 18:00 sampai Bangkok - Don Mueng International Airport, saya langsung nyari Money Changer untuk tukar Uang Cambodia Riel & Laos KIP, tenyata cuma uang Laos yang diterima. lagi-lagi di tolak uangnya.

Karena saya cuma transit disini saya langsung tanya ke Petugas kemana jalur darat ke Hatyai kemudian saya ambil uang lagi karena uang Cambodia Riel gagal ditukar ke Bath akhirnya ambil via ATM Cimb Niaga & Mesin Cimb Niaga juga dekat Toilet Pintu Keluar No 8.

Ternyata kursnya IDR 393 karena bank & atmnya sama jadi gak kena charge & kemudian saya Keluar Bandara lewat pintu No 6 naik Bus A1 bayar 30 Bath. Ada yang unik di sini, kernet busnya Ibu-Ibu lho.

Bus di Bangkok, see kernetnya ibu-ibu

Tujuan saya ke Mo Chit Terminal Bus & lanjut naik BTS Dari Chatucak ke Hua Lampong Station bayar 24 Bath sampai di BTS Hua Lampong keluar di station nomor 2 tujuan untuk tujuan ke Haytai. Makan malam Mie di super market Bangkok Station 47 Bath & kemudian Saya beli tiket perjalanan ke Haytai haganya 705 Bath. Total biaya 11 May IDR 710.000, 110.000 KIP, 30, 24, 47 & 705 Bath

Day 7, Bangkok - Hatyai 12 May

Setelah beli tiket saya siap-siap naik kereta berangkat dari Bangkok dari jam 22:50 - Sampai di Haytai jam 13:30 dengan waktu tempuh selama 14 Jam perjalanan dalam kereta, tapi selama perjalanan saya dikasih Selimut, Roti, Snack, Air Minum Gelas & Makan Siang.

Perjalanan 1st naik kereta api dari Bangkok - Haytai dengan durasi selama ini.

Sampai disini bakal berasa perjalanan ini di nikmati saja.

Ini view Kereta Apinya Bangkok - Haytai, ada selimut, air minum, roti, snack & makan siang

Sampai di Hatyai saya langsung cari penginapan Di Cathay Guest House kamarnya Double Bed harganya 1 malam 300 Bath, langsung saya habis mandi & siap siap ke Wat Hat Yai Nai sleeping Budha di Haytai.

Sampai juga di Haytai, langsung nyari Hostel. Badan udah pengen explore another venue

Sebenarnya ada banyak lokasi tapi saya pilih 1 aja, karena disini udah sore hari jadi saya putuskan jalan kaki ke Sleeping Budha dengan jarak 2.7 KM one way, gempor kaki ini. Yang namanya capek itu berasa klo dah nyentuh kasur.

Butuh jalan kaki 2,7KM one way, Wat Hat Yai Nai naik tuk-tuk sendiri an sayang banget.

Sleeping Budha

Setelah puas foto-foto saya beli Air Minum 6 Liter 48 Bath, saking hausnya ya, & Makan Malam ni Night Market kebetulan ketemu juga dapat Halal Food bayar 120 Bath. Total Biaya 12 May 300, 48 & 120 Bath

Makan Maam di Food Street Hatyai, wah ada muslim food. Rasanya nikmat sekali, you have to try.

Day 8, Haytai - Kuala Lumpur (Malaysia) 13 May

Seharian karena lelah dijalan saya hanya tidur aja dari Pagi - Siang, jam 12:00 langsung sholat jumat di Mesjid Pakistan jaraknya 650m dari Cathay Guest House & setelah itu langsung beli Tiket kereta Api ke Kuala Lumpur 450 Bath - Seat, ada pilihan harga klo mau Sleeping 490 Bath saya pilih seat aja.

Sholat Jumat di Mesjid Pakistan, wow it's wonderful experience.

Harga Tiket Kereta Api dari Haytai ke Kuala Lumpur

Habis Sholat, balik ke Hostel ambil tas & Saya langsung nyari makan siang di Muslim Restaurant jaraknya diseberang jalan hostel sebelah kanan, saya beli Nasi Goreng & Air Mineral biaya 70 Bath. Kemudian balik ke Stasiun Hatyai Berangkat Jam 16:00 Sore.

Ini tempat makan siang saya sebelum balik ke Stasiun Hatyai

Estimasi perjalanan sampai di Kuala Lumpur 06:46 Pagi, dengan waktu tempuh 14 Jam perjalanan. Jam 17:30 Sampai di Padang Besar yaitu Imigrasi antar Thailand - Malaysia. Setelah proses di Imigrasi selesai Kemudian kereta lanjut jam 19:00 ke Kuala Lumpur & jam 06:00 pagi dah nyampe di Stasiun KL Sentral, saya lanjut naik Bus ke KLIA 2 biayanya 11 RM. Total Biaya 13 May 450 + 70 Bath & 11 RM

Day 9, KLIA2 - Balikpapan
Cuma dibandara aja seharian nunggu penerbangan pulang

Setelah saya kalkulasikan ini rincian mata uang yang saya pakai :
IDR 1.200.000 + 83.000 + 710.000 = IDR 1.993.000
MYR 36.2 + 87 + 11 = MYR 134.2 x 3.400 = IDR 456.000
USD 45 + 54 + 16 = USD 115 x 13.200 = IDR 1.527.000
KIP 229.000 + 301.000 + 110.000 = KIP 640.000 X 1.65 = IDR 1.050.000
BATH 806 + 468 + 520 = BATH 1.794 x 393 = IDR 706.00

Grand Total Biaya Perjalanan 6 May - 14 May 2016 adalah IDR 5.732.000.!

Semoga bermanfaat ya, maaf klo ada salah tulis, salah sebut nama & salah hitung uang.
Happy Travelling All

No comments:

Post a Comment