Monday, 14 November 2016

Berbagi Pengalaman di Shanghai China melihat Gedung Tertinggi Kedua di Dunia Shanghai Tower

shang-high

Akhirnya dengan segala niat dan dorongan diri untuk membagi sedikit cerita pengalaman saya sewaktu berada di Shanghai, China dan juga sesudah melihat postingan teman-teman yang sudah go Internasional ke seluruh penjuru dunia, maka saya sangat tertarik juga untuk membagi kisah saya dengan teman2.

Pada waktu tahun 2013 saya ke Shanghai-China (niatnya tertunda lama ya untuk nulis postingan ini *sigh*).

Shanghai adalah kota metropolis yang merupakan pelabuhan laut paling besar di China. Lokasinya sangat strategis dan sangat banyak turis asing yang transit ke sana untuk sekedar mampir atau bahkan tinggal di sana.

shanghai city

Banyak orang eropa terutama orang Perancis karena Shanghai dulunya merupakan jajahan Perancis. Jajahan Perancis justru membikin sejarah tersendiri untuk kota Shanghai. Begitu banyaknya bangunan berarsitektur yang cantik dan megah salah satu daerahnya yang sangat terkenal ialah di daerah THE BUND atau WaiTan (外滩) dalam bahasa cinanya.

the view from the bund

the bund

PS: Kalau ke Shanghai HARUS ke sini. Kalau tidak kesini namanya belum ke Shanghai haha..

Shanghai adalah kota paling ramai se-antreo China walaupun ibukotanya sendiri ialah Beijing, tapi beijing sendiri merupakan kota pemerintahan jadi lebih banyak sejarah, kultur dan budaya Chinanya jika dibandingkan dengan Shanghai yang lebih banyak bangunan megah dan sightseeingnya. Di sana ada gedung paling tinggi di Asia yang bernama "Shanghai Tower" / Zhongxin Dasha atau bangunan tertinggi kedua di dunia! (setelah Burj Khalifa)

jinmao tower (gedung yg ujungnya seperti pembuka botol)

shanghai world financial tower

shanghai tower

Kalau kamu mau melihat bangunan itu pergilah ke Lujiazui, Pudong district. Kalau kamu mau melihat bangunan cantik peninggalam Perancis serta view kota Shanghai yang tidak akan pernah terlupakan pergilah ke Waitan / The Bund.

lujiazui

waitan

skycraper

Kalau anda ingin pergi shopping (local product) pergilah ke Nanjing Dong Lu (nanjing east road) atau kamu ingin "eye"shopping barang branded (internasional product) silahkan pergi ke nanjing xi lu (Nanjing West Road).

Atau kamu mau merasakan banyaknya orang China itu boleh pergi ke People Square dengan naik Metro (Train/MRT). Di sana ada 3 line jadi 1 titik pertemuan mungkin bisa dibilang seramai Shibuya cross di Jepang tapi ini versi indoornya. PS: Jangan kaget kalau lihat orang lari2, teriak2, atau bahkan meludah karena itu "biasa" bagi mereka #LOL

train metronya ada bahasa inggrisnya kok tenang aja hehe

Untuk makanan yang special boleh pergi ke Yuyuan Garden untuk makan "Xiao Long Bao" makanan khas shanghai seperti pangsit ada daging dan kuah langsung di dalamnya.

yuyuan garden

spring

Cobain juga "Malaxiang Guo" dan "Mala Tang" tapi ini sedikit pedas coba cari di google. Makanan favorit saya sendiri "Ji Gong Bao" atau chicken hot pot.

malatang soup

Grandma Kitchen "wai po jia" adalah makanan tradisional mereka yang kamu harus antri. Hampir ada di mana2 seperti kentucky or mcd. Yang's dumpling dan "Hai di lao" hot pot juga enak. Tapi di hai di lao siapkan waktu sejam untuk menunggu sebelum makan. Jangan kuatir karena sewaktu kamu nunggu kamu akan dimanjakan untuk main playstasion u/cowo atau bahkan ada tempat main mandi bola u/ anak2 or meni/pedicure u/ cewe haha *emejing!

Saya sendiri pun sangat suka dengan kota ini dan sangat berkesan bagi saya bahkan pernah sempat berpikir untuk settle di sana after (Cie curcol...) shanghai was fun, nightlife was incredible, and you will meet a lot of new people with different country! be ready to culture shock and exchange! ;)

Silahkan google sebanyak2nya jika kamu belum berada di sana. Kalau kamu sudah berada disana, google tidak bisa dibuka alias di block! Begitupun facebook. Tapi kamu tetap bisa browsing dengan situs local mereka yaitu baidu.com. Welcome to China! haha

Cheerrs! Zai Jian ;) Huan ying ni zai zhong guo 欢迎你在中国!

#BIINFO #BackpackerInternational #BIIndonesia

INFO TAMBAHAN: Harus pergi ke Oriental pearl tower / dong fang ming zhu. Sama DISNEYLAND nya udah jadi dong sekarang! ;)
*Untuk yg buddhist bisa ke "jing an temple"
-Yang mau ke Night Market di Tian Zi Fang

No comments:

Post a Comment